Cara Menggunakan Picture in Picture di Zenfone Oreo

10:12
Tutorial PiP Android Oreo - Akhirnya fitur picture-in-picture yang ditunggu-tunggu oleh pecinta jagad smartphone sudah tersedia dan bisa dinikmati secara default di Android 8 Oreo. YouTube, VLC, Google Map, Play Moves, dan Google Chrome adalah contoh aplikasi yang sudah support PiP. Aplikasi lain mestinya segera menyusul untuk meningkatkan UX (User Experince).

Terkadang saat menonton video di ponsel, ada saja urusan lain yang harus diselesaikan, membalas Email misalnya. Sebelumnya di Nougat, Google menambahkan split screen mode. Harus kita akui, multi window belum cukup mempuni karena fitur tersebut tidak dirancang untuk pemutaran video.

Bisa sih. Tapi akan sangat merepotkan, terlebih lagi saat digunakan sembari mengetik.


Kekurangan itulah yang akhirnya ditambal di generasi kedelapan sistem operasi mobile yang akhirnya membuat pemutaran video lebih bersahabat dengan penambahan mode picture-in-picture (PiP) pada ponsel cerdas dan tablet.

Menggunakan Fitur PIP di Android Oreo

Setiap aplikasi memiliki syarat dan proses yang berbeda dalam menggunakam PiP Window. Sebagai contoh, dalam artikel ini kita akan menggunakan Chrome saja karena browser ini sudah terinstall secara default.

Oh ya, device yang kita gunakan adalah Zenfone 3 yang sudah update ke Oreo beberapa hari lalu. Tentu saja ini hanya contoh, ponsel lain yang sudah menjalankan Android 8 juga dapat ikut mempraktekannya.

PIP di Asus Zenfone Android Oreo

Nah screenshot diatas adalah hasil dari tutorial ini.  Untuk langkah-langkah lengkapnya mengaktifkan PIP mode Android adalah sebagai berikut :
  • Buka Google Chrome Android
  • Lalu akses YouTube (www.youtube.com)
  • Pilih video yang ingin kalian lihat
  • Tap menu (titik 3 yang ada dipojok kanan atas) pilih & berikan ceklis Desktop Site. Halaman akan otomatis refresh dan mengakses YouTube dalam mode desktop
  • Selanjutnya Play video tersebut
  • Tap pada ikon full screen mode
  • Sekarang tekan tombol Home pada HP untuk kembali ke layar utama
  • Taraaaaa.. Video yang sedang kita putar otomatis dalam mode Picture in Picture

Kenapa Aplikasi YouTube Tidak Bisa PiP?

Untuk menikmati picture-in-picture, sebuah aplikasi membutuhkan dan harus support APi baru di Oreo. Dalam hal ini YouTube sudah support, serta bisa dalam mpde PiP jika kalian memiliki akun YouTube Red.

PiP di Lollipop, Marshmallow, Nougat?

Bisa! Namun perlu perlakuan kusus. Kita butuh sedikit trik sederhana agar bisa menikmati fitur ini walaupun ponsel kita masih berjalan Android Lollipop, Marshmallow, dan Nougat (tested by me). Silahkan baca Picture in Picture menggunakan VLC.

Jika kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan tentang tutorial PIP di Android Oreo Zenfone 3 silahkan sampaikan melalui komentar. Share artikel ini jika bermanfaat, follow Umahdroid, dan sampai ketemu di posting selanjutnya. Terimasih!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan masuk daftar SPAM. Terimakasih.