KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

10 Jajaran Aplikasi Cloud Gratis untuk HP Android Terbaik 2023

Aplikasi Cloud Android Terbaik - Kebutuhan akan memori yang terus bertambah, tuntutan pekerjaan OTG membuat aktivitas menyimpan data di penyimpanan cloud sudah jadi hal yang lumrah di era digital ini. Terlebih lagi ketika smartphone sudah "menjajah" seluruh lapisan masyarakat.

Efisien, praktis, hemat penyimpanan internal, dukungan download / offline, bisa dibuka kapanpun dan dimanapun adalah beberapa keuntungan backup menggunakan layanan cloud storage.

Tentu, kemudahan berbagi file dengan orang lain tidak boleh dikesampingkan.

Aplikasi Cloud Gratis

Nah berikut adalah cloud storage services dan aplikasi cloud paling aman di ponsel Android yang telah Umahdroid kumpulkan. Seluruhnya tersedia di Play Store, jadi silahkan pilih sesuai kebutuhan kalian.

Google Drive

Ururan pertama ada Google Drive, salah satu aplikasi penyimpanan awan paling populer seantero jagat perponselan, karena biasanya sudah disematkan dari bawaan pabrik aka out of the box.


Cukup dengan akun Google, kita bisa menikmati 15GB secara cuma-cuma.

Salah satu kekurangannya adalah Google Drive limit akses ketika dibuka oleh banyak orang sekaligus dalam rentang waktu tertentu. Tapi untuk hal lain, Drive sangat recommended karena cepat dan stabil.

Box

Box.com didirikan pada tahun 2005 lalu oleh Aaron Levie, Dylan Smith, Sam Ghods, dan Jeff Queisser. Perusahaan yang berkantor di Redwood City, California ini memiliki aplikasi cloud untuk PC dan ponsel pintar.

Box Cloud App Screenshot

Pengguna baru dapat mendaftar untuk akun pribadi secara gratis dan mendapatkan 10GB. Selain itu ada paket :
  • Personal Pro ($11.50/month)
  • Starter ($5.80/month)
  • Business ($17.30/month)
  • Business Plus ($28.70)

Box Drive Desktop tersedia untuk Mac dan Windows, sedangkan Box Apps Mobile tersedia untuk ponsel dan tablet Android, Blackberry, serta iPhone, dan iPad.

OneDrive

Microsoft OneDrive merupakan opsi cloud storage populer karena terintegrasi dengan berbagai produk buatan Microsoft, mulai dari aplikasi office hingga PC dengan sistem operasi Windows.

Microsoft OneDrive Screenshot

Untuk paket basic, kita akan mendapatkan kapasitas 5GB gratis dengan opsi upgrade ke 100GB dengan membelinya Rp.31000/bulan.

Mega

Butuh cloud terbesar tanpa embel-embel uji coba aka trial blablabla?. Mega adalah jawabannya. Pengguna akan mendapat free space sebesar 50GB. Ini sangat cukup untuk menyimpan berkas secara daring.


Aplikasi secure cloud storage ini tersedia untuk mobile dan desktop :
  • Android
  • IOS
  • Linux
  • Mac OS X
  • Windows

Itu artinya kita bisa sync data lintas platform. Misalnya, upload di ponsel lalu download di PC. Jika diperlukan, pengembang juga memberikan opsi integrasi dengan browser populer seperti Chrome, Firefox, dan Safari.

Dropbox

Dropbox merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna gadget. Fitur auto-upload dan integrasi dengan aplikasi lain adalah kelebihannya.


Sayangnya versi gretongan dari layanan penyedia peyimpan data awan ini hanya 2GB saja. Untuk paket Dropbox personal dan tim lain bisa dilihat pada tabel.

PaketKapasitasHarga
Plus2TB$9.99/bulan
Standard3TB$12.50/bulan
Professional3TB$16.58/bulan
AdvancedUnlimited$20/bulan

Sama seperti Mega, aplikasi yang terkadang menjadi aplikasi bloatware di beberapa ponsel juga memiliki aplikasi untuk beragam platform, seperti :.
  • Android
  • IOS
  • Linux
  • Mac OS X
  • Windows

Oh ya, untuk informasi tambahan saja, Dropbox Linux tidak support NTFS.

Yandex Disk

Bisa dibilang Yandex adalah Google-nya Rusia. Mereka memiliki search engine, map, browser, email, news, market, translator, transport, hingga asisten pintar sendiri bernama Alisa.

Yandex Disk Screenshot

Pengguna akan diberikan kapasitas gratis sebesar 10GB untuk menyimpan data dari HP ke server, berbagi data yang sudah diunggah, dan mengunduhnya.

Resilio Sync

Resilio Sync atau yang sebelumnya lebih dikenal sebagai BitTorrent Sync merupakan solusi cloud storage terbaik untuk pengguna yang menginginkan penyimpanan awan sendiri.

Resilio Sync Screenshot

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menggunakan desktop, laptop, NAS, tablet, atau bahkan server buatan sendiri.

Baca juga :

Resilio Sync beroperasi seperti Dropbox, Google Drive, dll, tapi menggunakan mesin kita sendiri. Pendekatan semacam ini sangat cocok untuk user yang concern terhadap privasi dan keamanan data.

Nextcloud

Model bisnis Nextcloud sama seperti Resilio Sync. Kita membuat Nextcloud Server sendiri di komputer desktop lalu menyinkronkan dengan ponsel.


Ini sangat cocok untuk pengguna yang menyukai penyimpanan awan tapi tidak ingin file pribadinya berada di server perusahaan lain. Satu-satunya limit yang ada adalah kapasitas mesin kita sendiri.

Mediafire

Mediafire bisa digunakan untuk backup foto, video, musik, dan dokumen kemudian mengaksesnya via smartphone, tablet, komputer, atau web tanpa repot-repot membawa flashdisk kapanpun dan dimanapun.

Mediafire Android App

Ruang penyimpanan 10GB gratis bisa dinikmati dengan paket basic.

Sayangnya aplikasi Mediafire untuk Android sudah lama sekali tidak mendapatkan peremajaan. Di halaman Google Play Store jelas tertulis update aplikasi terakhir pada 1 November 2017.

Amazon Drive

Selain dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar di dunia, Amazon juga merambah sektor lain di dunia teknologi. Salah satunya adalah bisnis cloud.

Amazon Drive Screenshot

Free storage sebesar 5GB bisa kita dapatkan secara cuma-cuma ketika membuat akun Amazon Drive. Aplikasinya bisa dicari dan diinstal secara gratis di toko aplikasi Android Google Play Store.

Dari seluruh aplikasi penyimpanan data awan diatas mana yang menurut kalian terbaik?. Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar dibawah ya.
3 komentar

3 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Artur
    Artur
    21 September
    • Kunjungi profil
    Tanya min. recent dropbox itu tidak bisa dihapus kah? Ganggu bnget
    • Artur
      Tiwo Satriatama
      21 September
      • Kunjungi profil
      Engga bisa. Developernya budek, udah banyak diminta user dari dulu tapi engga digubris
    • Artur
      Artur
      21 September
      • Kunjungi profil
      Okok. thanks infonya min
    Reply