KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengatasi Notifikasi Chat Telegram Tidak Muncul di OPPO

Notifikasi Telegram OPPO - Jika kalian sampai di halaman ini dari hasil pencarian seach engine, maka kemungkinan besar HP OPPO kalian sedang memiliki sekaligus mencoba untuk memperbaiki notifikasi chat tidak muncul.


Telegram dan Signal Private Messenger memang aplikasi pesan instan yang paling banyak dilirik pengguna smartphone untuk mengantikan WhatsApp setelah Facebook mengubah privacy policy pada awal tahun.


Jutaan pengguna WA langsung bereaksi dengan memprotes keras dengan syarat dan kebijakan baru tersebut.


Notifikasi Telegram Tidak Muncul OPPO

Sebagian tidak bisa menerimanya dan memilih migrasi untuk mendapatkan layanan yang lebih baik dengan install pesan instan lain seperti Telegram dan Signal Private Messenger.


Tapi itu hanya selingan saja, sekarang mari mulai dari biang kerok problem notifikasi aplikasi dengan logo pesawat kertas ini.


Penyebab Notifikasi Telegram Tidak Masuk / Telat

Issue yang akan kita bahas bukanlah soal menghubungkan terus atau always connecting. Chat terkirim, tapi penerima tidak mendapatkan chat masuk jika aplikasinya tidak dibuka atau delay jika jarang dibuka.


Baca juga :


Banyak yang menganggap ini bug. Padahal sering kali sebabnya karena implementasi sistem optimasi baterai yang dibuat produsen oleh para smartphone.


Sistem SONTOLOYO yang dibuat OEM (Samsung, OPPO, Xiaomi, Huawei, Vivo, ASUS, dll) ini membuat Telegram Messenger dipaksa berhenti berjalan di latar belakang. Jika tidak running, bagaimana bisa dapat notifikasi?. Sesimpel itu.


Kenapa WhatsApp lancar tanpa masalah?. Ya karena di-whitelist oleh OEM. Kenapa bisa di-whitelist?. Ya karena ada lobi-lobi Facebook.


Ini jadi seperti trio bakso FB, WA, dan IG "oh ya monggo", tapi aplikasi lain dihalang-halangi, "Anda cukup disini saja". Apakah ini salah satu bentuk monopoli Facebook (Meta)?. Entah, tapi inilah realitanya.


Solusi Notifikasi Telegram Tidak Masuk HP OPPO

Memperbaiki obrolan Telegram tidak masuk ini sebenarnya cukup mudah. Karena ini murni dari mobile device yang berarti kalian tidak akan menjumpai masalah yang sama pada Telegram Desktop.


Disini kita akan buat menjadi 2 poin. Masing-masing adalah mengatur battery optimization dan in-app notification yang ada pada Telegram.


#1 Mengeluarkan Aplikasi Dari Begal Sistem

Sebelum kita mulai, pastikan juga notifikasi Telegram di Sound and Notification tidak di-block, serta enable background data yang biasanya dalam kondisi mati jika smartphone dalam mode power saving.


Langsung saja, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Jalankan Phone Manager atau Security Center (bawaan)

  • Kemudian pilih Privasi Permissions lalu Startup Manager

  • Setelah menunya terbuka, cari, dan hidupkan Telegram


Startup Manager Aplikasi HP OPPO

  • Tekan kembali lalu pilih menu Floating Window Manager

  • Lakukan hal yang sama seperti langkah nomor 3 di atas

  • Selanjutnya kalian bisa kembali ke layar layar utama


Tekan dan tahan ikon Telegram > pilih App info > buka menu Battery Usage > aktifkan pilihan Run in Background.


Jika diperlukan, kalian juga bisa menambah workaround dengan cara pin / lock aplikasinya dari recent apps untuk memastikan aplikasi sudah kita pilih tidak di-kill oleh sistem.


#2 Aktifkan Reliable Notifications Di Telegram

Banyak yang tidak tahu jika aplikasi messenger seperti halnya Facebook Messenger buatan Pavel Durov dan saudaranya ini dibekali dengan setelan dalam aplikasi untuk mendapatkan realtime notifications.


Oke langsung saja, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Ambil smartphone kesayangan kalian, lalu buka Telegram

  • Tekan menu 3 garis yang di pojok kiri atas lalu pilih Settings

  • Masuk ke pengaturan Notification and Sounds yang ada disana

  • Silahkan scroll layar ke bawah sampai ketemu sub-menu Other

  • Lalu aktifkan Keep-Alive Service dan Background Connection

  • Untuk lebih jelasnya, lihat gambar tangkapan layar di atas


Dengan 2 setelan ini, push notification app tidak lagi dibegal oleh sistem karena sudah mendapatkan ijin agar aplikasi berjalan di background.


Masalah Sistem Optimisasi Bapuk Dari Produsen

Tanpa sebuah workaround seperti yang kita bagikan, rasanya cukup sulit bagi seorang pengguna ponsel yang masih awam dalam hal teknologi bisa menyelesaikan masalah notifikasi aplikasi di Android.


Jangankan mengaturnya, user kategori ini (Bapak atau Ibu kita misalnya) mungkin tidak bisa menemukannya. Dan tentu saja ketidaktahuan ini bukan salah mereka.


Optimasi Baterai Android OPPO

Ini murni kesalahan Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, ASUS, Huawei, Lenovo, OnePlus, Realme, dan produsen pembuat smartphone / tablet lain yang lebih memilih sistem hemat daya bahlul daripada fungsionalitas.


Komplotan gendeng-gendeng ini membuat setelan yang bahkan "tidak bisa ditemukan". Kalaupun bisa, langkahnya tidak ces pleng in one hit.


Ujung-ujungnya konsumen yang memberi mereka uang, memberi perusahaan mereka profit, dan mungkin membela produk mereka mati-matian dalam beberapa kasus juga akhirnya yang direpotkan.


Itu saja yang bisa Umahdroid share. Jika ada tambahan, kalian bisa membaca selengkapnya di masalah notifikasi pada ColorOS.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan