KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Perbedaan Harddisk WD Blue, Black, Red, Gold, dan Purple

Arti warna dan Jenis Hardisk WD - Hardisk adalah salah satu komponen komputer yang digunakan untuk menyimpan data. Western Digital (WD) adalah sesepuh dalam bisnis media penyimpanan. Namun apakah kalian tahu jika WD memiliki beberapa varian harddisk WD.

Pengelompokkan warna harddisk WD mulai dari Blue, Green, Black, Red, Gold, hingga Purple tentu bukan tanpa tujuan. Masing-masing warna tersebut dibuat untuk mewakili performa, fungsi, serta harga dari HDD tersebut.

Dengan demikian konsumen bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Jenis Hardisk WD

Jika kalian belum tahu apa perbedaan jangan kawatir karena kali ini kita akan bahas semua varian tersebut sebagai referensi saat membeli harddisk laptop maupun desktop baik internal maupun external storage dari merk yang terkenal awet ini.

WD Blue

Hardisk jenis pertama ini mungkin yang paling familiar. WD Blue cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena memiliki keseimbangan antara performa dan reliability yang baik.

WD Blue Internal

Kita akan dengan mudah menemukan WD Blue di komputer branded dan laptop-laptop kelas konsumer di pasar.

WD Green

Hardisk Western Digital Green umumnya sama dengan WD Blue namun memiliki performa dibawahnya. Perbedaan WD Blue dan Green lain yakni lebih ramah lingkungan karena bekerja di suhu yang lebih rendah.

WD Green dibekali fitur Smart Rpm yang dapat menurunkan rpm hingga 5400rpm saat melakukan pekerjaan ringan dan meningkat sampai 7200rpm ketika melakukan pekerjaan berat dengan kombinasi teknologi intelliSeek dan IntelliPower.

Baca juga :

Perlu diketahui, Western Digital telah menghentikan produksi WD Green dan menggantinya dengan SSD WD Green SATA.

WD Black

Jika kalian mengincar performa maksimal, Black adalah pilihan tepat. Semua versi WD Black dilengkapi dengan standar 7200rpm, untuk meningkatkan kecepatan baca-tulis data.

WD Black Internal

HDD ini sangat cocok untuk PC gaming, PC workstation, dan biasanya juga digunakan pada laptop kelas bisnis.

Karena performanya lebih tinggi, drive ini mungkin menghasilkan lebih banyak panas dan lebih berisik dibanding seri WD lainnya.

WD Red dan Red Pro

WD Red diproduksi untuk ditempatkan dalam NAS (Network Assisted Storage). Jenis ini memiliki kompatibilas yang baik dengan semua sistem NAS populer.

WD Red Nas Storage

Satu yang perlu kalian ketahui, keluarga Red lebih unggul dalam membaca daripada menulis. Dan itu normal untuk sebuah NAS Hard drive. Oh ya, varian ini juga mendukung konfigurasi RAID.

WD Purple

WD Purple merupakan hardisk yang dirancang khusus untuk menampung data dari kamera pengawas (CCTV). Karenanya jenis ini dirancang sedemikian rupa agar dapat bekerja 24 jam penuh.

WD Purple Harddisk untuk CCTV

Jika WD Red unggul dalam kecepatan membaca data, maka Purple justru sebaliknya. HDD jenis ini justru unggul pada kecepatan menulis data.

Varian ini dibekali dengan fitur AllFrame and Advanced Format Technology (AFT) yang berfungsi untuk meminimalisir kesalahan dan resiko dalam menyimpan video / hilangnya rekaman video.

WD Gold

Varian berwarna emas ini adalah kelas tertinggi diantara semua varian hard disk buatan perusahaan yang telah mengakuisisi Sandisk ini.

WD Gold Harddisk untuk Server

WD Gold diperuntukan untuk data center atau server karena memiliki efisiensi daya lebih tinggi dan kinerja yang lebih tinggi berkat adanya teknologi HelioSeal untuk mengurangi TCO (Total Cost of Ownership) server dan sistem penyimpanan.

Baca juga :

Mereka mengklaim WD Gold dapat menangani hingga 550TB/tahun data dan 2 juta jam waktu operasi. Drive ini juga dilengkapi dengan fitur StableTrac, Multi-axis shock sensor, dan Dynamic fly height technology.

Kesimpulan

Adanya kode warna hard disk WD dapat digunakan sebagai solusi memilih media penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Berikut rangkumannya :
  • WD Blue digunakan untuk tujuan dan komputasi umum
  • WD Green abaiakan saja, karena sudah tidak diproduksi
  • WD Black cocok untuk pengguna segmen multimedia, desain, dan gaming
  • WD Red adalah drive yang dioptimalkan untuk NAS storage
  • WD Purple untuk security systems seperti CCTV
  • WD Gold dirancang untuk data center dan server

Jadi itulah kelebihan, kekurangan, fungsi dan perbedaan tentang HDD WD Black, WD Blue, WD Red, WDC Green, WD Purple, dan WD Gold. Semoga bisa menjadi referensi memilih storage yang tepat untuk laptop atau komputer kalian. Terimakasih!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan