KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Panduan Install Google Chrome di Fedora Linux Tanpa Terminal

Install Chrome Linux - Suka atau tidak suka, fakta mengenai software buatan Mbah Google ini sebagai aplikasi web browser paling populer di dunia tidak bisa dibantah. Mereka unggul jauh dari pesainganya, Mozilla Firefox.


Cepat, aman, serta banyak fitur jadi alasan mengapa Ia dipilih banyak orang. Tidak hanya smartphone / tablet (Android dan iOS) atau PC desktop dengan Windows,dan macOS saja, tapi juga distribusi Linux.


Kebanyakan sistem operasi bebas terbuka berbasis "penguin" sebenarnya sudah pre-installed aka dibekali dengan "rubah api" sebagai default web browser.


Google Chrome Fedora Linux

Tapi tetap saja, setiap pengguna komputer atau laptop memiliki preferensi perangkat lunak masing-masing. Kabar baiknya (dalam kasus ini), Chrome tersedia untuk Linux sama seperti OS lainnya.


Seperti apa langkah-langkah yang dibutuhkan untuk instalasi Google Chrome di sistem GNU/Linux Fedora?. Langsung saja, kita mulakan!.


Cara Memasang Google Chrome di Fedora Linux

Kebanyakan keluarga Debian (Ubuntu, Linux Mint, Elementary OS, Kali Linux, dsb) memang tidak menyertakan Chrome di repository, sehingga kita perlu download Google Chrome deb, kemudian memasangnya secara manual.


Baca juga :


Di Fedora, langkahnya jauh lebih simpel karena repository sudah disediakan oleh pengembang secara bawaan alias out of the box.


Cukup hubungkan saja perangkat kalian dengan koneksi internet, terus klak-klik klak-kllik mouse, kalian sudah bisa menikmatinya. Yah, seperti pengguna operating system "jendela" lah.


#1 Langkah Pertama

Buka peluncur aplikasi lewat tombol shortcut Win+A atau klik saja menu Activities (Win) yang ada di pojok kiri atas.


Jalankan Software Center Fedora

Cari dan jalankan Software bawaan Fedora yang sebenarnya merupakan GNOME Software Center seperti screenshot di atas.


#2 Langkah Kedua

Setelah terbuka, klik hamburger menu (3 baris horizontal yang letaknya tepat samping tombol close) > pilih menu Software Repositories.


Aktifkan Fedora Linux Repository

Gulung ke bawah sampai sub menu Fedora Third Party Repositories terus toggle on untuk aktifkan Google Chrome (dl.google.com).


#3 Langkah Ketiga

Kita asumsikan kalian sudah sukses memasukan password Fedora untuk autentikasi aksi sebelumnya. Langkah selanjutnya, tutup jendela tersebut.


Install Google Chrome Fedora

Klik tombol search > masukan kata chrome. Begitu ketemu > pilih Google Chrome pada hasil pencarian > terus hantam tombol Install.


Fedora akan memproses permintaan kita secara otomatis. Kita hanya perlu menunggu sampai Google Chrome terpasang di sistem. Begitu prosesnya selesai, kita bisa langsung menjalankannya.


Oh ya, Chrome untuk distro Linux keren lainnya seperti Pop!_OS, KDE Neon, MX Linux, dan kawan-kawannya bisa dilihat pada installing Chrome graphically.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan