KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

10 Daftar Search Engine Terbaik Selain Google yang Patut Dicoba

Mesin Pencari Terbaik - Google memang dikenal sebagai search engine paling populer di dunia. Dukungan algoritma yang kuat, user interface yang mudah dipahami, serta fitur yang cukup lengkap membuat user tidak kesulitan dan betah memakainya.

Yang paling menyebalkan adalah saat akan Googling malah muncul reCAPTCHA. Itu loh I'm not Robot yang suka membuat emosi. Pertama, dia butuh koneksi internet. Jadi jika koneksi kita lambat, maka load gambarnya juga lama.

Kedua, "tantangan setan" ini kadang tidak habis-habis. Sudah begitu sering dianggap salah, jadi harus mengulang.

Kumpulan Search Engine Alternatif Google

Itulah salah satu alasan mengapa kita suka memakai alternatif penyedia jasa pencari konten website selain milik perusahaan yang termasuk ke dalam the big four technology company selain Amazon, Apple, dan Facebook.

Bing

Meskipun margin Bing dengan Google cukup besar, tapi di beberapa aspek Bing memiliki kinerja yang lebih baik. Salah satu yang menurut kita cukup menarik adalah program reward yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan poin.

Bing Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan

Poin tadi nantinya dapat ditukarkan di toko resmi Microsoft Windows. Tampilan dan fiturnya sangat mirip dengan Google, ada :
  • Pencarian terkait
  • Gambar serupa
  • Visual search
  • Setelan safe-search
  • Prediksi kueri
  • dan seterusnya

Hal yang paling kita suka adalah Bing punya kemampuan canggih preview dan save di hasil dari penelusuran video tanpa harus mengunjungi website aslinya. Tinggal swipe saja ke kiri.

DuckDuckGo

Apabila kalian mencari mesin pencari paling akurat yang tidak diblokir, respek dengan privacy, cobalah DuckDuckGo. Mereka tidak mengumpulkan dan menyimpan informasi pribadi pengunjung. Hasil penelusuran tampil terhitung cepat.

DuckDuckGo Mesin Pencari Tanpa Filter

Pilihan ini bisa kita ubah dengan mengakses menu hamburger lalu pilih Other Settings. Enaknya lagi, pengguna bisa merubah gaya huruf, mengatur tema, video playback, dan masih banyak lagi.

Mungkin kelebihan itu yang membuat pendiri sekaligus CEO Twitter, Jack Dorsey memilih untuk menggunakan DuckDuckGo ketimbang Google.

Qwant

Layanan dengan jargon the search engine that respects your privacy ini merupakan mesin pencari yang berbasis di Prancis. Sama seperti DuckDuckGo, mereka juga tidak mengumpulkan data pribadi pengguna untuk target iklan.

Qwant Private Search Engine

Enaknya lagi, Qwant memiliki Qwant Junior yang didedikasian untuk anak-anak, sehingga konten yang tampil dijamin aman dan edukatif.

Baca juga :

Jelas ini sangat baik untuk para orang tua yang kawatir buah hatinya terpapar konten dewasa. Untuk alamatnya bisa diakses di qwantjunior.com. Yang cukup disayangkan adalah mereka tidak mendukung Bahasa Indonesia.

Yahoo!

Jika ada teman kalian yang email-nya Yahoo harusnya dia sudah jadi bapak atau minimal sudah berumur (jika tidak ingin disebut tua). Layanan mereka memang sangat populer sebelum Google, apalagi untuk anak yang lahir pada tahun 90an.

Yahoo Mesin Pencari Web Selain Google

Data dari statistica menunjukan jika Yahoo menempati posisi mesin pencari paling populer ketiga setelah Bing. Mereka juga menawarkan :
  • Layanan email gratis
  • Portal agregator berita
  • Kanal tanya-jawab

Pada kondisi tertentu, Yahoo menjadi mesin pencari default untuk browser besar seperti Mozilla Firefox. Mungkin juga kalian sering memakainya.

Yandex

Bisa dibilang Yandex adalah Google-nya negara Rusia. Mereka juga mempunyai layanan map, browser, email, news, market, translator, cloud service, analytics, transport, market, hingga asisten pintar sendiri bernama Alisa.

Mesin Pencari Dasar yang Digunakan Yandex

Yandex memiliki market share sekitar 55% sampai 65% di negeri beruang merah. Di bagian bawah halaman ada tombol Bing dan Google.

Jadi saat visitor tidak menemukan apa yang dicari, Ia bisa mengklik salah satunya untuk menelusuri keyword dengan mesin lain. Ini cukup unik, mengingat kedua SE tersebut adalah saingannya.

Search Encrypt

Di urutan selanjutnya ada Search Encrypt, sebuah mesin pencarian metasearch yang menggunakan enkripsi SSL untuk melindungi data pengguna saat melakukan penelusuran sebelum dikirim ke server.

Search Encrypt Mesin Pencari Paling Aman

Fitur yang paling kita suka dari mesin pencari tanpa filter internet ini adalah auto-expired history yang otomatis aktif ketika pengguna tidak melakukan aktifitas dalam 30 menit. Hasil searching otomatis kedaluwarsa dan tidak dapat dilihat lagi.

Startpage

Pernah dengar ixquick?. SE yang diluncurkan pada 1998 oleh David Bodnick di New York ini mengembangkan mesin lain, sebelum akhirnya pada tahun 2009, mereka melebur keduanya menjadi satu merek Startpage.

Sartpage Search Engine Terbaik Anonymous

UI-nya (terutama bagian header) sangat mirip dengan Google, tapi lebih minimalis.

Baca juga :

Startpage dibekali fitur Anonymous View untuk mengakses suatu site dengan proxy. Salah satu yang menjadi kekurangan dari Startpage adalah hasil penelurusan yang kurang lengkap.

SearX

SearX adalah mesin metasearch open source yang mengumpulkan hasil dari mesin pencari lain. SE dengan tagline a privacy respecting, hackable search engine ini tidak memiliki iklan dan tracker sama sekali.

SearX Mesin Pencari Paling Ringan

Kita dapat dengan bebas menyetel plugins, mengaktifkan beberapa engine sekaligus dengan mengakses Preferences, diantaranya :
  • Bing
  • Erowid
  • Google
  • Duckduckgo
  • Mojeek
  • Qwant
  • Reddit
  • Wikipedia
  • Yahoo
  • Yandex
  • dll

Searx.me juga dilengkapi dengan beberapa tema bawaan, bahasa, setelan sumber gambar, dan pengaturan lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Swisscows

Sebelumnya dikenal dengan nama Hulbee, Swisscows menyebut dirinya sebagai mesin pencari semantik yang ramah keluarga karena dibangun dengan filter bawaan untuk mencegah netter dari konten purnugrafi dan kekerasan.

Swisscows Encrypt Mesin Pencari Paling Bebas

Tapi bagian terbaiknya adalah lokasi server yang berada di Swiss. Negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen ini dikenal sebagai negara dengan undang-undang privasi paling ketat di dunia.

Itulah mengapa kita memilih ProtonVPN sebagai aplikasi VPN Android untuk membuka situs yang diblokir internet positif.

Ask.com

Ask awalnya bernama Ask Jeeves adalah mesin pencari web tanya jawab yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat.

Ask Mesin Pencari Paling Populer

Layanan ini disukai banyak orang karena layout yang dipakai sangat sederhana, sehingga pengguna awampun akan dapat dengan mudah memakainya.

Itulah kumpulan mesin pencari yang paling banyak digunakan selain Google. Jika ada kekurangan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ikuti akun sosmed Umahdroid untuk medapatkan artikel tekno terbaru lainnya. Terimakasih!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan