KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

3 Cara Install Discord Di Ubuntu, Linux Mint, Zorin, Atau Distro Keturunannya

Get Discord On Linux - Yosh selamat sore pengguna sobat FLOSS!. Sesuai judul, hari ini kita akan sharing tutorial instalasi Discord yang merupakan app selain Telegram yang kerap digunakan oleh komunitas Linux dan Open Source.


Discord adalah platform sosial perpesanan instan dan VoIP yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi melalui panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media, atau berkas lainnya.


Komunikasi dapat dilakukan secara pribadi atau dalam grup virtual yang merupakan ruang obrolan dan saluran suara yang dapat diakses melalui tautan undangan.


Download Latest Discord Linux Ubuntu

Software-nya sendiri tersedia untuk platform kondang baik mobile (Android dan iOS) maupun desktop (Microsoft Windows, Apple macOS, GNU/Linux). Selain itu, Ia juga bisa diakses via web browser.


Awalnya memang terkenal untuk gamer, tapi seiring berjalannya waktu, Discord juga dipertimbangkan sebagai alternatif Slack sebagai productivity platform.


Untuk distribusi "Penguin", kita memiliki beberapa opsi untuk memasang Discord. Yang paling umum ada tiga. Dan itu yang ingin Umahdroid bagikan di artikel ini. Tanpa banyak babibu, jom langsung saja mari kita mulaikan!.


Cara #1 Memasang Aplikasi Discord Di Linux

Metode paling mudah untuk install Discord di Ubuntu (termasuk flavours seperti Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, Lubuntu, Ubuntu MATE, dst) dan turunannya yakni dengan menggunakan Snap Package.


Baca juga :


Kita bisa melakukannya melalui Ubuntu Software. Jadi tinggal ketikkan saja discord pada kolom pencarian > kemudian klik tombol Install berwarna hijau.


Install Discord Ubuntu Snap Package

Jika ingin lebih praktis, maka command line jawabannya. Buka jendela Terminal (Ctrl+Alt+T) baru > lalu ketikan perintah (atau bisa juga copy-paste supaya lebih cepat) sudo snap install discord > tekan Enter.


Masukan password akun dan tunggu sampai proses installing application selesai dengan sendirinya. Oh ya, pemasangan dilakukan secara online.


Jadi cepat atau lambat progres tergantung dengan koneksi internet yang kalian gunakan. Dan setelah kelar, kita bisa langsung membukanya dari menu aplikasi seperti biasa. Gampang lah ya?.


Cara #2 Memasang Aplikasi Discord Di Linux

Metode yang kita rekomendasikan selanjutnya untuk install Discrod di Ubuntu, Mint, Pop!_OS, KDE Neon, Linux Lite, atau turunannya adalah melalui Flatpak. Tapi sebelum itu, kalian sudah memasang Flatpak di Ubuntu.


Klik saja link tersebut untuk masuk ke artikel yang pernah kita terbitkan. Kita asumsikan kalian sudah sukses mengintegerasikan Flathub dengan sistem Ubuntu.


Install Discord Ubuntu Flatpak

Sama seperti sebelumnya, kita bisa mengeksekusinya dengan CLI. Buka jendela Terminal baru > lalu ketikan perintah (atau bisa juga copy-paste supaya lebih cepat) flatpak install flathub com.discordapp.Discord > tekan Enter.


Ketikkan Y untuk konfirmasi aksi > hantam Enter pada keyboard untuk memerintah sistem agar memproses permintaan kita.


Jadi cepat atau lambat progres tergantung dengan koneksi internet yang kalian gunakan. Dan setelah rampung, kita bisa langsung membukanya dari application launcher seperti biasa.


Cara #3 Memasang Aplikasi Discord Di Linux

Kita hampir lupa memberi tahu jika aplikasi Discord hanya tersedia untuk sistem operasi dengan arsitektur 64-bit saja. Jadi jika kalian menggunakan Ubuntu 32-bit (yang masih tersedia di versi lama), itu berati tidak support.


Baca juga :


Balik lagi topik utama. Metode selanjutnya yang bisa kita gunakan yakni mengunduh Deb Package yang memang disediakan melalui website resminya.


Install Discord UbuntuDeb Package

Link "penyedotan" kita taruh di akhir artikel. Kita asumsikan kalian sudah berhasil mengunduh paketnya. Untuk pemasangannya, Buka Terminal > kemudian ketik perintah sudo apt install ./discord-*.deb > tekan Enter.


Ketikkan password Ubuntu kalian > ketikkan Y untuk melanjutkan > lalu Enter. Sampai di sini, sruput kopi sembari menunggu proses installing Discord beres.


Untuk pengguna merasa Graphical User Interface (GUI) lebih mudah, kalian bisa langsung melakukan double click pada berkas discord-[version_number].deb lewat File Manager untuk memasangnya.


Itu saja yang bisa Umahdroid bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Terimakasih sudah berkunjung!.


Download Discord For Linux

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan