KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Wormhole: Cara Simpel Berbagi Files Online Aman Dan Private Tanpa Akun

Secure Sharing Platform - Pengguna biasanya memakai penyimpanan awan gratis untuk sharing file dengan Microsoft OneDrive, Dropbox, MEGA, TeraBox, atau yang paling umum adalah membagikan file dari Google Drive.


Untuk berkas-berkas yang hanya dibagikan hanya sekali, dulu kita memilih Firefox Send yang diluncurkan oleh Mozilla. Jadi ketika sudah di-download oleh receiver, maka file tersebut akan otomatis dihapus.


Yang cukup disayangkan adalah FS tidak bertahan lama. Layanannya dihentikan, bahkan pada posisi aplikasinya yang waktu itu masih dalam tahap public beta.


Wormhole App Private File Sharing

Beberapa tahun kemudian, Umahdroid akhirnya menemukan penggantinya secara tidak sengaja ketika menjelajahi https://community.signalusers.org yang merupakan forum pengguna aplikasi chat paling aman anti sadap.


Tepatnya ketika kita browsing beta feedback. Topik tersebut adalah area khusus yang dirancang untuk melaporkan bug ke developer sebelum dirilis secara final.


Layanan yang ini bisa dipakai untuk mengunggah file yang besarnya sampai 10 GB tanpa iklan yang mengganggu serta aman berkat adanya dukungan end-to-end encryption.


Langkah #1 Siapkan Files Dan Upload Ke Server

Oke tanpa banyak babibu, langsung saja kita mulaikan gan!. Pertama-tama, silahkan jalankan web browser (Firefox, Edge, Chrome, Opera, dsb) pada smartphone, tablet, laptop, atau PC kesayangan kalian.


Baca juga :


Langkah kedua, buka website https://wormhole.app untuk masuk ke web tempat penyimpanan file online sementara untuk berbagi berbagai macam berkas.


Step 1 Buka Webite Wormhole App

Begitu halamannya terbuka seperti screenshot di atas, klik tombol Select files to send yang ada page tersebut > kemudian pilih Select files jika ingin mengunggah file dan Select folder jika ingin mengunggah folder.


Step 2 Cari Dan Pilih File Atau Folder

Setelah itu tinggal pilih saja file / folder yang akan di-share. Untuk pengguna komputer, kalian juga langsung Drag and drop dari file manager ke kotak tadi.


Pilih saja mana yang paling praktis. Oh ya, jika muncul We're sorry! We had a problem preparing your files. Security error when calling GetDirectory coba akses dengan aplikasi peramban lain.


Langkah #2 Ketika File Diunggah Ke Wormhole

Begitu pemilihan berkas pada tahap pertama, maka uploading akan secara otomatis. Tungguu sampai proses selesai. Nah sebagai contoh saja, di sini kita pilih arsip zip yang (anggap saja) berisi free Windows activator tool.


Tahap selanjutnya setelah proses pengunggahan sukses > sharable link akan tampil pada halaman tadi > selanjutnya tinggal klik saja tombol Copy link.


Step 3 File Sukses Diupload Ke Server

Oh ya, kita juga bebas mengubah opsi Your file will be deleted atau or after untuk mengatur skenario seberapa lama waktu serta jumlah download sampai file / folder tadi akan disimpan di server.


Step 4 Atur Waktu Dan Jumlah Download

Jika kita menyetelnya ke 60 menit dan 5 downloads, maka berkas tersebut akan secara otomatis hilang setelah lebih dari 1 jam atau sudah diunduh 5 kali.


Bisa dipahami kan ya?. Jika ada bagian yang membingungkan, jangan sungkan untuk menanyakannya lewat kolom komentar yang tersedia di akhir artikel. Umahdroid dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk.


Langkah #3 Yang Terjadi Saat File Sudah Didunduh

Sekarang tiba saatnya untuk mengirim link yang sudah disalin sebelumnya ke Signal, Telegram, WhatsApp, Facebook Messenger, DM Instagram atau X, ke orang yang sudah dipilih untuk menerima file.


Baca juga :


Satu-satunya hal yang perlu mereka lakukan adalah menghantam tombol Download file > kemudian tunggu sampai proses downloading selesai.


Step 5 Kirim Link Tadi Ke Orang Lain

Kita asumsikan orang yang kita japri shareable link tadi sudah mengunduh WIN-ACTIVATOR.zip. Pertanyaannya, apa yang terjadi pada file-nya setelah waktu atau jumlah unduhan melebihi dari yang kita atur?.


Step 6 Link Akan Otomatis Expaired

Masih ingat dengan apa yang kita katakan di awal?. Untuk menjawab itu, coba kalian lihat pada gambar tangkapan layar di atas (klik untuk memperbesar).


Eng ing eng, mereka hanya akan melihat pesan Page Not Found. If you expected to see files here, they've already been deleted. Wormhole deletes files after 24 hours or 100 downloads, whichever comes first.


Sederhananya, ini berarti tautannya sudah tidak valid dan file sudah dihapus dari server storage Wormhole. Mantap jaya!.


Dibandingkan dengan layanan yang sekarang kalian gunakan, jelas lebih enak simpel, lebih praktis, lebih aman, dan lebih enak ini bukan?. Itu saja tutorial yang bisa Umahdroid share kali ini. Semoga bermanfaat dan berkah. Terimakasih!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan