KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mau SMS Tanpa Pulsa? Aktifkan RCS Aplikasi Messages Kalian

Cara SMS Gratis Lewat Internet - Teknologi pesan SMS yang sudah ada puluhan tahun semakin ketinggalan jaman. Ia tidak support enkripsi modern, sticker, dan pesan grup seperti WhatsApp, Telegram, dan Signal Messenger.


Short Message Service mengandalkan koneksi seluler dan sinyal. Tarif yang mahal, kemampuan pesan dibatasi hanya 160 karakter saja, adalah dua alasan mengapa SMS semakin tidak diminati masyarakat.


Asosiasi GSM meluncurkan proyek Rich Communication Services untuk menggantikan teknologi SMS dan MMS konvensional yang cukup berumur.


Cara Menggunakan RCS Google Messages

RCS juga disebut sebagai Advanced Messaging, Joyn, SMSoIP, Message+, dan SMS+. Pada awal tahun 2020, teknologi pesan instan masa depan ini sudah tersedia pada 88 operator di 59 negara.


Menurut Wikipedia, ada sekitar 390 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bukan angka yang sedikit, tapi juga masih jauh dari kompetitor.


Rich Communication Services Google Messages

Google mengadopsi teknologi ini & menerapkannya pada aplikasi Messages buatan mereka kemudian menambahkan protokol end to end encryption milik Signal Private Messenger untuk obrolan one to one ke kontak yang tersedia.


Baca juga :


Jangan kaget, protokol E2E milik Signal memang banyak digunakan oleh perusahaan besar karena sistem keamanannya.


Chat Google Messages Lewat Internet

Dengan RCS, pengguna seperti memakai aplikasi chat modern. Ada animasi sedang mengetik, mengirim sticker, gambar, GIF, video, pesan suara, mendukung chat dengan jaringan WiFi, dll.


Jika diperlukan, kalian juga bisa membukannya lewat web. Fitur device pairing ini mirip seperti WA Web dan Tele Web App.


Tinggal buka website messages.google.com/web dengan Firefox, Chrome, Edge, atau browser favorit kalian, buka aplikasi Messages di HP, kemudian pilih menu Penyambungan perangkat, terus scan QR kodenya.


Cara Mengaktifkan Fitur RCS Messaging Google

Jika ponsel pintar kalian sudah terinstal Messages by Google, kalian bisa langsung mengaktifkannya. Tapi jika belum, kalian bisa download gratis aplikasinya lewat Google Play Store.


Tekan titik tiga yang ada di sebelah kanan pada kotak pencarian, pilih menu Settings > Chat features > Enable chat features > Yes, I'm in.


Pengaturan Chat Features Google Messages

Langkah selanjutnya silahkan tekan Verify your number > masukan nomor telepon kalian untuk aktivasi > tekan tombol Verify now seperti ini :


Cara Mengaktifkan RCS Google Messages

Sekarang tunggu sampai sistem memvalidasi permintaan kita. Jika berhasil, nanti akan muncul status Connected seperti gambar tangkapan layar :


Chat Feature Google Messages Konek

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat screenshot di atas. Oh ya, khusus pengguna dual SIM. Kalian mungkin perlu mengubah setelan panggilan telepon.


Contoh, SIM 1 Telkomsel, SIM 2 Tri. Kalian ingin mendaftarkan nomor Indosat, maka ubah saja setelan panggilan utama ke SIM 2 lewat pengaturan telepon. Cara ini ampuh mengatasi Google Message stuck verifying.


Bonus! FAP2 - Frequently Asked Pertanyataan 2

Untuk melengkapi artikel, berikut kita sertakan beberapa pertanyaan dan jawaban dari beberapa masalah yang kadang muncul saat setting dan menggunakan Google Rich Communication Service.


T : Kenapa chat features unavailable for this device?
J : Coba buka Play Store terus update Carrier Service


T : Masih gagal, tidak bisa mengaktifkan fitur obrolan?
J : Coba tutup aplikasi lalu tunggu beberapa menit


T : Bagaimana cara membedakan pesan SMS dan RCS?
J : Jika ada teks chat dengan XYZ berarti mode RCS


T : Aplikasi pesan bawaan HP lainnya apakah tidak bisa?
J : Saat ini baru Samsung Message saja yang support


T : Berarti bisa chat RCS dengan pengguna Samsung?
J : Tentu, asalkan chat settings teman kalian diaktifkan


Untuk pertanyaan terakhir, kita buatkan posting terpisah. Kalian bisa membacanya dengan klik link selanjutnya di bawah artikel ini.


Punya pertanyaan lain yang belum terjawab mengenai cara mengaktifkan fitur obrolan pada Google Messages?. Jangan sungkan untuk menuliskannya lewat komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung.


Google Messages Terbaru

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan