KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

9 Pengaturan Yang Wajib Kalian Aktifkan Pada Signal Messenger

Setting Aplikasi Signal - Halo teman-teman semua!. Sesuai judul di atas, hari ini Umahdroid ingin sharing tentang Signal Private Messenger yang menyandang gelar sebagai aplikasi chat alternatif WhatsApp paling aman.


Untuk yang belum tahu, Signal adalah aplikasi pesan instan ramah privasi yang ada di bawah yayasan Signal Technology Foundation yang didirikan oleh Moxie Marlinspike and mantan bos WA, Brian Acton.


Layanan tersebut memakai internet untuk bertukar pesan, berkas, catatan suara, gambar, atau video. Tentu saja semua dibungkus end to end encryption.


Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Aplikasinya sendiri gratis. Lebih dari itu, Signal adalah open source software. Mereka membuka seluruh source code (server & client). Tidak seperti Telegram yang dobuka pada sisi client saja.


Meski out of the box private and secure, ada beberapa pengaturan yang sebaiknya dihidupkan ketika memakainya. Apa saja?. Jom dimulaikan!.


Aktifkan PIN Dan Kunci Pendaftatan Signal

Kita mulai dari yang pertama. 2 fitur Signal pada Pengaturan > Akun yang sangat kita rekomendasikan untuk dinyalakan. Kedua fitur tersebut yakni PIN (serta menu turunannya) dan Registration Lock.


Baca juga :


Untuk menggunakannya, kalian harus memiliki PIN (buat saja jika belum aktif). Setelah itu, silahkan aktifkan Pengingat PIN dan Kunci Pendaftaran.


Setting Kunci Pendaftaran Signal

Sebagai informasi, PIN Signal adalah kode numerik atau alfanumerik yang digunakan untuk membantu pengguna memulihkan profil, pengaturan, kontak, serta daftar blokir jika kehilangan atau berganti perangkat.


Itu membuat kita tidak perlu repot-repot mengatur lagi setelan yang sudah pernah kita terapkan. Semuanya akan otomatis di-restore saat kita login ulang.


Dengan pendekatan seperti ini, saat ada orang iseng atau aktor tidak bertanggung jawab mengambil alih akun Signal kita, mereka hanya mendapatkan profil kosong, tanpa informasi apapun.


Cadangkan Obrolan Otomatis Pada Signal

Signal tidak mau chat history user keluar dari device mereka, sekalipun itu hanya untuk menampung pencadangan yang bahkan terenkripsi E2E. Itu sebabnya mereka tidak memiliki fitur backup data ke Google Drive.


Agar kalian dapat mengembalikan riwayat obrolan saat berganti smartphone, silahkan buka Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan > Nyalakan.


Setting Backup Chat Signal App

Pilih lokasi (bisa di memori internal maupun eksternal) > ijinkan Signal mengakses file > copy 30 digit kode yang tampil > paste di tempat yang aman > berikan checklist pada Saya telah blablabla > Aktifkan cadangan.


Kode yang baru kalian salin tadi adalah kode untuk restore chat. Jangan sampai hilang, apalagi dibagikan ke orang lain.


Jika parafrase tersebut sampai hilang, kita tidak bisa mengembalikan backup obrolan dan tidak ada satupun cara untuk mengembalikannya karena Signal tidak menyimpan chat pengguna.


Notifikasi Jika Ada Kontak Yang Bergabung

Sekarang kita masuk ke bagian ketiga tentang Signal app settings. Hal yang perlu Umahdroid sampaikan di bagian ini adalah pengaturan ini bisa dibilang penting dan tidak penting secara bersamaan.


Baca juga :


Pengguna aplikasi dengan logo biru yang sekarang dinahkodai Meredith Whittaker ini bisa mengaktifkan opsi Contacts joins Signal jika diperlukan.


Setting Notifikasi Signal App

Menu ini dulunya enabled secara default. Tapi setelah versi 5.45, developer memilih change default to disabled for contact joined notifications. Artinya, opsinya masih ada, hanya statusnya saja yang berubah.


Untuk mengaktifkannya, silahkan buka Pengaturan > Notifikasi > aktifkan Beritahu ketika Kontak bergabung di Signal yang ada di bagian paling bawah.


Kita akan mendapatkan notifikasi setiap kali ada pengguna baru yang ada di kontak ponsel cerdas kita menginstal dan mendaftar Signal. Scanning contact dilakukan pada device kita, bukan server.


Buat Daftar Stories Supaya Lebih Tertarget

Kelebihan lain dari Signal dibanding WhatsApp ada pada fitur cerita yang dibuat oleh pengembang. Fitur ini sudah pernah kita review. Jika tertarik, kalian bisa membacanya pada posting fitur Stories pada Signal Messenger.


Pengguna encrypted messaging app ini bisa memilih target atau siapa saja yang nantinya bisa melihat status kita.


Memilih Target Posting Story Signal

Bukannya di WhatsApp juga begitu ya, bisa pilih semua kontak, hanya kontak tertentu, atau semua kontak kecuali A, B, C?. Betul, tapi di Signal jauh lebih fleksibel dan menyenangkan karena bisa dikustomisasi.


Selain 3 opsi tersebut, kita bisa membuat daftar sendiri dengan membuka Pengaturan > Cerita > Cerita baru > Cerita kustom baru > pilih kontak > Beri nama > Buat.


Hasilnya bisa kalian lihat pada penampakan screenshot di atas. Kita juga bisa membuat cerita khusus untuk grup agar hanya bisa dilihat anggota grup saja, bukan kontak secara umum


Amankan Signal Dari Tangan-Tangan Kotor

Menu yang sebaiknya di-ON kan selanjutnya ada di Pengaturan > Privasi. Kita asumsikan kalian sudah masuk ke halaman tersebut. Silahkan aktifkan Layar terkunci, Keamanan Layar, dan Papan ketik tersembunyi.


Baca juga :


Layar terkunci digunakan untuk mengunci aplikasi. Kita akan diminta scan sidik jari saat membukanya. Aman dari pembajakan teman yang suka jail!.


Setting Keamanan Aplikasi Signal

Keamanan Layar adalah fitur proteksi layar yang membuat layar tidak bisa di-record atau di-screenshot. Jika ada yang mengendalikan HP kita dari jarak jauh, mereka tidak akan bisa melihat apa yang kita lakukan di Signal.


Signal juga akan menampilkan halaman blank putih saat kita menekan tombol recent apps. Cocok sebagai pertahanan diri dari orang yang suka ngintip.


Fitur Papan ketik tersembunyi dipakai supaya keyboard di HP kita berhenti mempelajari input yang kita ketik. Meskipun ada kalanya keyboard mengabaikan setelan ini, tapi worth to enable.


Hidupkan Panggilan Relay Jika Dibutuhkan

Untuk menghidupkan Always relay calls, buka Pengaturan > Privasi > Lanjutan. Setelah itu tinggal aktifkan opsinya. Setelan ini bukan digunakan untuk melakukan panggilan rahasia seperti menyembunyikan nomor saat telepon.


Begini, panggilan yang dilakukan via Signal itu memakai model komunikasi dua arah alias Peer to Peer (P2P) atau Klien-ke-Klien.


Setting Privasi Aplikasi Signal

Ketika kita melakukan panggilan melalui Signal, maka lawan bicara kita (secara teknis atau dibalik layar) juga tahu IP Address kita. Dengan Panggilan Relay, server Signal akan menjembatani komunikasi yang terjadi antar perangkat.


Itu membuat perangkat dari orang yang ditelepon tidak tahu IP address kita karena "terhalang" oleh peladen Signal.


Dibalik kelebihannya, ada kekurangan yang perlu kalian ketahui. Kualitas panggilan akan menurun saat Panggilan Relay aktif. Itulah mengapa kita sebut hidupkan jika dibutuhkan.


Atur Otomatis Unduh Dan Kualitas Media

Setting penggunaan data bisa diakses lewat Pengaturan > Data dan penyimpanan. Tap Ketika menggunakan data seluler, lalu buang checklist gambar, audio, video, atau dokumen sesuai kebutuhan untuk mematikan auto download.


Baca juga :


Jika diperlukan, kalian juga bebas melakukan hal yang sama pada menu Ketika menggunakan Wi-Fi serta Ketika roaming.


Pengaturan Data Signal Messenger

Satu lagi settings yang perlu kalian perhatikan adalah Kualitas media terkirim. Dengan fitur ini, kita bisa memilih kualitas foto atau gambar yang kita kirim. Opsinya sendiri ada 2, yakni Standard dan Tinggi.


Untuk yang merasa gambar yang dikirim pecah atau pixelated, silahkan ubah ke Tinggi agar kualitas gambar tidak dikompres terlalu jauh dari berkas originalnya.


Dengan pengaturan tersebut, kita tidak perlu repot-repot lagi memilih opsi High Quality setiap kali mengirim gambar ke keluarga, sahabat, pacar, gebetan, grup kantor, arisan, atau tawuran.


Ubah Ikon Aplikasi Signal Untuk Kamuflase

Tidak seperti kebanyakan aplikasi chatting gratis lainnya yang tersedia untuk platform Android dan iOS, pengembang Signal mengijinkan pengguna untuk mengganti tampilan ikon tanpa aplikasi icon pack.


Setelannya sendiri bisa ditemukan dengan mengakses menu Pengaturan > Penampilan > Ikon Aplikasi. Berikut tangkapan layarnya :


Mengubah Ikon Aplikasi Signal

Kalo hanya ganti Telegram juga bisa gan. Betul. Tapi yang membuat Signal istimewa adalah ikon yang ditawarkan Signal tidak hanya ganti dari default style ke style lain yang masih mencerminkan sebuah messaging application.


Aplikasi dengan ciri khas logo biru ini juga menawarkan 4 tema lain. Keempatnya yakni Berita, Catatan, Cuaca, dan Gelombang.


Dengan mengubahnya, nama dan ikon Signal yang ada di device kita akan berubah menjadi preset yang dipilih. Ini efektif untuk mengelabuhi orang yang meminjam HP dan suka mengakses hal yang seharusnya tidak mereka akses.


Profil Pemberitahuan Buat Kontrol Notifikasi

Satu lagi fitur yang membuat Umahdroid menyukai Signal - Apl Perpesanan Privat adalah adanya fitur notification profiles. Untuk membuatnya, buka menu Pengaturan > Notifikasi > Profil > Buat profil.


Baca juga :


Kita bisa memilih profil yang sudah disediakan (Kantor, Berkendara, Tidur, Waktu henti, Fokus) atau membuat profil dengan emoji sendiri.


Notifikasi Profil Pemberitahun Signal

Setelah itu tambahkan orang atau grup serta jadwal yang ingin kita terima notifikasi dan panggilannya saat profil yang kita buat aktif. Mereka juga mengijinkan kita untuk membuat pengecualian.


Itu mencakup Izinkan semua panggilan dan Beritahukan seluruh penyebutan yang akan tetap muncul ketika pengguna lain men-tag kita di group.


Begitu selesai membuatnya, kita bisa langsung mengaktifkan profilnya dengan kembali ke daftar obrolan > tekan yang ada di pojok kanan atas > Profil Pemberitahuan > pilih profil yang sudah dibuat.


Itulah beberapa tips menggunakan Signal. Ada tips lain?. Jangan sungkan untuk membagikannya lewat komentar. Salam!.

5 komentar

5 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    23 Oktober
    • Kunjungi profil
    Aplikasinya emang nggak kelihatan online/terakhir dilihat seperti di aplikasi sebelah ya? Saya bingung soalnya. Heheh
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      10 November
      • Kunjungi profil
      Jangan bingung-bingung :D
      Last seen di Signal nggak ada emang by design, bukan karena error
    Reply
  • FRSL
    FRSL
    01 September
    • Kunjungi profil
    8) Buat profil notifikasi
    • FRSL
      Tiwo Satriatama
      03 September
      • Kunjungi profil
      Oh iya betul. Nanti akan kita tambahkan
      Terimakasih masukannya
    • FRSL
      FRSL
      19 September
      • Kunjungi profil
      Nice
    Reply