KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengalaman Pribadi Ganti Layar Samsung ORI di Service Center

Layar Samsung Rusak - Jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu kita dapat musibah. Tapi alhamdullillah sekarang normal seperti sedia kala. Masalah yang kita alami tersebut yanki layar HP Samsung berubah warna ungu.


Salah satu kekurangan layar AMOLED dan Super AMOLED adalah munculnya bercak ungu secara tiba-tiba. Awalnya memang sedikit. Tapi jika dibiarkan, Ia akan terus menyebar sampai menutup seluruh layar.


Dalam beberapa waktu (kasus kita kurang lebih satu bulan), screen akan menghitam sampai tidak bisa dilihat sama sekali seperti device yang mati total.


Cara Ganti LCD Samsung Asli No KW

Penyakit ini sering sekali terjadi dan ditemukan di perangkat Samsung, entah seri A, M, S, Note, atau seri lain yang dibuat perusaahn Korea Selatan ini. Meski begitu, bukan berarti merek lain tidak mengalaminya.


Kita tidak akan mengulang cerita lengkapnya. Untuk kronologinya bisa kalian baca lewat link yang ada pada akhir paragraf pertama di atas.


Mengunjungi Samsung Service Center Terdekat

Karena purple screen bleeding bukan masalah software, maka Ia tidak bisa diatasi dengan install aplikasi, update firmware, atau flashing. Kita harus membawanya ke bengkel jasa ganti LCD HP.


Baca juga :


Bengkel jasa yang kita maksud di atas tentunya service center (baik resmi maupun non resmi seperti counter HP terdekat atau perorangan).


Layar HP Berubah Warna Jadi Ungu

Tanggal 21 Februari, kita akhirnya memutuskan untuk mendatangi Pusat Service Center Samsung. Ini adalah kali kedua kali kita mengunjungi service center setelah sekitar 5 tahun lalu kita berkunjung ke ASUS Service Center.


Kebetulan saat itu situasinya memang sedang lengang, jadi kita langsung diterima oleh Mbak Customer Service.


Setelah menceritakan masalahnya, CS meminta ponsel yang bermasalah tadi untuk dilakukan pengecekan. Sepertinya serial number-nya untuk mengetahui statusnya resmi atau black market. Untuk informasi saja, HP non resmi pasti ditolak.


Garansi Samsung Galaxy kita sudah habis, jadi seluruh biaya yang timbul nantinya otomatis akan dibebankan kepada pelanggan.


Pengecekan Smartphone Oleh Teknisi Samsung

Setelah diterima, kita diberi tahu beberapa efek yang mungkin timbul dalam proses perbaikan seperti frame device menjadi transparan dan data hilang. Jadi usahakan kalian backup data HP Samsung.


Jika terjadi pembatalan setelah dicek, kita akan "dipalak" Rp 50.000. Jika setuju, kita bisa langsung tanda tangan nota Tanda Terima Reparasi.


Tanda Terima Service HP Samsung

Setelah itu kita diminta menunggu karena telepon genggamnya langsung diserahkan ke teknisi Samsung untuk dicek lebih lanjut (dibongkar) untuk memastikan komponen yang bejat. Prosesnya tidak lama, sekitar 15-25 menit.


Pengecekan selesai, kita dipanggil. Mereka menjelaskan masalahnya memang benar ada di layar dan untuk ganti LCD Samsung original, biayanya Rp 1.285.000.


Kebetulan suku cadangnya sedang tidak tersedia, jadi kita perlu inden. Untuk itu, kita wajib membayar setengah harga tersebut sebagai Down Payment (DP). Waktu itu kita diminta Rp 500.000 sebagai uang muka.


Menurut teknisi, pengerjaannya membutuhkan sekitar 3-7 hari. Sebenarnya jika saat itu part-nya tersedia, perbaikan bisa ditunggu dan jadi hari itu juga.


Proses Service Ponsel di Samsung Service Center

Urusan dengan SSC selesai. Kita pulang dengan surat Tanda Terima Reparasi yang berisi rincian penggantian "onderdil". Jangan sampai hilang karena kertas ini juga berfungsi sebagai surat pengambilan.


Baca juga :


Seperti kebanyakan layanan perbaikan resmi. Ia juga bisa digunakan untuk cek status perbaikan Samsung. Sayangnya pengalaman kita itu omong kosong.


Cara Cek Status Perbaikan HP Samsung

QR Code memang membuka website resmi yang memang disediakan oleh Samsung agar pelanggan dapat melacak status perbaikan, tapi kita tidak bisa mengeceknya meski nomor telepon dan tiket sudah benar.


Beda dengan pengalaman kita dulu dengan ASUS yang nomor RMA-nya bisa dilacak dengan mulus. Ini adalah kekurangan pertama Samsung Service Center.


Kekurangan kedua ada pada komunikasi dengan konsumen. Sampai hari ke-6 kita masih belum tahu apakah ponselnya sudah diperbaiki atau belum. Bahkan sampai hari ke-9 masih tidak ada kabar.


Padahal saat itu mereka mengatakan jika sudah jadi nanti akan dihubungi. Lagi-lagi, layanan yang diberikan ASUS jauh lebih baik dari Samsung.


Perbaikan Smartphone Samsung Galaxy Selesai

Karena tidak kunjung ada kabar dan merasa seharusnya sudah selesai, di hari ke-10 kita menghubungi nomor Call Center. Benar saja, unitnya sudah jadi dari tanggal 24 dan bisa diambil di Samsung Service Center.


Tanggal 3 Maret, sore hari setelah pulang kerja (sekitar jam 16.00 WIB) akhirnya kita kembali mengunjungi ke SSC.


Harga Layar Samsung Original

Situasinya nyaris sama seperti saat pertama kita datang, sedang lengang, jadi kita langsung bisa menuju Customer Service dan menyampaikan jika kita ingin mengambil ponsel pintar Samsung Galaxy yang sudah di-repair.


Setelah memberikan nota Tanda Terima Reparasi, ponsel kita diambil dan diberikan oleh Mbak CS. Saat itu juga kita diminta untuk mengetes perangkatnya.


Masukan SIM dan MicroSD, tes sinyal, WiFi, Bluetooth, speaker, microphone, kamera (depan & belakang), sensor sidik jari, tombol power dan volume, kemampuan touch screen serta uji dead pixel lewat *#0*#.


Semua lulus tanpa isu layar HP Samsung kurang responsif. Begitu semua fungsionalitas normal, sisa pembayaran kita lunasi dengan uang tunai.


Kondisi Setelah Perangkat Samsung Dibongkar

Apakah ada akibat HP dibongkar atau kekurangan setelah telepon genggam cerdas diperbaiki oleh Samsung?. Untuk layar tidak. Kondisinya kembali prima seperti sebelum kena masalah ungu menyebar.


Baca juga :


Tapi untuk bagian lain ada. Inilah yang luput dari pengetesan kita. Backdoor atau tutup belakang ponsel pada bagian pojok bawah kurang rapat.


Backdoor HP Samsung Renggang

Memang tidak yang sampai mengganggu dan toh akhirnya juga ditutup dengan soft case. Tapi tetap saja, hal tersebut tidak menghilangkan fakta bahwa ada kurang ketelitian dan kerapihan pekerjaan.


Kedua, meski secara fungsi 100% nomal, fingerprint sekarang sedikit goyang ketika ditekan atau di-tap. Sebelum dibongkar tidak ada.


Oya penting untuk kita informasikan, spare-part resmi Samsung memiliki masa garansi selama 3 bulan. Jadi jika ada kerusakan, pengguna bisa klaim Return Merchandise Authorization.


Itu saja pengalaman memperbaiki layar HP Samsung yang berubah warna yang bisa Umahdroi bagikan. Semoga bermanfaat dan berkah. Terimakasih!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan