KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tutorial Ekstrak File TAR.GZ di Linux Menggunakan Terminal

Extract File Linux Command - Pengguna Windows biasanya langsung klik kanan lalu extract untuk melucuti arsip. Meski faktanya, kita juga sebenarnya bisa melakukan hal yang sama persis pada sistem operasi berbasis Linux.


Itu karena file manager bawaan desktop environment seperti Nautilus (GNOME), Dolphin (KDE Plasma), Thunar (XFCE), Caja (MATE), dan Nemo (Cinnamon) sudah terintegrasi dengan archive manager.


Selain RAR, berkas kompres arsip yang sering kita temukan pada ekosistem free open source software biasanya tidak jauh dari TAR.GZ, TAR.BZ2, GZ, serta ZIP.


Extract Tar Gz Linux Lewat Terminal

File tersebut bisa dibuka (dengan program yang support tentunya) semua sistem operasi, termasuk Windows 7 / 8 / 8.1 / 10 / 11, macOS, bahkan ponsel genggam pintar Android kekinian.


Agar tidak melenceng jauh dari judul, bahasan artikel yang Umahdroid share hari ini akan fokus ke distribusi "penguin" saja. Jom dimulakan!.


Extract TAR.GZ di Linux Dengan Command Line

Oke kita anggap perkakas yang dibutuhkan sebelumnya sudah terpasang. Sekarang waktunya kita masuk ke bagian untuk "mengeluarkan" berkas dari sebuah arsip berformat TAR.GZ.


Baca juga :


Langsung saja, silahkan gunakan perintah Linux berikut untuk extract file tarball melalui Terminal atau Console dengan elegan :


// EKSTRAK DI FOLDER YANG SAMA
tar -xvzf nama-file.tar.gz

// EKSTRAK KE FOLDER LAIN
tar -xvzf nama-file.tar.gz -C /target/folder/

// MENAMPILAN ISI FILE TARBALL
tar -tvf nama-file.tar.gz

Keterangan :

  • x : Perintah ekstraksi berkas

  • v : Menampilkan berkas yang diekstrak

  • f : Menggunakan arsip atau device arsip

  • C : Ubah ke output directori


Jika kalian tidak ingin menampilkan file yang diekstrak atau diproses pada jendela Terminal, kalian bisa menggunakan opsi verbose dengan menambahkan karakter v diantara tool and file name.


Dengan kondisi itu, maka perintahnya yang kalian perlu eksekusi menjadi tar -xzf nama-file.tar.gz. Sampai disini bisa dipahami kan?. Gampang lah ya.


Semoga tutorial untar tar file via Terminal di atas bisa bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Untuk informasi tambahan soal berkas arsip berekstensi lain, kalian bisa merapat ke artikel cara extract file zip di Linux.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan