KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Sebelum Salah Beli, Ini Bedanya Modem Orbit Star 2 dan Star 3

Perbedaan Telkomsel Orbit - Apa kalian tertarik membeli modem WiFi Telkomsel ini tapi bingung dengan model yang tersedia?. Tenang, hari ini kita akan bagikan bedanya Telkomsel Orbit Star 3 dan Telkomsel Orbit Star 2.


Tipe yang kita sebut terakhir sebenarnya sudah pernah Umahdroid review beberapa waktu yang lalu. Jika tertarik dengan ulasannya, kalian bisa membacanya lewat link pada akhir paragraf ke-1 di atas.


Modem yang dijual oleh perusahaan plat merah ini bisa jadi alternatif untuk kalian yang ingin pasang WiFi tapi lokasinya belum ter-cover oleh fiber optik.


Modem WiFi Telkomsel Orbit

Layanan internet rumah berbasis kabel tersebut seperti IndiHome, FirstMedia, MyRepublic, dan Biznet. Alasan lainnya bisa karena kasihan dengan smartphone-nya yang panas jika digunakan untuk tethering terus-terusan.


Oke tanpa banyak babibu, mari kita fokuskan ke bahasan utamanya saja mengenai pebedaan modem tanpa kabel dari Telkomsel.


Perbedaan #1 - Merek Modem Telkomsel Orbit

Telkomsel sendiri menjual beberapa tipe modem Orbit. Beberapa diantaranya seperti Star H1, Pro H1, Max H1, Star N1, Star A1, Star Z1, Star Lite, Pro dan Pro 2, serta Turbo 5G sebagai versi tertingginya.


Baca juga :


Orbit sendiri sebenarnya hanya rebranding dan bentuk kerja sama antara Telkomsel dan berbagai perusahaan pembuat modulator demodulator.


Sederhananya, mereka membeli modem dari produsen asal China yang berbeda-beda, lalu menjualnya kembali di Indonesia dengan modifikasi (termasuk box dan logo) sesuai perjanjian kedua belah pihak.


Produsen yang kita maksud yakni ada dari Huawei, ada ZTE, ada HKM, dan ada juga dari Guangzhou Tozed KangweiIntelligent Technology.


Dalam kasus yang sedang kita bahas sekarang, Telkomsel Orbit Star 2 adalah modem Huawei B312 aka Huawei 4G Router 2S, sedangkan Telkomsel Orbit Star 3 adalah modem ZTE MF283U.


Perbedaan #2 - Dukungan Jaringan Perangkat

Sekarang kita masuk ke bagian supported network atau frekuensi. Meski keduanya memang modem 4G WiFi, tapi ada perbedaan besar pada kedua alat yang berfungsi untuk mengakses jaringan internet.


Yah bisa dibilang, faktor ini merupakan salah satu faktor paling krusial yang bisa menjadi deal-breaker untuk kalian para calon pembeli.


Orbit Star 2 hanya mendukung 4G (B1, B3, B5, B8, B38, B40) saja. Ia tidak mendukung 2G / 3G. Itu membuatnya tidak bisa mengirim dan menerima SMS yang bisa kita manfaatkan untuk mengecek pulsa dan sisa kuota.


Disisi lain, Telkomsel Obit Star 3 mendukung jaringan 2G (B4), 3G (B1/8), dan 4G (FDD B1 / 3 / 5 / 7 / 8 / 28, TDD B38 / 40).


Kalian bisa langsung mengirim dan menerima pesan singkat melalui fitur SMS yang tersedia dengan login ke dashboard admin melalui aplikasi, Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, atau web browser preferensi kalian.


Perbedaan #3 - Port Yang Tersedia di Modem

Beralih ke fitur "perlubangan", modem Telkomsel Obit Star 3 alias ZTE MF283U dibekali dengan colokan yang lebih lengkap dibanding saudaranya Telkomsel Orbit Start 2 alias Huawei B312.


Baca juga :


Pada bagian belakang Star 2 terdapat sebuah port antena eksternal, tombol reset, colokan power adaptor, dan RJ45 untuk LAN / WAN.


Star 3 menyajikan fitur lebih lengkap. Ia memiliki empat RJ45 untuk koneksi ke PC Desktop / Laptop lewat kabel LAN, dua slot antena eksternal yang di pojok kanan dan kiri atas, serta satu buah port USB dan power.


Bolongan pada OS3 memang sedikit dipangkas. Versi aslinya memiliki dua slot RJ11 untuk sambungan kabel telepon PABX dan dukungan PSTN VOIP.


Mestinya hal tersebut tidak menjadi kekurangan apalagi masalah yang berarti karena pada umumnya tipe end-user seperti kita memang tidak memerlukan atau menggunakan port tersebut.


Perbedaan #4 - Dimensi, Harga, Dan Lain-Lain

Desain dan bentuk fisiknya yang berbeda otomatis membuat ukurannya juga berbeda. Dalam hal ini, Telkomsel Orbit Star 2 memiliki size yang sedikit lebih compact dibandingkan kakaknya Telkomsel Orbit Star 3.


Ukuran modem "bintang 2" adalah 125 x 125 x 25,35 mm, sedangkan modem "bintang 3" ada di angka 195 x 150 x 55 mm.


Soal banderol yang ditetapkan oleh PT Telekomunikasi Selular, selisih keduanya tidak sampai Rp 10.000-, sangat sedikit. Kalian tidak perlu menyiapkan uang berjuta-juta untuk membungkus salah satu dari mereka.


Untuk bisa meminang Orbit Star 2, silahkan siapkan fulus Rp 715.000- dan Orbit Star 3 siapkan dana Rp 721.000-.


Dan tentu saja, harga tersebut bisa lebih murah jika ada promo diskon atau check out dengan voucher belanja. Oh ya sebagai informasi tambahan saja, kedua harga tersebut kita ambil dari Official Store Telkomsel di Tokopedia.


Itulah perbedaan modem Orbit Star yang bisa Umahdroid share. Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan lewat komentar di bawah.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan