Mengatasi Zenfone E:failed to verify whole-file signature Saat Upgrade Firmware

10:51
Cara mengatasi tidak bisa upgrade system Zenfone - Kali ini saya akan berbagi tips kembali bagaimana tutorial dan solusi gagal upgrade versi android pada ASUS Zenfone. Sudah banyak sekali user yang mengalami kegagalan saat update ke system yang lebih baru dengan keterangan error "E:failed to verify whole-file signature Saat Upgrade System".

Tidak terkecuali pada tutorial upgrade dan posting-posting firmware dari Kitkat ke Lollipop yang pernah Umahdroid share. Banyak yang menanyakan soal ini. Sobat bisa menjumpainya pada label firmware di blog ini.

Tentunya sobat kecewa, sudah capek-capek download file yang ukurannya besar, berkorban kuota yang cukup besar pula, berharap berhasil up malah menemui masalah ini.

Saya akan jelaskan sedetail yang saya bisa agar sobat bisa segera memperbaikinya.

Mengatasi Zenfone E:failed to verify whole-file signature Saat Upgrade Firmware

Nah diatas adalah gambarnya. Sobat bisa lihat sendiri robot hijau android tumbang dengan tulisan Error! Langsung saja kita bahas satu-persatu mulai dari akar permasalahannya.

1. Penyebab Error failed to verify whole-file signature

Sebelum kita ke solusi, sebelumnya saya akan bahas kulitnya untuk pengetahuan bersama. Mungkin dalam benak sobat akan muncul pertanyaan

"Ane gagal up dari Kitkat ke Lollipop muncul E:failed to verify whole-file signature. Kenapa ya gan?"

Rasanya pertanyaa tersebut tersebut mewakili point penting dalam artikel ini. Jadi penyebab dari error tersbut karena file / packet yang .zip yang sobat download CORRUPT.

1.1 Apa itu Corrupt?

Saya copy dan potong beberapa bagian dari https://en.wikipedia.org/wiki/Data_corruption, berikut penjelasannya tentang Data Corrupttion.

Data corruption refers to errors in computer data that occur during writing, reading, storage, transmission, or processing, which introduce unintended changes to the original data.

For example, if a Microsoft Word file is corrupted, when a person tries to open that file with MS Word, they may get an error message, thus the file would not be opened or the file might open with some of the data corrupted. Some programs can give a suggestion to repair the file automatically (after the error), and some programs cannot repair it.

It depends on the level of corruption, and the built-in functionality of the application to handle the error. There are various causes of the corruption.

Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih seperti dibawah ini :

Corrupt mengacu pada kesalahan data dalam dunia tech yang terjadi dalam menulis, membaca, penyimpanan, transmisi, atau pengolahan, yang menjadikan perubahan yang tidak diinginkan pada data asli.

Sebagai contoh, jika sebuah file Microsoft Word rusak, ketika seseorang mencoba untuk membuka file dengan MS Word, mereka mungkin mendapatkan pesan kesalahan, sehingga file tidak akan bisa dibuka atau file mungkin terbuka dengan beberapa data rusak. Beberapa program dapat memberikan saran untuk memperbaiki file secara otomatis (setelah kesalahan), dan beberapa program tidak dapat memperbaikinya.

Hal ini tergantung pada tingkat korup, dan built-in fungsi dari aplikasi untuk menangani kesalahan. Ada berbagai penyebab korup.

1.2 Kenapa File Corrupt?

Nah sampai disini muncul pertanyaan kembali.

"Kenapa file yang saya download rusak? Padahal saya download dari web resmi ASUS"

Kemungkinan yang palling besar kerusakan pada paket yang sobat download ( dalam kasus ini firmware.zip ) karena koneksi yang tidak stabil.

Ya, koneksi internet yang tidak stabil bisa jadi biang kerok kerusakan pada file yang kita download. Selain itu beberapa juga dalam kasus-kasus tertentu memang file yang diupload sudah rusak dari sananya.

Namun rasanya kecil kemungkinan pihak sebesar ASUS mengunggah corrupt package. Selain fakta teman-teman yang berhasil up dan oprek sana-sini dengan firmware tersebut. Jika memang sudah corrupt dari sananya harusnya, semua orang juga gagal dong.

1.3 Cara Mengecek Firmware Zenfone Yang Corrupt

Point bahasan selanjutnya bagaimana kita tahu package yang kita download corrupt? Ada beberapa metode yang bisa sobat gunakan untuk melakukan pengecekan sempurna atau tidaknya file hasil unduhan sobat. Beberapa diantaranya :

A. Check Hash File
Ini adalah cara yang selalu saya gunakan untuk melakukan pengecekan file. Dalam sebuah file mempunyai nilai hash yang bisa kita hitung menggunakan tools.

Tapi mungkin tidak akan saya jelaskan secara detail, kalo saya jelaskan nanti takutnya postnya terlalu panjang. Monggo sobat bisa baca sendiri di https://id.wikipedia.org/wiki/Hash.

Saya akan berikan contoh langsungnya saja, semoga sobat bisa menangkap maksudnya. Misalkan saya akan mendownload Ubuntu 14.04 (Trusty Tahr).

Hal pertama yang akan saya lakukan adalah mendownload file HASH dalam MD5SUM yang sudah pihak Ubuntu sediakan. Biasanya file Hashes yang disediakan berupa adalah MD5 atau SHA-1.

dccff28314d9ae4ed262cfc6f35e5153 *ubuntu-14.04-desktop-amd64.iso
c4d4d037d7d0a05e8f526d18aa25fb5e *ubuntu-14.04-desktop-i386.iso
01545fa976c8367b4f0d59169ac4866c *ubuntu-14.04-server-amd64.iso
08d25bf879e353686a974b7b14ae7d81 *ubuntu-14.04-server-i386.iso
119cb63b48c9a18f31f417f09655efbd *ubuntu-14.04.1-desktop-amd64.iso
a4fc15313ef2a516bfbf83ce44281535 *ubuntu-14.04.1-desktop-i386.iso
ca2531b8cd79ea5b778ede3a524779b9 *ubuntu-14.04.1-server-amd64.iso
3aa14ca13d52df070870d39306f4a4eb *ubuntu-14.04.1-server-i386.iso
b31731ea6cdbebe1d02f8193db420886 *wubi.exe

Deret angka tersebutlah yang akan menjadi patokan untuk menilai dan mengecek sempurna atau tidaknya file yang nanti saya download. Jika di dalam Operating System Linux, menghitung nilai hash bisa langsung menggunakan terminal.

Untuk sobat yang menggunakan Windows maaf, saya tidak terlalu paham toolsnya, silahkan cari sendiri di internet.

Loncat ke hasil download yang sudah selesai, saya gunakan terminal untuk melihat hasilnya.

Mengecek hasil download corrupt atau tidak lewat terminal linux

Sobat bisa lihat pada gambar diatas, hasil dari angka-angkat tersebut sama (jelas filenya sempurna). Nah apabila nilainya berbeda maka bisa dipastikan paket tersebut corrupt.

Disinilah yang sangat saya sayangkan. Pihak ASUS tidak memberi hash agar usernya bisa mengeceknya terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade.

Saya sudah mengirim email terkait permintaan ini ke ASUS, namun belum ada balasan. Semoga kedepannya mereka mau menyertakannya, agar lebih memudahkan user.

B. Coba Extract File
Dibandingkan dengan metode diatas, cara yang ini tidak bisa menjadi patokan namun bisa dicoba. Cobalah sobat extract hasil pake firmware yang sobat download.

Bila ada error atau tidak bisa sempurna kemungkinan memang filenya corrupt.

OK! Sudah kepanjangan, takutnya malah keblinger :D Kita masuk ke pokok inti dari posting ini untuk melakukan update firmware yang gagal.

2. Fixing Zenfone E:failed to verify whole-file signature

Pada prakteknya error ini bisa terjadi saat upgrading versi. Kurang lebih pesannya seperti ini :

Finding update package...
Opening update package...
Verifying update package...
E:failed to verify whole-file signature from /cache/updae.zip
E:signature verification failed
E:Install of /cache/update.zip failed with status 2
Installtion aborted.
E:Can't open /tmp/update-script.log
E:Installtion failed with status 2
E:Can't open /tmp/update-script.log

2.1 Bahan-bahan

Sebelum eksekusi, pertama sobat harus siapkan bahan-bahannya. Berikut adalah alat-alat yang harus sobat penuhi :

2.2 Eksekusi

Setelah semua bahan diatas sobat siapkan sekarang waktunya pengerjaan. Disini saya buatkan contoh langsung dari Kitkat ke Lollipop versi terakhir yakni 3.23.40.60.

Jadi dari bahan diatas saya gunakan image recovery dari veris 2.22.40.54. Prosesnya sama seperti flash, downgrade dan upgrade.

Tapi akan saya jelaskan kembali mengingat tidak semua orang paham tentang hal ini. Satu lagi, jangan sampai lupa agar selalu melakukan BACKUP data sobat terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkahnya :

Step 1 - Pertama Install Intel USB Driver for Android di PC/Laptop sobat

Step 2 - Extract ABD Fastboot Tool ke dalam folder yang sobat inginkan

Step 3 - Masukan file recovery dan firmware ke folder ADB Fastboot. Kemudian ubah nama recovery image menjadi recov54.img, dan firmware rename jadi user60.zip untuk memudahkan proses nantinya. Agar terhindar dari penamaan ganda .zip yang sering terjadi, aktifkan show extension yang ada pada pengaturan view di Windows sobat

Step 4 - Aktifkan juga USB Debugging pada Developer Mode yang ada di menu Setting Zenfone sobat

Step 5 - Pastikan Zenfone sobat terdeteksi di PC/Komputer/Laptop. Dibawah ini adalah screenshot apabila HH sudah terdeteksi

Cara Downgrade ASUS Zenfone 5 ke Kitkat, Jelly Bean

Step 6 - Matikan ASUS Zenfone 5, kemudian masuk ke Droidboot. Caranya tekan dan tahan tombol power + vol-up secara bersamaan sampai masuk ke mode fastboot.

Jika mendapat masalah stuck di logo USB baca artikel yang sebelumnya sudah saya post Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Zenfone Stuck di Logo USB

Step 7 - Ke PC sobat, masuk ke folder ABD Fastboot tadi, tekan shift + klik kanan, kemudian pilih Open Command Window Here

Step 8 - Setelah jendela Command Prompt terbuka, periksa apakah Zenfone kita sudah terhubung. Untuk mengeceknya ketikan perintah berikut:

fastboot devices

Step 9 - Jika sudah terhubung dengan benar maka akan ada nomor HH. Selanjutnya ketikan perintah :

fastboot flash recovery recov54.img

recov54 adalah nama file recovery yang sudah saya ubah namanya pada langkah 3.

Step 10 - Tunggu hingga proses selesai. Indikatornya muncul OKAY 2x dan Finished. Pastikan juga pada Zenfone sobat muncul OKAY

Step 11 - Kembali ke HP, pilih Recovery. Caranya dengan tombol vol-up/vol-down untuk memindahkan dan tombol power untuk memilih

Step 12 - Ketika menjumpai logo android tumbang, tekan dan tahan tombol vol-down, lalu tekan vol-up satu kali

Step 13 - Sekarang kita sudah berada di Recovery Mode. Geser kebawah kemudian pilih Apply Update From ADB

Step 14 - Kembali ke PC/Laptop sobat. Cek lagi Zenfone :

adb devices

Step 15 - Selanjutnya kita lakukan transfer firmware yang sudah kita disiapkan tadi ke HH. Ketikan command dibawah ini :

adb sideload user60.zip

Step 16 - Setelah selesai 100%, pilih Wipe Data/Factory Reset

Step 17 - Kemudian pilih Wipe Cache Partition dan tunggu sampe selesai

Step 18 - Pilih Reboot System Now

Step 19 - Cheers! ASUS Zenfone sobat suksess langsung Lollipop 3.23.40.60

Dari keseluruhan proses yang ada di PC/Komputer/Laptop sobat, seperti ini screenshotnya :

Mengatasi Zenfone E:failed to verify whole-file signature Saat Upgrade Firmware

Tutorial ini saya test, work di Zenfone 5. Ingin melakukan rooting? Ok! Bila sobat menginginkan akses root, sudah ada tutorialnya. Silahkan baca pada artikel Cara Root ASUS Zenfone 2, Zenfone 4/5/6 Kitkat dan Lollipop

3. Tips Umahdroid

Karena kita sedang membahas tentang kerusakan file setelah selesai download, tips yang mesti sobat perhatikan adalah koneksi internet yang sobat gunakan saat download.

Usahakan menggunakan koneksi internet yang stabil untuk meminimalisir hasil download yang corrupt.

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang Penyebab, Cara Ampuh dan Paling Mudah Mengatasi Zenfone E:failed to verify whole-file signature Saat Upgrade Firmware. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

96 Komentar
avatar

Terima kasih, sangat detail dan membantu...bisa saya jadikan bahan rujukan..
Salam dari Malaysia.

Balas
avatar

Sama-sama kang shah. Semoga bermanfaat dan berkah

Balas
avatar

Kok zenfone kitkat saya error pas mau upgrade ke lolli 60,? Errornya *only android kitkat 4.4.2/ 5.0 "210522~ bla bla bla ... can upgrade

Balas
avatar

saya coba extract file lollipop 60 tidak bisa gan, apakah itu file corrupt? terus apabila file corrupt apa bisa dilanjutkan pakai cara diatas?

Terima Kasih sebelumnya.

Balas
avatar

Memangnya posisi firmware akang ada di berapa?

Balas
avatar

Bisa kang. Sebenarnya ada 2 pilihan. Pertama download packagenya lagi, dan ulangi kembali upgrade manualnya. Terserah akang mau pilih yang mana.

Balas
avatar

slmt mlm master,ane mau tau tanya HH zen5,pas di upgrade sistem auto,sukses masta,tapi pada saat mau loding untuk masuk ke menu nggk bisa masta,loding melulu,MINTA BANTUANNYA gan,posisi HH ane diroot....

Balas
avatar

Zenfone akang bootloop. Bisa gunakan tutorial ini ini juga sebagai solusi. Selamat mencoba, semoga berhasil

Balas
avatar

di hh ane ada pesan gini sist
E: failed to verify whole-file signature
E: signature verification failed
installation aborted.
E: can't open /dev/block/by-name/misc
(permission denied)

ada solusi kah? pls

Balas
avatar

Silahkan akang eksekusi dengan tutorial ini

Balas
avatar

Gan untuk file recovery image zenfone 6 ada ?

Balas
avatar

cara fix e can't open /tmp/update-script.log gmna ya?
tolong bantuin gan

Balas
avatar

Saya tidak punya kang. Ambil saja dari firmwarenya juga bisa

Balas
avatar

Cara mengatasi zenfone 5 yang e can't open /tmp/update-script.log coba pakai cara ini. Ambil file boot.img, fastboot.img, recovery.img dari firmware. Terus flash

fastboot flash boot boot.img
fastboot flash fastboot fastboot.img
fastboot flash recovery recovery.img

Selamat mencoba, semoga berhasil

Balas
avatar

Gan need help, kalau fastboot saya tak sengaja terhapus karena kesalahan flash pertama kali, hh saya cm bisa ke recovery v3.23.40.78 dan setiap saya adb sideload firmware.zip selalu error di 54%. Sudah saya coba downgrade semua tutor harus masuk ke fastboot dulu, nah masalahnya fastboot saya ga ada gan, mohon bantuan.

Balas
avatar

kang mau tanya, kalo mau upgrade apa harus berutuan ya? posisi sekarang sih 1.11.40.1
udah coba upgrade dengan versi kitkat tapi gagal mulu, ada keterangan KESALAHAN. mohon bantuannya kang.

Balas
avatar

Saya pernah baca di forum Zentalk buat nggatasi zenfone hilang droidboot menggunakan adb sideload ke 5.3.3.3. Ini link fimrwarenya

http://dlcdnet.asus.com/pub/ASUS/ZenFone/A500CG/UL-ASUS_T00F-WW-5.3.3.3-user.zip

Selamat mencoba semoga berhasil kang

Balas
avatar

gan hp asus znfone 5 asus saya imei null dan baseband unknown saya sudah mengitu cara cara yg lain tapi tetep aja gabisa. solusi dong:(

Balas
avatar

Gan dapetin Firmware nya dimana?? Pliss saya pas step 15 tulisan di cmd : * cannot read ''user60.zip'' * << setelah saya ketik adb sideload user60.zip nya -___- trus tulisan di Zenfone5 saya : E:Can't open/tmp/update-script.log

Now send the package you want to apply
to the device with ''adb sideload ''...


-Mohon Penjelasannya gan, soalnya saya dari kemarin malam udh lumayan cukup lama untuk masalah ini, terimakasih, mohon dibalas :)

Balas
avatar

Masalah akang ini masih misterius. Belum ada cara FIX pastinya. Paling engga bawa ke tukang service ganti HW yang bermasalah. Kalo masih bisa garansi bawa saja SC kang

Balas
avatar

Akang ini sudah download belum. Di post lain komentar akang udah saya bales :D Melihat keterangannya nama filenya kang. Coba show extensionnya, mungkin ada penamaan ganda

Balas
avatar

USB sajaa tidak nyambung ke laptop, udh check MTP, ttp ga bs ?? ada solusi

Balas
avatar

Sudah terinstall .netframework? Saya pernah mengalami dulu sekali

Balas
avatar

gan kalo misalNya USB DebugingNya blom di stting gimana tuh gan caraNya, Hp asus zenfone 5 saya Bootlop nih..

Balas
avatar

Mau tanya, hape saya zenfone6 firmware pada hape 2.20.40.11 dan rencana mau upgrade ke lolipop terbaru, apakah untuk memperbaiki failed open harus pakai flash image yg sama dgn hape atau flash image kitkat terakhir? Terima kasih

Balas
avatar

Difastboot terbaca engga? Pas fastboot devices?

Balas
avatar

Saya belum pernah mengalami di Zenfone 6 kang. Secara teknis sih sebenarnya sama aja dengan Zenfone 5

Balas
avatar

help gan
step 5 terkendala hh tidak terdeteksi(terdapat tanda pentung) karna driver tak ada.minta link drivernya gan.posisi zenfone 5 jellybean.trimz

Balas
avatar

MEmang kadang driver intel untuk zenfone begitu. Tidak teristall sempurna ditantai dengan muncul tanda seru. Di update saja kang. Bisa pakai cara ini :
1. Sambungin PC dengan internet
2. Klik kanan pada driver yang tanda pentung tadi
3. Terus pilih update
4. Ada 2 nanti pilihannya, pilih yang automatically
5. Tunggu sampai selesai. Nanti download dan install otomatis
6. Bisa digunakan
Lanjut ke tutorial seperti diatas.

Balas
avatar

numpang corat coret akang. Ini knp ya stlah mlkukan printah sideloadnya blum sampai 100% sudah terhenti.
mumcul tulisan Error 8E. itu knp ya kang?

Balas
avatar

Boleh kang. Flash recovery versi berapa kang? Terus firmware yang di sideload itu versi berapa?

Balas
avatar

mau tanya kang. apa harus di unroot dulu hhnya baru cara ini bisa? soalnya ane udah ikutin cara ini tapi masih tetep masih nggak bisa. kondisi hh dulu udah di root

Balas
avatar

Gan punya saya udah saya update ke lollipop pake firmware atas yg 60 dari posisi latest kitkat yg 54. asus 5 versi WW padahal, tapi setelah diupdate via adb kok malah keluar E: can't read /dev/block . . .. . . . gitu malah jadi bootloop. kenapa?

Balas
avatar

Gan punya saya kok gak ke detect ya ?

Balas
avatar

Gan sy mw tanya,kl keterangan error in /tmp/update-script log itu knp yh,sy gunakan firmware 40.78,trims gan

Balas
avatar

Gan, apa wajib instal firmware 3.23.40.60 dulu sebelum instal yang 3.23.40.78?
soalnya ane langsung instal yang .78 gak mau.

Balas
avatar

Kalo ane koq packaage.zip nyaa yg eror

Balas
avatar

Min HH ane kok selalu muncul pop ups unfortunately [appname] has stopped hampir semua 3rd party app begitu sedangkan bawaan asusnya ga kenapa" apakah harus update dari kitkat ke lollipop atau ini emg bawaan internal dari hpnya?

thx b4 min

Balas
avatar

Gan kenapa punya saya sudah mau 100%lalu ada tulisan failet to write data"protocol fault "

Balas
avatar

Gan mohon penerangannya, saya harus download sku dan recovery yang apa ya , kalau d hh ane tertulis asus_TOOF_WW_user_2.22.40.53_20150512_01 release key,,

Balas
avatar

Kang, zf5 ane ga terdeteksi oleh PC, padahal udah ganti USB, driver USB sudah terinstall, MTP & USB debug juga sudah ceklis. Apa bermasalah dengan connector di zf5 nya ? Soalnya ane nyoba pake hp lain dengan USB yang sama bisa terdeteksi kang, mohon pencerahan nya :D

Balas
avatar

Saya sudah ikutin langkah sama persis dengan di atas, tp kenapa ya masih aja muncul pesan E:Can't open /tmp/update-script.log

Balas
avatar

Gan, kami dengan spesifikasi Asus ZenFone 5 (A500CG)

IFWI version 59.49
number serial 0123456789ABCDEF
DROIDBOOT version: 2.1BUILD Nov 20-2015-180355
Production Zenfone

Kembali mengalami boot loop, ketika dilakukan flashing zenfone 5, pada factory resset not work or error when entering recovery mode the command was here

E:Failed to mounth /cache (invalid argument)
E:Cant mount /cache/recovery/log
E:Cant open /cache/recovery/log
E:failed to mount /cache (invalid argument)

Oh iya bagaimana juga memastikan fastboot devices sukses pada posisi boot loop stuck diatas. ohon bantuan technical nya


Regards...

Balas
avatar

kalo tidak bisa masuk fastboot gimana???

karna HH saya g ada fastoot.. tolong gan

Balas
avatar

kang pengen nanya nih,posisi ane sekarang kitkat 40.54 trus kan ane pengen ke lollipop ane harus pake firmware lollipop yg versi berapa ya sama recovery yg versi berapa apakah 40.54 atau 40.78

Balas
avatar

Salan mas bro... ini koj zeny nya ga ke deteck sama pc nya yang.... mohon bantuan.....

Balas
avatar

Bang... sory nih... saya terhenti di step 8.. asus nya ga je deteck nohon bantuan nya....

Balas
avatar

Pertanyaannya sudah saya balas di postingan lain mas

Balas
avatar

Pake recovery Kitkat yang ekornya 40.54 mba

Balas
avatar

Coba install net framework dulu. Saya juga pernah mengalaminya

Balas
avatar

tolong bantu min, pas fastboot devicesnya kosong aja keluar min,di coba fastboot flash recovery recov54.img waiting for devices min,,giamana solusinya min

Balas
avatar

Silahkan diupdate dulu drivernya lewat device manager mas

Balas
avatar

tolong bantu min...zen 5 sy ASUS_T00F_WW_user1.18.40.9.20140827
mau cb upgrade ke ASUS_T00F_WW_2_19_40_18 atau ASUS_T00F-WW-2.22.40.53
selalu gagal dan muncul tulisan :
E: end of footer from /tmp/update.zip not 0xFFFF (file exists)
E: signature ferification failed
installation aborted
E: can't open /temp/update-scrift.log
E: cannot load volume /miscl
solusinya gmn ya min?

Balas
avatar

Flash recovery sudah? E: signature ferification failed itu karena file corrupt

Balas
avatar

Min, punya saya kan zenfone 5 nya waktu mau upgrade lollipop error gitu. Soalnya kayaknya bener file yg sy download corrupt. Terus saya mengembalikannya hanya REBOOT. Soalnya sy takut kenapa2 hp sy. Terus kalau suatu saat sy download file yg ngga corrupt. Saya ugrade seperti biasanya. Akan ada eror lg ngga ?

Balas
avatar

Kalo sempurna hasil downloadnya seharusnya bisa tanpa ada masalah mba

Balas
avatar

min udah ane ikutin cara2 nya yang di sebutin.
muncul lagi E: can't open /temp/update-script.log

udah otak atik fastboot, recovery. tetep ga bisa.
susah bgt nih penyakit di ilangin versi trakhir hape ww 2.21.40.44
hape ane bisa masuk sistem tapi touchscreen ga bisa di apa2in.

ane kasih imbalan yang bisa benerin hape ane, daerah Depok hub ane 083872994931

Balas
avatar

bang kok saya punya ngakk muncul "asus android composite PC link interface"??

Balas
avatar

Reboot dari recovery juga engga sembuh mas Pras? Saya punya pengalaman setelah Unlock Bootloader Zenfone touchscreen tidak berfungsi

Balas
avatar

Itu karena driver PC link terinstall mas

Balas
avatar

bang nanya dunk kenapa abis di ketik enter adb sideload user60.zip tertulis cannot read user60.zip ?

thks

Balas
avatar

Filenya enggak ada mas makanya engga kebaca. Coba setting extensionnya di windowsnya. Biasanya ada penamaan dobel

Balas
avatar

gan, gmn mau masuk ke menu setting untuk masuk ke developer mode mengaktifkan menu usb debugging? lah hh nya aja ga bisa masuk ke menu home??? gmn gan ?

Balas
avatar

yes:):) zenphone 5 ane uda normal kembali, terimakasih ya min...
tutorialnya keren detail bgt..sukses terus min

Balas
avatar

Senang sekali bisa membantu mas heyu :)

Balas
avatar

Gan kalo sudah berhasil. Tapi malah zen 5 saya tidak bisa touch

Balas
avatar

Coba masuk ke recovery mode lalu reboot dari sana

Balas
avatar

min zf 5 saya dulu pernah update firmware ke lollipop tapi sering hang,saya balikin lagi ke kitkat terus sekarang pengen lagi ke lollipop, saya udah nurutin step di atas tapi hasil nya zf saya masih kitkat, gimana tuh??

Balas
avatar

Update ke firmware bepapa memangnya mas tatang?

Balas
avatar

Thanks gan tutornya, akhirnya zenfone 5 ane jadi ke lollipop juga, walaupun pake metode ADB. Terus saya juga mau nanya gan, cara munculin zenmotion itu gimana ya? Sekali lagi thanks gan.

Balas
avatar

Sama-sama mas. Untuk zenmotion sudah kita buatkan postnya. Ada disini :
http://www.umahdroid.com/2015/11/mengaktifkan-fitur-zenmotion-doube-tap-to-wake-up-screen-di-zenfone-5.html

Balas
avatar

dipostingan yang mana ya ? saya cari gaada mas, mohon bantuannya.. terimakasih..

Balas
avatar

tutor error tersebut dimana ya gan ? mohon bantuannya. terimakasih

Balas
avatar

mantap min punya saya berhasil ilang eror scriptnya.. suksess terus buat adminnya

Balas
avatar

Waduh, saya juga lupa. Karena ada banyak sekali komentar yang masuk mas. Setahu kita itu karena sd nya yang bermasalah. Ganti sd solusinya. Kalau salah mohon dikoreksi

Balas
avatar

Selamat mas adrian. Aaamin, sukses juga untuk mas adrian

Balas
avatar

Zenfone 5 saya muncul tulisan "tidak ada perintah" saat update kit kat v 2.21.40.30 ke v 2.21.40.44.

Balas
avatar

Aduh mas Alfi, komentarnya masuk banyak banget :D
Pakai adb mas. Masuk ke recovery mode mas, terus sideload firmwarenya.

Balas
avatar

ini bisa buat semua versi zenfone?

Balas
avatar

Zenfone 5/6 dan semua seri Zenfone yang menggunakan adb untuk flashing mba

Balas
avatar

mohon bantuanya saya sudah melukakan cara diatas, tapi selalu muncul e: failed to mount setelah saya ketik di cmd adb sideload. gimana ya mas? saya juga uda cabut semua memory. tetap tidak bisa. di wipe dan format juga sama. terima kasih

Balas
avatar

Ada tulisan invalid argument engga mas money load?

Balas
avatar

Gan ane udah ngikutin step by step.. adb sideload blabla.zip trus di hh ane muncul finding pakage, ampe verifying pakage...tp dimonitor pc ane loading user .zip *daemon not running.........*mohon pncerahannya gan

Balas
avatar

adb nya nyambung engga mas? Coba ketik adb device kalo ada list attached device berarti nyambung. Harusnya bisa

Balas
avatar

ya selalu ada tulisan invalid argument.

Balas
avatar

Mas bawa ke tempat service kemudian minta penggantian emmc Zenfone. Harganya sekitar 200/300 saya lupa

Balas
avatar

Help mastah, pada saat flashing menggunakan asus flash tool...di menu asus flash tool lampu state nya warna merah tulisannya "Flash Image Failure(FAILED (remote : GPT Command failed) dan di droitboot paling bawah tulisannya RESULT : FAIL (Partition)... mohon bantuannya....

Balas
avatar

Kayaknya chip flash memorinya udah kena mas. Banyak yang bilang serious flash memory chip problems with your device. It does look like the device may be irrecoverable

Balas
avatar

MAs Tiwo .. file ada dan sudah di cek ext nya .zip .. tapi tetap gak bisa baca ... mungkin salah lokasi ya ... sementara saya taro file nya di tempatkan di folder yg sama dgn cmd nya .... please help

Balas
avatar

Bisa jadi begitu mas. Coba ketik dir
Kalo firmwarenya ada di list berarti bener letaknya, tinggal lanjutin aja seperti langkah diatas

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.