KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Opera Tidak Bisa Memutar Video Instagram, Twitter, dll di Linux

Video Playback Opera Linux - Masalah peramban Opera can't play video in Linux ternyata banyak sekali dialami pengguna. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan cara mengatasi browser tidak bisa memutar video.


Setelah mencobanya sendiri, Opera tidak memiliki masalah saat menjalankan video YouTube dan Facebook. Lain cerita dengan Instagram dan Twitter. Seluruh konten video di kedua situs tersebut tidak bisa diputar.


IG hanya menampilkan gambar statis saat tombol play diklik.


Mengatasi Opera Tidak Bisa Memutar Video

Sedangkan TW memajang pesan the media could not be played. Metode jadul dengan install chromium-codecs-ffmpeg-extra sudah tidak bisa dipakai lagi. Tapi jangan kawatir, Umahdroid memiliki metode penggantinya.


Cara Mengatasi Opera Tidak Bisa Play Video

Penyebab masalah ini tidak lain dan tidak bukan adalah libffmpeg.so bawa'an Opera yang memang tidak mendukung pemutaran video semua website. Sederhananya, kita akan mengganti library tersebut.


Baca juga :


Kalian bisa menggunakan panduan ini di Debian, Ubuntu, Linux Mint, Elementary OS, Zorin, atau distribusi Linux lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu-persatu.



Hal yang kita butuhkan disini adalah sebuah library FFmpeg untuk meng-handle proprietary codecs yang dipakai pada video untuk sistem berbasis Linux, Mac OS, dan Windows.


Secara garis besar, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama download nwjs ffmpeg prebuit lewat link di bawah

  • Buka aplikasi file manager lalu extract file zip yang sudah diunduh

  • Klik kanan pada area kosong kemudian pilih Open in Terminal

  • Salin atau pindahkan libffmpeg.so ke folder library Opera

  • Tutup dan buka ulang browser untuk melihat hasilnya


Untuk detail direktori destinasi dan tetek bengeknya, silahkan cek video yang sudah diunggah ke kanal YouTube kita.


Jika ada pertanyaan jangan sungkan menuliskannya lewat kolom komentar. Semoga cara mengatasi Opera tidak bisa memutar video yang kita tulis bisa sedikit-banyak membantu. Sampai jumpa di tutorial Linux lainnya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan