KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Install Microsoft Edge di Ubuntu, Linux Mint, & Distro Turunannya

Microsoft Edge Linux - Sejak pemilik Windows ini mengusung tagline Microsoft love Linux, perlahan, mereka mulai membuka diri terhadap komunitas open source. Ini dibuktikan dengan melenggangnya Microsoft Edge untuk Linux.


Selain itu masih ada Visual Studio Code atau sering disingkat VSCode, yakni sebuah perangkat lunak penyunting souce code sebagai perangkat lunak sumber terbuka yang tersedia untuk Linux, Mac OS, dan Windows.


Apakah ini termasuk strategi Embrace, Extend, and Extinguish (EEE)?.


Microsoft Edge Untuk PC Berbasis Linux

Entah. Yang jelas kita bersyukur. Semakin banyak aplikasi populer dirilis untuk distribusi Linux, semakin besar pula peluang sistem operasi dengan logo penguin ini diadopsi oleh masyarakat.


Perjalanan Sampai Tersedia Untuk Linux

Microsoft Edge awalnya dikembangkan di bawah nama kode Project Spartan, yakni web browser yang dikembangkan & termasuk dalam sistem operasi Windows. Meluncur pada 29 Juli 2015, Edge akhirnya menggantikan Internet Explorer.


Baca juga :


Pada bulan April 2019, perusahaan yang berkantor pusat di Redmond ini memulai pengembangan Edge yang berbasis Chromium.


Menjalankan Microsoft Edge di Ubuntu Terbaru

Aplikasi untuk berselancar di dunia maya ini mulanya hanya tersedia untuk platform Windows saja sebelum hadir untuk Mac OS, X Box, serta Android. Saat peluncuruan, pengembang mengatakan bahwa pihaknya juga menargetkan Linux.


Microsoft resmi merilis preview builds for Linux pada Oktober 2020, dan melenggang ke tahap Beta di April 2021.


Update! Setelah setahun lebih pengembangan, Edge stable untuk Linux akhirnya dirilis oleh Microsoft. Untuk GUI, langkahnya masih sama seperti sebelumnya, sedangkan untuk versi CLI, artikel sudah kita perbarui.


Cara Install Microsoft Edge Linux - GUI

Pertama, jalankan Firefox / Google Chrome / GNOME Web / peramban lain di distro Linux keren kalian, kemudian download Microsoft Edge for Linux. Link sudah kita sediakan di akhir artikel, jadi silahkan scroll saja ke bawah.


Download Microsoft Edge Deb Package

Pilih Beta Channel atau Dev Channel > Download for Linux (.deb) Debian / Ubuntu > Accept and Download > Save File Download.


Setelah pengunduhan selesai, silahkan cari file hasil unduhan, double click pada installer untuk install dengan Ubuntu Software Center atau Eddy (Pop! OS), terus klik Install pada jendela tersebut.


Cara Install Microsoft Edge Linux - CLI

Untuk pengguna yang lebih suka dengan command line interface, ketimbang klak-klik klak-klik mouse karena dinilai lebih cepat dan praktis, kalian bisa menggunakan metode kedua. Jangan kawatir, kita tidak perlu menambah PPA Repository.


Install Microsoft Edge Ubuntu Terminal

Seperti yang kalian lihat pada screenshot di atas, silahkan langsung saja buka Terminal (Ctrl+Alt+T) kemudian jalankan perintah berikut :


sudo apt install curl
curl https://packages.microsoft.com/keys/microsoft.asc | gpg --dearmor > microsoft.gpg
sudo install -o root -g root -m 644 microsoft.gpg /etc/apt/trusted.gpg.d/
sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64] https://packages.microsoft.com/repos/edge stable main" > /etc/apt/sources.list.d/microsoft-edge-dev.list'
sudo rm microsoft.gpg
sudo apt update && sudo apt install microsoft-edge-stable

Jika kalian ingin memasang browser racikan Microsoft dari kanal Dev, jangan lupa untuk mengganti kata "beta" yang ada pada baris terakhir dengan "dev".


Sebenarnya ada cara lain. Kalian bisa mengunduh berkas paket deb seperti yang kita tulis pada metode pertama, kemudian memasangnya dengan perintah sudo dpkg -i name-file.deb.


Cara Uninstall Microsoft Edge di Ubuntu

Mungkin kalian hanya ingin melalukan test drive saja, setelah itu kalian ingin menghapusnya dari sistem. Jadi yah, kita berikan juga informasi langkah yang perlu dilakukan untuk uninstall Edge browser di Linux.


Cara Uninstall Microsoft Edge di Ubuntu

Seperti biasa, buka Terminal (Ctrl+Alt+T), kemudian jalankan (bisa juga copy-paste untuk menghemat energi) perintah ini :


#Beta Channel
sudo apt remove microsoft-edge-beta

#Dev Channel
sudo apt remove microsoft-edge-dev

Untuk pengguna yang lebih memilih metode GUI, silahkan buka Software Center lalu hapus dari toko aplikasi resmi bawa'an Ubuntu tersebut.


Jika ada bagian yang membingunkan soal tutorial install Microsoft Edge di Debian, Ubuntu, Linux Mint, Elementary OS, Zorin, KDE Neon, dkk, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar di bawah.


Download Microsoft Edge Linux Stable

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan