KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Daripada Nganggur, Begini Cara Ubah Monitor PC Jadi TV Digital

TV Tuner Digital Monitor - Punya monitor PC yang tidak terpakai?. Daripada "njogrog", lebih baik dimanfaatkan untuk sesuatu lebih bermanfaat dan dapat dinikmati. Misal, membuatnya menjadi perangkat televisi digital.


Dan seperti yang kita ketahui bersama, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki proyek Analog Switch Off (ASO) yang membuat tahun 2022 adalah tahun TV analog akan dihapus.


Sistem siaran TV jadul yang telah dikonsumsi masyarakat Indonesia selama puluhan tahun akan secara bertahap dialihkan ke sistem siaran TV digital tahun ini.


STB TV Digital Gratis Dari Kominfo

Perangkat televisi analog / jadul / tabung / non-digital yang kalian miliki akan langsung terkena imbas dengan adanya kebijakan ini. Itu membuat sistem lama tidak bisa lagi digunakan kedepannya.


Kabar baiknya, kita tidak perlu membeli TV baru yang harganya tentu tidak murah, apalagi keadaan ekonomi dunia yang sedang kacau-balau.


Siapkan Semua Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan

Oke kita akan mulai dari tahap awal yakni menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Pertama, tentunya adalah monitor. Boleh model baru, boleh model lama. Yang penting monitor PC Desktop.


Baca juga :


Hal kedua yang kita butuhkan selanjutnya adalah Set Top Box TV digital. Untuk daftar merek STB resmi, silahkan klik link baca juga di atas.


Konverter Kabel HDMI ke VGA

Karena kebanyakan STB memakai konektor HDMI, jadi siapkan juga kabel HDMI. Oh ya, untuk monitor lawas yang masih memakai kabel VGA, maka kita juga membutuhkan converter HDMI ke VGA seperti gambar di atas.


Alat tambahan tersebut bisa dibeli di toko komputer, toko elektronik terdekat, atau marketplace seperti BukaLapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dsb.


Hal lain yang perlu kalian perhatikan selanjutnya adalah perihal audio. Karena monitor milik kita yang sudah cukup berumur ini tidak dibekali speaker internal, maka kita perlu speaker eksternal.


Konverter Kabel RCA ke AUX

Dalam kasus yang kita alami, STB Akari ADS 2230 yang kita gunakan pada artikel ini memakai konektor RCA, sedangkan speaker memakai AUX.


Perbedaan keduanya membuat mereka tidak bisa langsung "dikimpoykan". Tenang, solusinya mudah. Cukup beli adapter atau converter RCA to AUX. Contoh penampakan barangnya bisa dilihat pada foto di atas.


Harganya juga murah. Pas untuk kantong anggota asosiasi sobat Missqueen seperti kita. Soal male dan female-nya monggo sesuaikan saja dengan kondisi.


Membuat TV Digital Dari Monitor LCD Komputer

Begitu semua syarat yang kita butuhkan siap, sekarang tiba waktunya menghubungkan semuanya. Pertama-tama, hubungkan kabel HDMI. Ujung satu ke monitor, satunya lagi ke Set Top Box DVB-T2.


Pasang dua colokan kabel RCA (merah dan putih) ke STB. Yang satu 1 (kuning) tidak kita gunakan karena itu untuk video.


Menyambungkan STB TV ke Monitor

Hubungkan ujung kabel RCA ujung satunya ke alat konverter RCA to AUX, lalu konverter tadi dengan jack speaker, kabel antena ke lubang RF IN yang ada di STB, serta kabel power STB dan monitor ke colokkan listrik.


Hidupkan kedua perangkat. Jika monitor hanya menampilkan layar hitam tanpa gambar dan suara. Silahkan baca cara setting STB untuk monitor komputer.


Tapi jika langsung work, kalian bisa melakukan setup awal seperti memasukan kode POS dan mencari saluran. Untuk yang sudah diatur seharusnya tidak perlu lagi karena sudah tersimpan.


Simulasi Pasang STB ke Monitor

Simulasi instalasinya bisa dilihat gambar yang Umahdroid buat di atas. Jangan sungkan meninggalkan komentar jika ada bagian yang membingungkan.


Oh ya, untuk daerah tempat tinggal kita, kita berhasil mendapatkan 21 kanal. Ada TVRI, R TV, Net TV, Trans TV, Trans 7, SCTV, Indosiar, RCTI, MNC, GTV, iNews, CNN Indonesia, CNBC, O Channel, Mentari HD, dll.


Jika ada yang kurang paham silahkan sampaikan lewat kolom komentar. Selanjutnya kalian mungkin tertarik solusi siaran TV digital putus-putus.

10 komentar

10 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • AFLAM
    AFLAM
    17 November
    • Kunjungi profil
    Setelah saya praktekkan kasus saya sama seperti bang NARDO. Mohon tutorialnya menurunkan resolusi STB
    • AFLAM
      Tiwo Satriatama
      20 November
      • Kunjungi profil
      Buat ngatur resolusi, STB-nya dicolok ke TV biasa dulu bang. Cara lengkapnya bisa disimak di artikel ini :

      https://www.umahdroid.com/2023/11/solusi-stb-input-display-not-supported.html

      Semoga pertanyaannya terjawab. Selamat mencoba, semoga beruntung!
    Reply
  • Nardo
    Nardo
    31 Juli
    • Kunjungi profil
    Selamat siang bang, saya punya monitor PC HP ProDisplay P191, sudah coba pakai STB Matrix Apple, tapi pesannya "display not suppoerted". sebagai info monitor saya di resolusi 1366x768 -60Hz. Mohon dibantu settingnya supaya saya bisa pakai monitor tsb. Terima kasih
    • Nardo
      Tiwo Satriatama
      31 Juli
      • Kunjungi profil
      Setting resolusi STB-nya diturunkan sesuai resolusi monitor bang
    Reply
  • muhammad syafiie
    muhammad syafiie
    24 Desember
    • Kunjungi profil
    Brpa harga hdmi vga nya
    • muhammad syafiie
      Tiwo Satriatama
      25 Desember
      • Kunjungi profil
      Dulu beli offline lupa harganya. Tapi barusan cek di online, 15.000 juga udah dapet
    Reply
  • muhammad syafiie
    muhammad syafiie
    21 Desember
    • Kunjungi profil
    Kalau untuk antena jadul bisa ya kak
    • muhammad syafiie
      Tiwo Satriatama
      22 Desember
      • Kunjungi profil
      Betul. Saya juga pake antena jadul kok
    Reply
  • rvprinting
    rvprinting
    16 Desember
    • Kunjungi profil
    Punya saya gak bisa kak, udah ngikutin langkah langkah diatas, cable not suported
    Mohon bantuanya trimakasih
    • rvprinting
      Tiwo Satriatama
      18 Desember
      • Kunjungi profil
      Pakai monitor apa, STB apa, sama kabel apa?
    Reply