KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Review Android 8 Oreo Zenfone 3 dan Fitur Baru yang Dibawa

Zenfone 3 Android 8.0 Oreo - Akhirnya versi OS besutan Google yang didambakan oleh pengguna Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL resmi dirilis 29 Januari 2018 lalu. Pengguna tidak dikecewakan karena perusahaan asal Taiwan ini menepati janjinya menyuguhkan Android Oreo untuk Zenfone 3.

Klaim Asus yang merubah tampilan ZenUI menjadi lebih segar, intuitif, namun tetap minimalis benar-benar terasa di update sistem mayor kali ini.

Bagi kalian yang tidak mendapatkan notifikasi update atau sudah berkali-kali mencoba check update namun belum juga mendapatkan pencerahan, jangan kawatir!.

Asus Zenfone 3 Oreo

Kalian bisa mengatasinya dengan membaca tutorial update manual Zenfone 3 ke Oreo.

Di posting tersebut kita juga jelaskan secara gamblang mengenai syarat serta langkah demi langkah yang mesti kalian lakukan.

Tampilan Asus ZenUI 4.0

Hal pertama yang membuat kita jatuh cinta adalah user interface baru yang terlihat jauh lebih minimalis dibanding versi sebelumnya. Secara personal, antar muka tipe seperti ini adalah favorit admin.

#1 Quick Shortcut

Tampilan quick shortcut pada notifikasi panel dengan kombinasi warna hitam gelap, icon hijau, dan efek blur pada Android Marshmallow dan Nougat sudah tidak kita jumpai lagi di Asus Zenfone Oreo.

Notifikasi Panel Zenfone 3 Oreo

Asus menggantinya dengan background putih. Warna ikon berubah menjadi abu-abu pada kondisi tidak aktif, biru saat aktif, dan sedikit animasi.

Tidak ketinggalan, icon baterai, sinyal, wifi, dll kini lebih ramping.

#2 Settings

Perubahan lebih besar terlihat di bagian pengaturan. Butuh beberapa saat untuk menyesuaikan diri dengan setelan Android Oreo Zenfone 3 ini karena tata letak menu berubah cukup signifikan.

Tampilan Settings Zenfone 3 Oreo

Sebagi contoh, menu Wifi, Mobile Network, Bluetooth, dan Data Usage yang dulunya langsung tampil ketika membuka Settings sekarang sudah dikelompokan menjadi satu dalam menu Connections.

Fitur Baru

Ada beberapa hal menarik mengenai fitur Android Oreo Zenfone 3 seperti PiP (Picture in Picture),  Twin Apps, dan Long screenshots. Keduanya menjadi fitur yang sangat memudahkan hidup. Imbasnya, UX meningkat derastis.

#1 PiP / Picture in Picture

Akhirnya fitur yang lama ditunggu Picture in Picture mode sudah tersedia secara default di Android Oreo. YouTube, Google Chrome, VLC, adalah contoh aplikasi yang support dengan fitur ini.

Picture in Picture Asus Zenfone

Diatas adalah tangkapan layar saat kita menonton video menggunakan pip.

Untuk yang masih menggunakan Android Nougat, Marshmallow, atau bahkan Lollipop jangan kawatir!. Kalian juga bisa menikmati fitur gambar dalam gambar dengan tutorial multi-window video.

#2 Twin Apps

Fitur baru Zenfone 3 Oreo ini menjadi fitur paling menarik selanjutnya. Pengguna akan lebih mudah memanajemen multi akun di aplikasi tertentu.

Twin App Zenfone Tanpa Aplikasi

Cukup gunakan Twin Apps yang tersedia di Android 8.0 Oreo (tanpa aplikasi tambahan), 2 akun bisa kita kelola dalam 1 sistem tanpa memasang WhatsApp,  BBM Clone dan aplikasi cloner. Praktis!.

#3 Long Screenshot

Tangkapan layar kerap dijadikan user sebagai media pendukung saat sharing. Masalahnya, terkadang screenshot dari objek yang ingin kita ambil kurang panjang. Jadi kita mesti beberapa kali mengambil tangkapan layarnya.

Membuat Screenshot Panjang di Zenfone

Enaknya, Zenfone 3 ZE520KL/ZE552KL yang sudah berjalan Android 8 dibekali Long Screenshot agar dapat memuat lebih banyak konten dalam satu tangkapan layar.

Hemat tenaga, hemat waktu, dan hasilnya maksimal. Silahkan masuk ke tutorial screenshot panjang di Zenfone.

Performa

Sekarang kita bahas dari sudut perubahan kinerja Zenfone 3 Android Oreo. Selama penggunaan beberapa hari ini, perubahan dari Nougat ke Oreo menunjukan peningkatan performa positif.

Berikut tampilan running background process yang kita ambil :

Performa Android Oreo Asus Zenfone

Kinerja meningkat cukup signifikan, animasi sangat halus (smooth), multi-tasking, perpindahan, dan buka tutup aplikasi lain cukup gegas. Rasanya seperti saat masih menggunakan Android Marshmallow.

Peningkatan lain yang kita rasakan sejauh ini antara lain :
  • ZenMotion double tap to wake up lebih responsif
  • Tombol recent-app lebih waras

#1 Daya Tahan Baterai

Ada perubahan positif, ada juga perubahan negatif. Masalah klasik di smartphone adalah daya baterai itu sendiri. Kabar buruknya, baterai Asus Zenfone 3 dengan Android Oreo lebih boros.

Baterai Zenfone 3 Boros

Seperti sudah menjadi rutinitas, pagi sebelum aktifitas HP kita cas sampai 100% penuh. Untuk sampai ke 15% biasanya sekitar jam 9-11 malam. Tapi setelah update sistem, paling sore sekitar pukul 5-6 sudah mesti charge.

Pengguna yang intensif sebaiknya siap sedia power bank untuk jaga-jaga.

#2 Sign in to Network

Entah bagaimana ceritanya pesan masuk ke jaringan lebih sering muncul dari pada saat masih 7.0 Nougat. Disini kita menggunakan paket Yellow 1GB dari Indosat.

Pesan Sign in to Network

Bagi yang mengalami pesan masuk ke jaringan di Zenfone, silahkan baca artikel yang pernah kita share di solusi Sign in to Network Zenfone.

Secara keseluruhan, Android Oreo 8.0 pada Zenfone 3 menunjukan perubahan positif dibanding versi sebelumnya. Namun ada beberapa bug yang mungkin akan diperbaiki Asus melalui pembaruan sistem nantinya.

Bagaimana pengalaman kalian menggunakan Zenfone 3 setelah upgrade ke Oreo?. Bagikan lewat kolom komentar dibawah ya. Terimakasih sudah berkunjung!. Credit photo by GadgetGaul via YouTube.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan