KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mencoba MicroSD SanDisk Ultra 16GB Class 10 Original Murah

Review SanDisk Ultra 16GB Indonesia - Jadi ceritanya waktu even HARBOLNAS (Hari Dobol Belanja Online Nasional) kemarin kita tidak sengaja ketemu dengan kartu memori SanDisk asli yang cukup murah di Shopee. Harganya normalnya Rp 52.000, tapi saat flash sale dijual Rp 29.000.

Tanpa pikir panjang langsung saja kita beli micro SD SanDisk Ultra 16GB class 10 tadi untuk emak tercinta karena ponsel admin sendiri sudah dipasangi Samsung Evo Plus 64GB.

Barangnya sendiri sudah pernah kita ulas sebelumnya. Kalian yang tertarik bisa membacanya lewat link tersebut.

Sandisk Ultra 16GB Class 10 Original

Semoga artikel ini bisa sedikit-banyak membantu kalian yang sedang mencari kartu microSD murah berkualitas untuk smartphone / tablet kesayangannya. Nah langsung saja mari kita mulai.

Unboxing SanDisk Ultra 16GB

Kemasan bagian depan memuat informasi merek, nama produk, ukuran, read speed, dan stiker hologram Datascrip sebagai distributor resmi SanDisk Indonesia yang menandakan media penyimpanan eksternal ini asli, bukan palsu.

Review MicroSD SanDisk Ultra 16GB Class 10

Di bagian belakang diisi dengan spesifikasi produk dan tulisan garansi 10 tahun. Yah biasalah, tidak ada yang menarik.

Baca juga :

Ini adalah SanDisk kedua yang kita beli setelah beberapa tahun lalu kita juga beli ukuran yang sama. Sekarang sudah rusak. Bukan karena tidak terbaca, tapi data yang tersimpan banyak yang korup, tidak bisa dihapus, dan diformat.

Tidak seperti Samsung Evo Plus, dalam paket penjualan tidak disertakan dengan SD Adapter.

Varian MicroSD SanDisk Ultra

Penting untuk diketahui, di pasar ada 2 jenis storage buatan perusahaan yang kini dimiliki oleh Western Digital ini, yakni warna merah abu-abu dan putih abu-abu. Harga untuk warna merah sedikit lebih mahal.

Jenis MicroSD SanDisk yang Dijual di Pasar

Selain itu, read speed dan write speed keduanya juga beda (90MB/s berbanding 80MB/s). Jadi tinggal pilih saja dengan kebutuhan.

T : Lah kalo yang merah coklat gan?
J : Itu SanDisk Extreme

T : Terus kalo yang merah hitam?
J : Oh itu SanDisk Extreme PRO

Kedua seri tersebut merupakan seri high-end. Harganya relatif mahal sehingga tidak cocok untuk pengguna budget-oriented seperti admin. Untuk SanDisk Extreme 32GB saja dijual Rp 120.000.

Fitur dan Spesifikasi Perangkat

Perusahaan yang juga memproduksi SSD ini menyematkan 4 proteksi, yakni tahan air, suhu, guncangan, dan sinar X-Ray. Meski tidak untuk semua orang, tapi tambahan fitur ini cukup bagus untuk meminimalisir kehilangan data.

Spesifikasi SanDisk Ultra microSDHC

Untuk ponsel water proof, action camera seperti GoPro dan Sony 4K ActionCam, drone, ketahanan fisik sangat dibutuhkan.

Untuk yang belum tahu, Speed class 10 adalah kelas tertinggi yang tersedia saat ini. Peringkat ini dikumpulkan oleh SD Association untuk memberikan panduan kecepatan baca-tulis minimum yang harus dicapai oleh setiap kelas.

Speed Class 10 + UHS-I Class 1 memungkinkan kita merekam video dengan resolusi 1080p atau biasa disebut Full HD.

Benchmark SanDisk Ultra 16GB

Di atas kertas, microSD buatan perusahaan yang bermarkas di Milpitas, California ini memiliki kecepatan baca sampai 98MB per detik. Tapi apakah benar secepat itu?. Oh tentu tidak, itulah sebabnya benchmark test diperlukan.

Baca juga :

Perngujian dilakukan dengan Cross Platform Disk Test, sebuah aplikasi benchmark Android yang dikhususkan untuk menguji storage.

Benchmark MicroSD SanDisk Ultra 16GB

Dengan test file size 1GB, berikut skor yang kita dapatkan :
  • Sequential Read : 73.76 MB/s (min 44.22, max 79.30)
  • Sequential Write : 15.87 MB/s (min 11.67, max 18.84)
  • Random Read : 3.51 MB/s (min 8.189, max 210.02)
  • Random Write : 1.39 MB/s (min 7.202, max 20.16)

Selanjutnya kita coba untuk menyalin berkas berukuran 2GB dari memori internal ke memori eksternal di Samsung Galaxy A8 Star. Hasilnya selesai dalam 1,35 menit.

Kesimpulan Ulasan

Memory card SanDisk Ultra 16GB Class 10 microSDHC UHS-I menawarkan kinerja yang cukup baik. Buka tutup gambar di Galeri, copy-paste file, proses simpan foto dan video juga lumayan kencang.

Ukurannya yang hanya 16GB membuatnya kurang cocok untuk pengguna yang suka menyimpan banyak berkas di device-nya.

Sebaiknya pilih kapasitas lain :
  • SanDisk Ultra microSDHC 32GB
  • SanDisk Ultra microSDHC 64GB
  • SanDisk Ultra microSDHC 128GB

Itu saja tentang ulasan SanDisk Ultra 16GB asli yang bisa kita bagikan. Jika ada yang ditanyakan jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar. Like dan follow Umahdroid untuk mendapatkan update ulasan aksesoris HP lainnya.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan