KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Extract File ZIP di Linux Dengan Terminal Alias Command Line

Extract File Linux CLI - Sebenarnya sama seperti sistem operasi Windows buatan perusahaan raksasa Microsoft, kita juga bisa langsung klik kanan lalu extract untuk melucuti arsip di sistem operasi berbasis Linux.


Hal itu mungkin dilakukan karena file manager bawaan seperti Nautilus (GNOME), Dolphin (KDE Plasma), Thunar (XFCE), Caja (MATE), dan Nemo (Cinnamon) sudah terintegrasi dengan archive manager.


Selain RAR dan ZIP, berkas kompres arsip yang sering kita temukan pada ekosistem open source software biasanya tidak jauh dari TAR.GZ, TAR.BZ2, serta GZ.


Extract ZIP On Linux Using Terminal

Dengan program yang support, file archive tersebut bisa dengan mudah dibuka di seluruh operaing system, termasuk Windows 7 / 8 / 8.1 / 10 / 11, macOS, bahkan ponsel kekinian berbasis Android.


Agar tidak melenceng dari judul, bahasan artikel yang Umahdroid share hari ini akan fokus ke distribusi "penguin" saja. Jom dimulakan!.


Ekstrak File ZIP di Linux Dengan Command Line

Meski harusnya pre-installed, tapi untuk memastikan, pastikan perkakas yang dibutuhkan sudah terpasang. Untuk Debian, Ubuntu, dan disto keturunannya, paketnya tersedia di repository standard.


Baca juga :


Caranya cukup mudah. Silahkan buka jendela Terminal baru (Ctrl+Alt+T). Setelah terbuka, ketik dan jalankan perintah sudo apt install unzip


Oke kita anggap paket yang dibutuhkan sebelumnya sudah terpasang. Sekarang waktunya kita masuk ke hidangan utama untuk "mengeluarkan" berkas dari sebuah arsip berformat ZIP di Ubuntu dengan CLI.


//Ekstrak di foldfer yang sama
unzip nama-file.zip

//Ekstrak ke folder lain
unzip nama-file.zip -d /target/folder/

//Menampilkan isi file
unzip -l nama-file.zip

Jika kalian tidak ingin menampilkan file yang diekstrak atau diproses pada jendela Terminal, kalian bisa menggunakan opsi quiet dengan menambahkan karakter -q diantara tool and file name.


Dengan kondisi tersebut, maka perintahnya yang kalian perlu eksekusi menjadi unzip -q nama-file.zip. Sampai disini bisa dipahami kan?. Gampang lah ya.


Semoga tutorial unzip zip file via Terminal di atas bisa bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik membaca panduan Linux lainnya tentang cara extract tar.gz via Terminal.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan