KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Setting DNS Over HTTPS (DoH) di Microsoft Edge Windows 10

Mengaktifkan DoH Edge Browser - Rasanya setiap pengguna ingin kegiatan berselancar di dunia mayanya lebih aman dan nyaman tanpa pemblokiran situs oleh ISP. Hari ini kita akan bagikan tutorial mengganti DNS di Microsoft Edge.


Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, perusahaan raksasa multinasional yang berkantor pusat di Redmond, Amerika Serikat ini akhirnya merombak aplikasi peramban andalannya menjadi chromium based browser.


Tidak hanya tersedia untuk Windows, Microsoft Edge juga tersedia untuk Linux.


Setting DoH Microsoft Edge PC Windows

Paketnya didistribusikan sebagai deb yang artinya ditunjukan untuk distribusi berbasis Debian dan Ubuntu, serta rpm yang berarti dapat dipasang di Fedora, SUSE, dan kawan-kawannya.


Mengenal Lebih Dekat DNS Over HTTPS

DNS over HTTPS adalah protokol untuk melakukan resolusi Sistem Penamaan Domain dengan menggunakan protokol HTTPS. Berbeda dengan metode klasik yang membuat permintaan dan tanggapan DNS dikirim sebagai teks biasa.


Baca juga :


Tujuannya untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna internet dengan mencegah serangan Man-in-the-middle.


Protokol DNS over HTTPS

Desain protokol seperti ini juga membuat DoH menjadi protokol yang berguna untuk bypass situs-situs berfaedah yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Reddit dan Subscene misalnya.


DoH juga diklaim dapat meningkatkan performa browsing, karena resolver DNS yang disediakan oleh penyedia jasa internet berjalan relatif lambat.


Cara Mengaktifkan DoH Microsoft Edge

Tidak seperti Google Chrome yang masih menggodok fitur ini, Microsoft Edge berjalan selangkah di depan. Peramban yang memakai Bing sebagai mesin pencari bawa'annya ini sudah memiliki fitur DNS over HTTPS.


Hal unik terjadi disini. Di Ubuntu, kita bisa langsung menyetel DoH tanpa harus mengisinya secara manual.


Setting DoH Microsoft Edge Linux Ubuntu

Seperti yang bisa kalian lihat pada screenshot di atas, ada 6 opsi penyedia jasa yang bisa dipilih dari menu dropdown sesuai kebutuhan, yakni :

  • Cloudflare

  • CleanBrowsing (Family Filter)

  • Google (Public DNS)

  • OpenDNS

  • NextDNS

  • Quad9 (9.9.9.9)


Itu tidak terjadi ketika kita menjalankannya di Windows 10. Mungkin karena perbeda'an versi. Untuk informasi saja, Microsoft Edge untuk Linux masih dalam tahap preview.


Tapi jangan kawatir, berikut kita bagikan seluruh DoH tersebut :


https://chrome.cloudflare-dns.com/dns-query
https://doh.cleanbrowsing.org/doh/family-filter{?dns}
https://dns.google/dns-query{?dns}
https://doh.opendns.com/dns-query{?dns}
https://chromium.dns.nextdns.io
https://dns.quad9.net/dns-query

Kalian hanya perlu membuka menu Settings > Privacy, search, and services > Use secure DNS to specify how to lookup the network address for websites > Choose a service provider > Copy-paste salah satu DoH di atas.


Setting DoH Microsoft Edge Windows

Sekarang silahkan tes dengan mengakses situs yang diblokir. Jika masih belum terbuka, mungkin kalian perlu untuk clear browsing data dulu. Caranya mudah, tinggal tekan Ctrl+Shift+Delete.


Ubah time range menjadi All time, checklist semua opsi, kemudian klik tombol Clear. Selamat menikmati private browsing tanpa memasang DNSCrypt.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan