KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Solusi Layar HP AMOLED Bercak Ungu Dan Menyebar Hingga Full

Layar HP Berubah Ungu - Layar touchscreen pada ponsel pintar adalah komponen vital. Ia berperanan penting sebagai fungsi kontrol dan navigasi. Bila terjadi kerusakan pada layar HP, kita akan kesulitan mengontrol HP Android.


Salah satu contoh masalah layar AMOLED dan Super AMOLED adalah terjadinya perubahan warna di panel menjadi ungu atau pink. Bercak ungu di layar HP muncul secara mendadak, tanpa permisi - tanpa izin.


Penyakit ini paling sering terjadi dan ditemukan di perangkat Samsung, entah seri A, M, S, Note, atau keluarga lain yang dibuat oleh perusaahn Korea Selatan ini.


Layar HP Berubah Warna Jadi Ungu

Kalian bisa coba memasukan kata kunci "layar hp ungu" di mesin pencarian gambar Google, DuckDuckGo, Bing, Yandex, atau Startpage. Rata-rata masalah ini ada di telepon genggam Android Samsung.


Meski begitu, kita tidak menutup kemungkinan ini terjadi di merek lain dengan tipe layar yang sama, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, misalnya.


Penyebab Layar HP Tiba-Tiba Jadi Berwarna Ungu

Dikutip dari Techinpages, layar HP bisa berwarna ungu disebabkan karena kerusakan pada komponennya. Layar retak di bagian dalam dan cairan (liquid) pada panel lalu merembes ke permukaan.


Baca juga :


Cairan yang merembes tadi akhirnya membuat panel layar berwarna ungu. Dari yang hanya beberapa titik atau garis sampai memenuhi layar.


Mengatasi Layar Samsung Bercak Ungu

Gambar di atas adalah kondisi yang terjadi pada Samsung Galaxy A8 Star yang sudah kita pakai beberapa tahun terakhir. Di hari pertama kemunculannya, noda kampret ini hanya muncul sedikit dari pojok kiri bawah layar.


Seperti virus tanpa vaksin, Ia akan semakin membesar dari hari ke hari dan akan terus seperti itu sampai memenuhi layar sentuh tanpa terkendali.


Keretakan layar di bagian dalam dan membuat cairannya merembes itu bisa disebabkan karena HP terjatuh atau layar HP sering mendapat tekanan. Tapi dalam kasus kita, kedua faktor tersebut tidak valid.


Warna ungu ini muncul saat sore. Dari pagi sampai siang kita pakai masih normal. HP kita gunakan di meja kerja, tidak tertekan, apalagi terjatuh atau terbentur.


Cara Mengatasi Layar Ponsel Yang Berubah Warna

Sekarang kita masuk ke bagian mengenai bagaimana cara menghilangkan warna ungu di layar HP supaya kembali normal. Di poin sebelumnya di atas kita sudah tulis, ini merupakan kerusakan komponen HP.


UPDATE! HP sudah diberbaiki di Pusat Perbaikan. Cerita lengkap dan biaya yang dikeluarkan bisa dilihat pada artikel baru. Cek link di akhir artikel.


Bicara soal masalah komponen, itu berarti kerusakan ada di tingkat hardware atau perangkat keras, bukan software atau perangkat lunak.


Biaya Ganti LCD Original HP Samsung

Purple screen bleeding tidak bisa diatasi dengan aplikasi, update firmware, or flashing. Kalian perlu membawanya ke bengkel (service center resmi maupun service non resmi seperti counter) HP yang menerima jasa ganti LCD HP.


Berapa harga ganti layar HP?. Maaf soal ini tidak ada patokannya, bahkan untuk pusat perbaikan resmi sekalipun karena tarif tiap daerah berbeda satu sama lain.


Seperti screenshot chat kita dengan technical support Samsung di atas, harga LCD untuk A8 Star original no kw kw no grade A B C sekitar Rp 1.400.000 + Rp 190.000 untuk biaya pemasangan.


Kalian bisa membaca pengalaman kita memperbaiki ponselnya di SSC. Silahkah merapat ke artikel cara mengganti LCD di Samsung Service Center.

6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    10 Februari
    • Kunjungi profil
    Mau tanya abng, apa ngaruh juga pada kamera depan?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      13 Februari
      • Kunjungi profil
      Enggak bang. Camera normal
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 Januari
    • Kunjungi profil
    Kondisi layar samsung tidak bisa disentuh apa bisa disentuh gan
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      21 Januari
      • Kunjungi profil
      Normal mas, touchscreen masih sehat
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    18 Januari
    • Kunjungi profil
    bg kalo ganti lcd bakal kena lagi ga?
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      19 Januari
      • Kunjungi profil
      Nggak bisa diprediksi. Kembali ke pemakaian dan nasib
    Reply