KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Rekomendasi 5 Aplikasi Note Android Terbaik Dan Tanpa Iklan Untuk Catatan

Aplikasi Catatan Di HP - Selamat sore teman-teman semua!. Kali ini Umahdroid akan sharing aplikasi Android terbaik untuk mencatat. Ya, khusus untuk catatan saja. Artinya, kita tidak menggunakan Microsoft Office Word.


Di era serba digital seperti sekarang, menulis catatan, pengingat, atau hal yang akan dikerjakan di atas kertas kemudian memajangnya di papan stereoform yang dipajang di dinding sudah mulai ditinggalkan.


Metode tersebut tentu saja jauh dari kata fleksibel karena tulisan yang sudah kita buat hanya tersedia di tempat di mana kita menempelkan catatan tersebut.


Aplikasi Note Aesthetic HP Dan PC

Teknologi akhirnya bisa menyelesaikan masalah tersebut. Kita bisa menggunakan smartphone atau tablet kita untuk note taking, create to do list, reminder, atau sekedar untuk curhat.


Sesuai dengan judul artikel di atas, hari ini kita akan bagikan third-party note app yang bisa kalian pilih sesuai dengan selera maupun kebutuhan.


Jajaran best note taking apps for Android yang Umahdroid pilih tidak asal-asalan. Semuanya wajib memenuhi 3 syarat yang sudah kita tetapkan. Syarat tersebut yakni free, no ads, and open source.


Notally - Aplikasi Catatan Minimalis Terbaik

Di daftar pertama ada Notally - Minimalist Notes, sebuah aplikasi pencatat offline yang dibuat oleh Om Godse. Seperti namanya, aplikasi ini benar-benar minimalis. Cocok untuk pengguna yang tidak suka macem-macem.


Baca juga :


Meski demikian, UI aplikasi bebas sumber terbuka yang repository-nya ada di GitHub ini bisa dikatakan cantik. Tampilannya tidak jorok, menunyapun rapih.


Notally Minimalist Notes

Notally bisa dipakai untuk membuat daftar kerja, pin catatan, ubah warna dan label catatan agar lebih terorganisir, melampirkan gambar, support format teks, serta widget yang bisa muncul di layar.


Jika dibutuhkan, aplikasi yang ukuran APK-nya hanya 1.2 MB ini juga bisa export notes ke dalam format lain, seperti PDF, TXT, JSON, serta HTML.


Semua tulisan telah dibuat otomatis disimpan di perangkat dan tidak akan keluar dari perangkat yang mana itu menjadi sebuah kelebihan (ramah privasi) dan kekurangan (tidak mendukung sinkronisasi antar device).



Simplenote - Sederhana Dengan Sinkronisasi

List kedua kita berikan kepada Simplenote. Aplikasinya kurang lebih sama minimalisnya dengan aplikasi sebelumnya. Bedanya, kekurangan Notally tidak ada di Simplenote yang notabennya sama-sama aplikasi Android open source.


Ia sudah dibekali dengan fitur real time synchronization yang memungkinkan kita bisa mengakses catatan di ponsel pintar atau tablet lain baik Android maupun iOS.


Simplenote Capture Ideas

Untuk pengguna PC atau Laptop, Simplenote juga tersedia untuk sistem operasi desktop populer. Kalian bisa memasangnya di sistem operasi berbasis Linux, Microsoft Windows, serta macOS.


Kalian bisa memasangnya lewat Windows Store atau Mac App Store. Kemudian untuk para "pejuang pinguin", Ia tersedia di Flathub dan Snap Store.


Penting kita sampaikan, catatan yang disimpan di cloud layanan ini tidak terenkripsi. Jangan pernah gunakan aplikasi Simplenote untuk menyimpan catatan pribadi penting seperti username dan password. Paham ya?.



Standard Notes - Aplikasi Note Paling Aman

Jika Simplenote kurang dalam hal security, Standard Notes justru kebalikannya. Adanya dukungan end to end encryption membuat SN menjadi salah satu aplikasi catatan dengan keamanan tinggi.


Baca juga :


Standard Notes tidak hanya tersedia untuk Android saja, tapi juga iOS (iPhone / iPad), Windows, macOS (Apple Silicon / Intel), distribusi Linux, serta Web App.


Standard Notes Encrypted App

Web App memungkinkan pengguna membuka catatan yang sudah dibuatnya melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, atau web browser populer lainnya.


Secara default, SN sangat simpel. Ia tidak banyak menawarkan fitur pada versi free, beda dengan versi berbayarnya. Untuk informasi, subscription-nya mahal.


Dengan demikian, Standard Notes tidak cocok untuk kalian yang memang butuh aplikasi note yang kaya fitur. Sebaliknya, Ia sangat cocok untuk kalian yang mencari aplikasi catatan simpel tapi aman.



Notesnook - Aplikasi Note Secure & Private

Inilah aplikasi note dan memo terbaik di smartphone Android selanjutnya. Notesnook Secure Private Notes dibekali dengan kemampuan end-to-end encrypted out of the box seperti Standard Notes dan Signal Private Messenger.


Sistem yang digunakan juga sama seperti SN. Notesnook menawarkan tier Basic yang merupakan versi gratis dan tier Pro yang merupakan versi berbayar.


Notesnook Secure Private Notes

Bedanya, harga subscription Notenook hanya 27.74 USD per tahun, sedangkan Standard Notes 63 USD per tahun untuk paket Productivity, dan 84 USD per tahun untuk paket Professional.


Untuk pelajar atau mahasiswa, kalian bisa mengajukan Notesnook for Education yang hanya dibanderol 9.99 USD per tahun. Jauuuuuuuuuh lebih murah!.


Kalaupun jika kalian hanya ingin memakainya tanpa langganan, fiturnya cukup lengkap. Formating text, table, task lists, one time reminder, backup, share link, self destruct, encrypt with password sudah ada di versi gratis.



Joplin - Aplikasi Catatan Gratis Banyak Fitur

Di daftar terakhir ada Joplin. Tidak berbeda dengan kedua daftar terakhir yang Umahdroid sudah sebutkan di atas, aplikasi yang dikembangkan Laurent Cozic ini juga aman berkat adanya end-to-end encryption (E2EE).


Baca juga :


Ia bisa digunakan untuk menulis math expression yang tentu akan sangat berguna untuk kalian yang sering membuat catatan rumus-rumus matematika.


Joplin Open Source Note Taking

Aplikasi yang pasti selalu disebut di dalam best Linux note taking apps ini juga dibekali dengan fitur singkronisasi. Pengguna bisa menautkannya ke Joplin Cloud (berbayar) atau layanan penyimpanan awan pihak ketiga (gratis).


Nextcloud, OneDrive, S3, WebDAV, serta Dropbox merupakan beberapa contoh cloud storage service yang didukung.


Joplin tersedia untuk mobile operating system (Android dan iOS) serta desktop operating system yang mencakup Windows (32 and 64-bit), macOS (termasuk M1), dan distro Linux.


Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan