KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Google Larang Aplikasi Mining Cryptocurrency di Play Store

Bitcoin di Play Store - Google kembali memperbarui kebijakan distribusi aplikasi di Play Store. Kali ini raksasa mesin pencari ini melarang beberapa kategori aplikasi. Salah satu kategori yang dilarang tersebut adalah aplikasi penambang cryptocurrency seperti Bitcoin.

Keputusan pelarangan aplikasi mining cryptocurrency ini muncul setelah satu bulan sebelumnya Apple memperbarui kebijakan serupa untuk App Store iOS dan Mac App Store untuk menghindari penggunaan sumber daya sistem berlebihan.

"Kami tidak mengizinkan semua aplikasi yang menambang uang kripto pada gawai-gawai kami," tulis Google pada bagian Financial Instrument dalam Developer Policy Center.

Aplikasi Mining Bitcoin Android Play Store

Meski melarang aplikasi minin bitcoin untuk Android, namun keduanya masih memberi toleransi untuk aplikasi berbasis cloud atau yang bekerja secara remote.

"Satu-satunya aplikasi penambangan mata uang kripto yang diizinkan adalah aplikasi yang melakukan penambangan di luar perangkat, seperti penambangan berbasis cloud," tulis Apple.

Pembaruan kebijakan ini merupakan buntut dari larangan Google tentang ekstensi crypto miner di toko online Chome April lalu.

Ancaman Mobile Cryptocurrency Mining

Tren penambangan kripto memang berkembang pesat, terutama setelah kenaikan fantastis harga bitcoin tahun lalu. Dan awal tahun ini, Cybersecurity, Malwarebytes, merilis laporan tentang teknik cryptojacking baru yang dipakai hacker.

Baca juga :

Teknik ini mampu mengendalikan jutaan perangkat yang telah terinfeksi untuk mining.

Monero Cryptocurrency Miner

Dengan menggunakan browsing redirection, pengguna akan dialihkan ke situs dengan skrip berbahaya yang sudah dirancang membajak processor telepon untuk menambang cryptocurrency Monero.

Pada bulan Februari silam, Netlab360 juga menemukan bahwa sekitar 7.000 perangkat yang terhubung ke internet di China terhubung ke jaringan botnet yang dibuat untuk menambang.

Perubahan Lain

Setelah memperbarui isi Developer Policy Center, Google kini juga melarang kehadiran aplikasi yang mirip atau memberikan pengalaman serupa dengan aplikasi yang sebelumnya sudah ada di toko Android tersebut.

Baca juga :

"Kami tidak mengizinkan aplikasi yang hanya memberikan pengalaman yang sama seperti aplikasi lain yang sudah ada di Google Play Store. Aplikasi baru seharusnya memberikan nilai kepada pengguna melalui pembuatan konten atau layanan unik," kata Google.

Itulah perubahan kebijakan Google terkait aplikasi mining bitcoin Android dan sebangsanya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di posting selanjutnya. Terimakasih!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan