KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Melihat Aplikasi yang Berjalan di Background Asus Zenfone Oreo

Pemakaian RAM Zenfone - Semenjak Marshmallow, sistem Android sudah lebih ringkas. Hal tersebut juga berlaku untuk Asus Zenfone, terlebih lagi semenjak Zenfone update ke Oreo, semuanya tampil lebih minimalis. Sayangnya kita sebagai pengguna sudah tidak bisa lagi melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Bukan berarti fitur show running background process sudah dihilangkan. Masih ada, hanya saja letaknya sudah tidak lagi di menu Apps yang ada di Settings.

Jadi disini kita akan sedikit sharing trik sederhana untuk melihat daftar aplikasi yang berjalan, mengecek jumlah RAM yang terpakai dan yang bebas / tersisa di Asus Zenfone.

Melihat Sisa RAM Zenfone Oreo dan Nougat

Dengan demikian, kita sebagai pengguna lebih bisa memanajemen sistem ponsel kita.

Cek RAM Terpakai Zenfone Oreo

Oh ya, sebenarnya trik ini tidak hanya untuk Android 8 Oreo saja. Kalian yang masih menggunakan firmware lawas Android 7 Nougat juga bisa kok.

Baca juga :

Pertama pastikan mode Developer options sudah aktif. Jika belum, silahkan buka Settings > System > About phone > Software information > ketuk 7x Build number (sampai muncul pesan bla bla bla Developer).

Pemakaian RAM Android Oreo Zenfone 3

Sudah?, sekarang ikuti langkah-langkah dibawah berikut :
  1. Buka menu Settings Zenfone
  2. Gulir kebawah lalu pilih System
  3. Masuk ke Developer options
  4. Tap Running services

Taraaaa, sekarang kelihatan deh aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di Zenfone kita beserta informasi Device memory yang mencakup used, cached, dan free.

Tambahan

Jika ponsel kalian melambat karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan, mungkin menghapus aplikasi yang tidak perlu bisa membantu meningkatkan performa ponsel pintar kesayangan kalian.

Mudah sekali kan untuk melihat sisa RAM di Zenfone Oreo dan Nougat?. Share artikel ini jika bermanfaat, subscribe / like Umahdroid untuk mendapatkan tutorial menarik tentang Android. Terimakasih sudah berkunjung!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan