KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Solusi STB Input Display Not Supported Ketika Dihubungkan Ke Monitor PC

Monitor Jadi TV Digital - Apa kabar kawan-kawan Umahdroid?. Semoga sehat selalu apapun keadaanya. Hari ini kita ingin sharing mengenai dunia pertelevisian, tepatnya tentang menyambungkan STB ke monitor komputer.


Kondisi seperti ini sangat cocok jika kalian memiliki monitor PC yang tidak terpakai. Daripada nganggur begitu saja, akan lebih baik jika digunakan untuk sesuatu lebih bermanfaat dan dapat dinikmati.


Itu dari sisi brainware. Dari sisi si hardware, monitor akan merasakan nikmatnya dialiri listrik lagi setelah "njogrog" berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.


Cara Merubah Monitor Jadi TV Digital

Panduannya sendiri sebenarnya sudah pernah kita tulis tahun lalu. Artikelnya bahkan kita sematkan ke daftar featured post yang ada pada slider di bagian atas homepage blog ini.


Langkah serta mekanismenya, kalian bisa klik link yang ada pada akhir paragraf pertama di atas untuk langsung merapat ke posting yang kita maksud.


Karena beragamnya monitor yang ada saat ini, ada beberapa pengguna yang mengalami STB tidak menampilkan gambar dan suara. Solusi dari masalah inilah yang ingin Umahdroid bagikan pada kalian.


Penyebab STB Tidak Ada Gambar Di Monitor

Masalah yang banyak dialami seseorang yang mencoba memakai alat untuk mengonversi sinyal menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan pada monitor komputer adalah black screen.


Baca juga :


Satu-satunya hal yang muncul di layar adalah pesan Display Not Supported atau Input Not Supported (tergantung monitor yang kalian gunakan).


Mengatasi Monitor Input Not Supported

Hal tersebut cukup sering terjadi pada monitor tipe lama. Mengapa ini bisa terjadi?. Jawabannya sederhana, karena perbedaan resolusi yang ada pada monitor dan setelan Set Top Box T2.


Jika pengaturan yang tersimpan pada STB ada di 1080p, maka monitor dengan resolusi 1366x768 (HD) pasti akan komplain "Maaf bos gua nggak sanggup".


Masalah tersebut pasti tidak akan muncul di monitor yang belum terlalu lama dirilis karena monitor yang belum terlalu tua biasanya minimal sudah 1920x1080 atau biasa disebut 1080p / FHD / Full HD.


Apa itu berarti kita tidak bisa nonton TV digital di monitor jadul?. Tentu tidak. Kita hanya perlu cara setting STB ke monitor PC supaya bisa tetap dipakai sesuai harapan.


Mengatasi Set Top Box Input Not Supported

Ketidakcocokan yang membuat munculnya pesan "Tampilan Tidak Didukung" atau "Masukan Tidak Didukung" ada di tingkat perangkat lunak, bukan di perangkat keras, jadi kita hanya cukup program Set Top Box TV digital.


Jika masih terhubung, hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah mencabut terlebih dahulu STB dari monitor kalian.


Cara Setting STB TV Digital Terbaru

Setelah itu silahkan bawa Set Top Box tadi kemudian sambungkan ke perangkat Televisi konvensional. Kalian bisa menggunakan TV tabung jadul maupun TV flat kekinian. Tidak ada aturan. Bebas!.


Dengan remote STB, tekan tombol Menu > masuk ke Pengaturan > pilih setelan Gambar > terus turunkan Resolusi agar sesuai dengan resolution monitor.


Untuk monitor yang masih HD (1366x768), kita bisa mengubah setup STB menjadi resolusi 720p atau 480p. Sebagai catatan, semakin kecil nilainya, maka semakin rendah juga kualitas gambarnya. Bisa dipahami ya?.


Begitu semuanya beres, sekarang cabut Set Top Box yang sebelumnya terkoneksi ke TV, lalu hubungkan ke monitor lagi.


Taraaaaa, problem has been resolved. Sekarang kalian sudah bisa menikmati channel TV digital di monitor PC. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik membaca artikel keren tentang cara menyambungkan HP ke monitor komputer.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan