KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Sedekah Online: Cara Donasi Signal Langsung Melalui Aplikasi

Signal Donations - Signal adalah aplikasi perpesanan yang mengutamakan privasi. Aplikasinya gratis, mudah digunakan, aman dengan end to end encryption, serta tidak seperti WhatsApp yang memanen data pengguna.


Lebih dari sekedar bisa di-download dengan bebas untuk perangkat berbasis Android, iOS, serta platform Desktop (Linux, MacOS, Windows), Signal Private Messenger juga merupakan free open source software.


Mereka membuka seluruh source code baik server maupun client. Berbeda dengan Telegram yang membuka kode sumbernya pada aplikasi client-nya saja.


Signal Donation Dari Indonesia

Signal Foundation bukanlah perusahaan profit. Mereka tidak memonetisasi aplikasi dengan mengumpulkan data pribadi pengguna, iklan, atau pembelian dalam aplikasi seperti kebanyakan saingannya.


Brian Acton dkk lebih memilih sistem donasi untuk membiayai pengembangan agar aplikasi tetap bisa dinikmati jutaan orang di seluruh dunia.


Presiden Signal, Meredith Whittaker mengungkapkan jika Signal membutuhkan dana setidaknya 10 juta dollar per tahun untuk operasional. Termasuk "ramping" untuk aplikasi sekelas Signal.


Metode Donasi Yang Diterima Signal Messenger

Selain sebagai salah satu bentuk kontribusi, mendonasikan sebagian kecil uang kita kepada proyek perangkat lunak sumber terbuka adalah bagian dari sedekah, apalagi software-nya bermanfaat untuk banyak orang.


Baca juga :


Karena sifatnya sukarela, seseorang yang tidak memenuhi syarat untuk berzakat pun boleh untuk melakukan donasi.


Donasi Ke Signal App Via Website

Donasi ke Signal bisa dilakukan dengan beberapa metode. Cara donasi yang pertama, kalian bisa melakukannya melalui website resmi mereka yang beralamat di signal.org/id/donate


Signal menerima donasi menggunakan kartu kredit atau kartu debit, PayPal, transfer bank, serta mata uang kripto seperti Bitcoin dan Dogecoin.


Jika ingin metode donasi yang lebih instan, developer aplikasi chatting paling aman dengan ciri khas warna biru ini sudah menyediakan fiturnya sehingga pengguna bisa langsung donasi lewat aplikasinya.


Langkah Donasi Ke Aplikasi Signal Tanpa PayPal

Selain lebih mudah, donasi melalui aplikasi juga memiliki keuntungan lain. Cara donasi ini membuat akun kita memiliki badge donor yang nantinya akan muncul pada bagian foto profil dari Signal Aplikasi Perpesanan Privat.


Benefit tersebut tidak akan didapat seorang pengguna memilih untuk donasi melalui official website. Oke, tanpa banyak babibu langsung saja kita mulai!.


#1 Tahap Pertama

Ambil smartphone kesayangan kalian > jalankan aplikasi Signal > buka Settings > pilih menu Donate to Signal > pilih lagi Donate to Signal.


Buka Settings Signal Messenger

Oh ya, ponsel kita disini menggunakan Bahasa Inggris. Jika kalian menggunakan Bahasa Indonesia, silahkan disesuaikan saja ya.


#2 Tahap Kedua

Selanjutnya ubah mata uangnya jadi IDR. Pilih juga jenis dan jumlah donasi. Monthly berarti donasi setiap bulan yang akan otomatis diperpanjang.


Masukan Jumlah Donasi

One time berarti hanya 1 bulan. Nominal minimal untuk 1x donasi adalah Rp 40.000,-. Ingin lebih?. Monggo. Esensinya bukan pada jumlahnya, tapi ikhlasnya.


#3 Tahap Ketiga

Langkah ketiga adalah memilih sumber dana. Kita bisa memilih donasi dengan Credit / Debit Card dan Google Pay (Android) serta Apple Pay (iOS).


Metode Donasi Yang Diterima Signal

Sebagai contoh, disini kita pilih opsi kedua. Berarti butuh kartu setan gan?. Tidak. Kartu yang kita gunakan adalah virtual card dari Bank Jago.


#4 Tahap Keempat

Jika kalian memilih opsi kartu seperti yang prefensi Umahdroid, langkah ke-4 yang perlu dilakukan yakni memasukan data kartu.


Isi Data Kartu Kredit Atau Debit

Seperti yang kalian lihat pada screenshot di atas, data tersebut meliputi nomor kartu, masa berlaku, dan CVV aka Card Verification Value.


#5 Tahap Kelima

Jika sudah, silahkan hantam tombol Continue. Tunggu sebentar, sistem akan memproses permintaan kita secara mandiri.


Donasi Signal Sukses Dilakukan

Jika berhasil, layar akan menampilkan keterangan Thanks for you support!. You've earned a donor badge from Signal. Blablabla.


Jika kalian menganggap lencana yang diberikan pengembang sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor termasuk riya, kalian bisa menyembunyikannya dengan mematikan Display on Profile.


Bagaimana jika sudah terlanjur menekan kembali?. Tenang, setelan tersebut juga bisa ditemukan dengan mengakses Settings > Profile > Badges.


Donasi Kenapa Harus Ada Minimal Nominalnya

Pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak pengguna Signal. Yang bisa kita sampaikan adalah hal ini sangat wajar terjadi. Sebelumnya kita juga memiliki pertanyaan yang sama.


Baca juga :


Setelah mencarinya di website komunitas Signal di community.signalusers.org kita menemukan tanggapan dari salah satu pengembang.


Kenapa Ada Jumlah Minimal Donasi

Jumlah minimal tersebut diterapkan ternyata karena donasi yang kita berikan masih dipotong oleh Stripe dan PayPal. Jadi jika kita donasi Rp 40.000,-, Signal tidak akan menerima uang tersebut secara utuh.


Quick research yang kita lakukan (tolong koreksi jika ada yang salah), potongan untuk donasi $1 sekitar $0.85. Itu berarti Signal hanya mendapat $0.15.


Lebih banyak potongannya daripada donasi yang sampai. Beda cerita jika mereka menerapkan minimal $3, potongannya hanya $0.98 saja. Itu berarti Signal masih bisa mendapatkan $2.02.


Itu saja yang bisa kita bagikan tentang cara mendapatkan lencana Signal dengan donasi. Semoga bermanfaat dan berkah. Terimakasih!.

4 komentar

4 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unkown
    Unkown
    15 Juli
    • Kunjungi profil
    +62 gabisa paypal
    • Unkown
      Tiwo Satriatama
      28 Juli
      • Kunjungi profil
      Lewat website kalo mau pake PayPal
    Reply
  • FRSL
    FRSL
    22 Juni
    • Kunjungi profil
    Kenapa tidak pakai sistem pembelian dalam aplikasi aja sih
    Kan lebih enak
    • FRSL
      Tiwo Satriatama
      25 Juni
      • Kunjungi profil
      Google potongannya 30%. Belum lagi ditambah PPn + Bea Jasa
    Reply