KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Firefox Snap Lemot? Begini Cara Install Firefox Deb Pada Ubuntu

Mozilla Firefox Deb - Seperti yang kita ketahui bersama, mulai dari Ubuntu 21.10 Impish Indri, pengembang Ubuntu mengalihkan paket tradisional Deb ke Snap untuk aplikasi peramban saingan Google Chrome.


Kebijakan tersebut membuat banyak pengguna Ubuntu dan komunitas free libre open source software emosi dan tanpa pikir panjang langsung menyalahkan Linux dengan khas warna "pemuda pancasila" ini.


Padahal faktanya, transisi tersebut bukan sepenuhnya salah Canonical. Mozilla sebagai pengembang Firefox-lah yang meminta perubahan deb to snap.


Mozilla Firefox Browser Linux

Tujuannya sebenarnya bagus, supaya user bisa mendapatkan update browser lebih cepat yang langsung digulirkan oleh Mozilla. Dibalik kelebihannya, performa aplikasi Snap umumnya lebih buruk.


Jangan kawatir, kita hidup di dunia "pinguin", sebuah dunia dengan banyak opsi untuk bongkar-pasang sistem operasi secara mandiri.


Panduan Install Firefox Lewat APT - Bukan Snap

Jika kalian memakai Ubuntu 21.10, 22.04, 22.10, dan versi di atasnya yang akan dirilis 2023 mendatang, kalian sebenarnya bisa langsung menjalankan perintah sudo apt install firefox dari jendela Terminal.


Baca juga :


Masalahnya adalah sistem akan mengalihkan permintaan user. Command yang seharusnya install paket Firefox Deb dialihkan jadi Firefox Snap.


$ apt policy firefox
firefox:
  Installed: (none)
  Candidate: 1:1snap1-0ubuntu2
  Version table:
     1:1snap1-0ubuntu2 500
        500 http://archive.ubuntu.com/ubuntu kinetic/main amd64 Packages

Hal itu sama persis dengan apa yang dilakukan Canonical ketika mengubah Chromium Web Browser dari yang tadinya paket "kuno" menjadi paket "modern" pada Ubuntu 19.10 beberapa tahun yang lalu.


Oya informasi saja, developer telah melakukan improvements. Firefox Snap sekarang sudah jauh lebih cepat daripada beberapa waktu lalu.


Tapi jika kalian ingin tetap Firefox Not Snap di Ubuntu kesayangan kalian, artikel ini kita tulis khusus untuk kalian. Jadi tanpa banyak babibu, mari langsung saja kita mulakan!.


#1 Langkah Pertama

Seperti biasa, silahkan buka jendela Terminal baru lewat application launcher atau dengan menekan Ctrl+Alt+T sebagai tombol shortcut.


sudo snap remove firefox
sudo add-apt-repository ppa:mozillateam/ppa

Ketik atau copy-paste kemudian jalankan kedua command di atas satu-persatu untuk uninstall Firefox Snap dan tambah Personal Package Archive.


#2 Langkah Kedua

Langkah selanjutnya, ketik atau salin-tempel lalu jalankan perintah di bawah berikut (langsung semua, jangan satu-satu atau baris demi baris).


echo '
Package: *
Pin: release o=LP-PPA-mozillateam
Pin-Priority: 1001
' | sudo tee /etc/apt/preferences.d/mozilla-firefox

Perintah tersebut kita gunakan untuk mengubah prioritas paket Firefox untuk memastikan Firefox versi PPA / deb / apt menjadi preferred.


#3 Langkah Ketiga

Sekarang waktunya menjalankan 2 buah perintah pamungkas kita untuk memasang Mozilla Firefox Deb di distro yang jadi basis Linux Mint ini.


echo 'Unattended-Upgrade::Allowed-Origins:: "LP-PPA-mozillateam:${distro_codename}";' | sudo tee /etc/apt/apt.conf.d/51unattended-upgrades-firefox
sudo apt install firefox

Begitu selesai, kita bisa lansung menjalankan software-nya dan menikmati versi de-Snapped rubah api yang dipasang melalui PPA Repository.


Itulah cara install versi Deb browser racikan Mozilla sekaligus mengatasi masalah Firefox Ubuntu slow startup yang sering dikeluhkan oleh pengguna, terutama yang baru pindah sistem operasi.


Sebelum artikel kita tutup sekaligus sebagai tambahan informasi, tutorial lainnya bisa kalian baca lewat kategori Linux pada blog ini.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan