KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengatasi Notifikasi Telegram & Signal Tidak Muncul di Samsung

Solusi Chat Tidak Masuk - Ada banyak sekali aplikasi pesan instan yang tersedia untuk Android. Telegram dan Signal adalah aplikasi pesan instan yang paling dilirik banyak pengguna sebagai aplikasi chat alternatif WhatsApp.


Dan jika kalian sampai di halaman ini dari hasil mesin pencari, kemungkinan besar kalian sedang memiliki masalah sekaligus mencoba untuk memperbaiki notifikasi pesan tidak muncul di Samsung.


Telegram dan Signal Private Messenger jadi aplikasi pesan instan yang paling populer untuk mengantikan WA setelah Facebook mengubah kebijakan privasi.


Solusi Notifikasi Chat HP Samsung

Waktu itu jutaan pengguna aplikasi yang awalnya dikembangkan oleh mantan karyawan Yahoo, Brian Acton dan Jan Koum ini melakukan protes dengan update privacy policy tersebut.


Sebagian tidak bisa menerimanya dan memilih migrasi untuk mendapatkan layanan yang lebih baik. Disitulah Signal dan Telegram semakin mekar.


Penyebab Chat Tidak Muncul Pada HP Samsung

Isu yang akan kita bahas bukanlah soal connecting atau menghubungkan terus. Chat terkirim, tapi penerima tidak mendapatkan chat masuk jika aplikasinya tidak dibuka atau delay apabila aplikasinya jarang dibuka.


Baca juga :


Banyak yang menganggap ini salah aplikasinya. Padahal sering kali sebabnya karena implementasi sistem optimasi baterai yang dibuat produsen ponsel.


Notifikasi Signal Messenger Android

Sistem kampret yang dibuat Samsung, Oppo, Xiaomi, Huawei, Vivo, Realme, ASUS, Sony, dan seterusnya ini membuat sebuah aplikasi dipaksa berhenti saat berjalan di latar belakang.


Ketika aplikasi tersebut di-force stop maka otomatis Ia tidak akan berjalan. Jika tidak berjalan, bagaimana bisa dapat notifikasi?. Sesederhana itu.


Hal ini sering kali tidak terjadi pada WhatsApp karena aplikasi dengan logo hijau ini di-whitelist OEM agar tetap bisa running di background. Kenapa bisa di-whitelist?. Ya karena ada lobi-lobi dari Meta / Facebook.


Notifikasi Telegram Tidak Muncul Di Atas Layar

Karena permasalah yang sedang kita bahas ini murni ada di telepon genggam pintar, maka kalian tidak akan menjumpai masalah yang sama pada aplikasi Telegram Desktop dan aplikasi Signal Desktop.


Tekan dan tahan ikon aplikasi Signal atau Telegram sampai muncul pop-up seperti gambar di bawah lalu pilih simbol "i" yang ada di pojok.


Pengaturan Aplikasi Samsung

Dengan aksi tersebut, smartphone dan tablet akan secara otomatis membuka info per-app setting seperti ini. Silahkan pilih menu Baterai.


Informasi Aplikasi HP Samsung

Setelah pengaturan yang kita maksud terbuka, layar telepon akan menampilkan tiga buah opsi pengaturan baterai Samsung.


Setelan Baterai Samsung Terbaru

Tidak perlu berlama-lama. Kalian bisa langsung memilih opsi Tidak dibatasi (opsi paling atas). Lihat screenshot di atas untuk lebih jelasnya.


Pengaturan Notifikasi Samsung

Begitu tahap di atas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yakni menekan tombol kembali > pilih menu Notifikasi > terus pastikan opsi Izin notifikasi dan Perbolehkan suara dan getaran dalam posisi aktif.


Untuk bagian Tipe notifikasi yang mencakup Layar kunci, Lencana, dan Pop-up bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kita pilih pilih semuanya.


Yosh soal Signal Aplikasi Perpesanan Privat sekarang semuanya sudah beres. Sekarang kita lanjutkan ke poin selanjutnya, khusus untuk yang memakai Telegram. Tanpa banyak babibu, mari kita mulaikan!.


Aktifkan Reliable Notification Aplikasi Telegram

Mungkin banyak yang tidak tahu, untuk mendapatkan reliable notifications pada cloud messaging seperti Facebook Messenger buatan Pavel Durov dan saudaranya ini memiliki pengaturan sendiri di dalam aplikasinya.


Baca juga :


Langsung saja, silahkan ambil ponsel kesayangan kalian, buka Telegram > kemudian tekan menu 3 garis yang di pojok kiri atas > terus pilih Settings.


Pengaturan Notifikasi Telegram Android

Buka pengaturan Notification and Sounds > gulung layar ke bawah sampai ketemu sub-menu Other > aktifkan opsi Keep-Alive Service dan Background Connection seperti gambar di atas.


Sekarang tutup Telegram lalu meminta salah seorang teman kontak kalian mengirimi pesan setelah beberapa menit untuk melihat / mengecek hasilnya.


Masalah notifikasi Telegram yang tidak masuk seharusnya sudah solved dengan elegan karena push notification app sudah tidak lagi dibegal sistem yang dibuat oleh perusahaan asal Korea Selatan ini.


Penutup Soal Masalah Notifikasi Chat Samsung

Tanpa sebuah workaround seperti yang Umahdroid bagikan, rasanya cukup sulit bagi seorang pengguna ponsel yang masih awam dalam hal teknologi untuk bisa menyelesaikan masalah notifikasi Samsung.


Jangankan mengaturnya, user kategori ini (Bapak atau Ibu kita misalnya) mungkin tidak bisa menemukannya. Ketidaktahuan ini tentu bukan salah mereka.


Mematikan Optimasi Baterai Samsung

Ini murni kesalahan Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, ASUS, Huawei, Lenovo, OnePlus, Realme, dan produsen pembuat smartphone / tablet lain yang lebih memilih sistem hemat daya bahlul daripada fungsionalitas.


Komplotan gendeng-gendeng ini membuat setelan yang bahkan "tidak bisa ditemukan" oleh semua pengguna gadget, terutama para pengguna awam.


Ujung-ujungnya konsumen yang memberi mereka uang, memberi perusahaan mereka profit, dan mungkin membela produk mereka mati-matian dalam beberapa kasus juga akhirnya yang direpotkan.


Itu saja yang bisa Umahdroid share. Ambil yang baik, buang yang buruk dari artikel ini. Terimakasih sudah membaca, semoga berkah. Amin!.

7 komentar

7 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    12 November
    • Kunjungi profil
    Gan.. Dulu ane pakai Signal saat masih bisa buat apk SMS. Skrg ktnya udah g bisa lg. Klo ane install dr cadangan lalu klo ada chat Signal dr orang yg sama padahal riwayat chat yg dulu SMS gmn ya. Makasih sbelumnya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      12 November
      • Kunjungi profil
      Iya bener, support-nya udah dihentikan. Nggak masalah. Nanti akan otomatis di-merge jadi satu obrolan seperti biasa. History SMS tetap ada, tidak hilang
    • Unknown
      Unknown
      12 November
      • Kunjungi profil
      Siap gan.. Terimakasih. Bermanfaat sekali 🎉
    Reply
  • Ruston
    Ruston
    21 Oktober
    • Kunjungi profil
    Cek DnD sapa tahu aktif,,,
    • Ruston
      Tiwo Satriatama
      27 November
      • Kunjungi profil
      Oya betul. Terimakasih bang. Untuk yang nggak tahu, DnD ini fitur Do Not Distrurb. Kalau device pakai Bahasa Indonesia, nama fiturnya Jangan ganggu.

      Fitur ini bisa diatur lewat menu quick access atau Pengaturan > Pemberitahuan > Jangan diganggu.
    Reply
  • Semed
    Semed
    27 Juli
    • Kunjungi profil
    + kunci apk dari aplikasi terkini
    • Semed
      Tiwo Satriatama
      28 Juli
      • Kunjungi profil
      Iya bener. Terimakasih tambahannya
    Reply