KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengatasi Notifikasi Telegram & Signal Tidak Masuk HP Realme

Notifikasi Pesan Tidak Muncul - Telegram dan Signal adalah aplikasi chat yang memanfaatkan jaringan internet untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan suara serta video terbaik sebagai aplikasi pengganti WhatsApp.


Hal itu terjadi setelah perubahan kebijakan privasi WA 2021 yang dilakukan oleh Facebook. Mark Zuckerberg sekali lagi menunjukkan bahwa Ia merupakan salah satu CEO perusahaan teknologi paling hipokrit di dunia.


Jutaan pengguna messaging app yang awalnya diciptakan 2 mantan karyawan Yahoo, Brian Acton dan Jan Koum memilih beralih ke layanan perpesanan lain.


Notifikasi Aplikasi Tidak Muncul

Dibandingkan Telegram, Signal Private Messenger lebih mirip dengan WhatsApp, tapi lebih canggih dan lebih aman. Lebih baik dari itu, Signal dioperasikan oleh yayasan nirlaba dengan kode 501(c)(3).


Untuk informasi saja, kode tersebut juga digunakan oleh organisasi amal, keagamaan, pendidikan, serta pencegahan kekerasan pada anak dan hewan.


Kenapa Pesan Tidak Masuk Jika Aplikasi Ditutup

Notifikasi pesan pending aka delay, panggilan tidak masuk jika app di-minimize atau tidak dibuka adalah masalah yang banyak dialami pengguna Signal dan Telegram memang cukup membuat frustasi new comer.


Baca juga :


Banyak yang menganggap ini bug. Padahal sering kali sebabnya karena implementasi sistem optimasi baterai yang dibuat produsen oleh para smartphone.


Notifikasi Signal Messenger Android

Sistem SONTOLOYO yang dibuat Samsung, OPPO, Xiaomi, Huawei, Vivo, ASUS, dst ini membuat Signal dan Telegram dipaksa berhenti berjalan di latar belakang. Jika tidak running, bagaimana bisa dapat notifikasi?. Sesimpel itu.


Kenapa WhatsApp lancar?. Ya karena di-whitelist OEM. Kenapa bisa di-whitelist?. Ya karena ada lobi-lobi Facebook / Meta.


Apakah ini salah satu bentuk monopoli?. Entah, tapi jika iya, kita tidak kaget. Praktek kotor yang dilakukan oleh perusahaan pemilik situs berbagi foto dan videp Instagram ini sudah jadi rahasia umum.


Beri Ijin Aplikasi Berjalan di Background Realme

Memperbaiki obrolan Telegram tidak masuk ini sebenarnya cukup mudah. Karena ini murni dari mobile device, kalian tidak akan menjumpai masalah yang sama pada aplikasi Telegram Desktop dan Signal Desktop.


Tutorial yang kita tulis akan kita bagi dalam beberapa poin supaya lebih mudah untuk diikuti. Oke langsung saja, mari kita mulakan step by step-nya!.


#1 Langkah Pertama

Monggo ambil HP kesayangan kalian. Buka jika masih dalam posisi terkunci lalu buka app drawer dan cari Signal atau Telegram.


Melihat Informasi Aplikasi Realme

Jangan langsung dibuka. Cukup tekan ikon aplikasinya sampai muncul pop-up seperti gambar diatas, kemudian pilih Info aplikasi.


#2 Langkah Kedua

Pada jendela informasi aplikasi, tekan menu Penggunaan baterai untuk membuka setting konsumsi daya aplikasi Android.


Ijinkan Peluncuran Otomatis Aplikasi

Aktifkan opsi Izinkan aktivitas latar belakang dan Izinkan peluncuran otomatis. Hasilnya bisa kalian lihat pada tangkapan layar di atas.


#3 Langkah Ketiga

Setelah merampungkan tahap kedua, tekan tombol kembali. Masih di jendela informasi aplikasi, silahkan pilih menu Penggunaan baterai.


Ijinkan Penggunaan Data Internet

Dengan cara yang kurang lebih sama seperti sebelumnya, silahkan pencet toggle-on alias aktifkan opsi Gunakan Data di Latar Belakang.


Khusus untuk aplikasi "pesawat kertas" buatan Pavel Durov, jalankan Telegram > buka Settings > masuk ke Notification and Sounds > aktifkan opsi Keep-Alive Service dan Background Connection.


Matikan Optimasi Baterai Realme Untuk Aplikasi

Eits jangan senang dulu karena kita masih belum selesai. Sekarang kita perlu untuk membuat Signal Pengirim Pesan Privat dan Telegram Messenger tidak masuk dalam blacklist pengoptimalan baterai Realme.


Baca juga :


Tahap ini juga akan kita bagi dalam beberapa poin supaya lebih mudah untuk diikuti. Oke tanpa babibu, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.


#1 Langkah Pertama

Kita asumsikan kalian ada di posisi home-screen. Cari dan jalankan aplikasi Pengelola Telepon yang merupakan aplikasi bawaan Realme.


Aplikasi Manajemen Telepon Realme

Pada dasarnya aplikasi ini seperti aplikasi manajemen di merek lain. Contoh, Mobile Manager pada Zenfone dan Device Care pada Samsung.


#2 Langkah Kedua

Gulung / scroll / geser layar hand-phone kalian ke bawah kemudian hantam ikon Baterai untuk masuk ke pengaturan konsumsi daya.


Mengakses Optimasi Baterai ColorOS

Setelah itu pilih menu Pengaturan lanjutan, terus buka menu Optimalkan penggunaan baterai sehingga tampilan layar kalian akan seperti gambar di atas.


#3 Langkah Ketiga

Inilah yang jadi biang kerok pesan yang dikirim keluarga, teman, atau gebetan kalian tidak masuk jika aplikasinya tidak dibuka atau diminimalkan.


Optimalkan Penggunaan Baterai Realme

Oke langsung saja cari Signal dan Telegram, kemudian tekan, lalu ubah dari statusnya dari Selalu tanya menjadi Jangan optimalkan.


Sebelum close, coba buka Manajemen aplikasi. Pada setelan Buka otomatis, pastikan startup saat booting dan di latar di ijinkan untuk kedua aplikasi saingan kubu hijau ini sudah kondisi enable.


Masalah Sistem Optimisasi Bapuk Dari Produsen

Tanpa sebuah workaround seperti yang kita bagikan, rasanya cukup sulit bagi seorang pengguna ponsel kekinian yang masih awam soal dunia teknologi bisa menyelesaikan masalah notifikasi aplikasi Android.


Jangankan mengaturnya, user kategori ini (Bapak / Ibu kita misalnya) mungkin tidak bisa menemukannya. Dan ketidaktahuan ini tentu bukan salah mereka.


Pengaturan Baterai HP Realme

Ini murni kesalahan Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, ASUS, Huawei, Lenovo, OnePlus, Realme, dan produsen pembuat smartphone & tablet lain yang lebih memilih sistem hemat daya bahlul daripada fungsionalitas.


Komplotan gendeng-gendeng ini membuat setelan yang bahkan "tidak bisa ditemukan". Kalaupun bisa, langkahnya tidak ces pleng in one hit.


Ujung-ujungnya konsumen yang memberi mereka uang, memberi perusahaan mereka profit, dan mungkin membela produk mereka mati-matian dalam beberapa kasus juga akhirnya yang direpotkan.


Itu saja yang bisa Umahdroid share. Ambil yang baik, buang yang buruk dari artikel ini. Terimakasih sudah membaca, semoga berkah. Amin!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan