KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengaturan APN Orbit Star Lite Untuk Kartu Selain Telkomsel

Setting APN Modem Telkomsel - Apakah kalian sendang mencari cara supaya modem WiFi Orbit bisa menggunakan kartu selain Telkomsel?. Jangan panik karena hari ini kita akan bagikan cara setting Access Point Name.


Panduan ini disebut sebagai cara unlock Telkomsel Orbit di beberapa channel YouTube. Faktanya itu kurang tepat karena perangkat jaringan yang aslinya modem HKM-0126 ini sudah unlock all operator dari pabrik.


Kondisi ini membuat Telkomsel Orbit cocok sebagai alternatif yang ingin pasang WiFi tapi lokasi belum ter-cover internet service provider dengan fiber optik.


Modem Telkomsel Orbit Star Lite

IndiHome, FirstMedia, MyRepublic, dan Biznet, adalah beberapa contoh ISP yang kita maksud. Saat artikel ini mengudara, Telkomsel Orbit Lite dijual di harga 500ribuan. Banderol yang cukup terjangkau.


Oke, sekarang kita fokus ke bahasan utamanya saja untuk mengubah pengaturan koneksi internet pada salah satu tipe modem Telkomsel Orbit.


Cara Setting Modem Orbit Star Lite All Operator

Tutorial ini juga bisa kalian gunakan di Orbit Pro karena pada keduanya memang dari satu merek, jadi WebUI yang digunakan juga sama. Untuk Orbit Star 2, kalian bisa baca lewat link berikut.


Baca juga :


Untuk informasi saja, modem Orbit sebenarnya hanya rebranding dari modem Huawei, ZTE, HKM, dan Guangzhou Tozed KangweiIntelligent Technology.


Perusahaan tersebut memiliki software masing-masing. Meski pada dasarnya sama, tapi antarmuka dashboard mempengaruhi tata letak menu. Itu membuat setiap modem punya caranya masing-masing.


Sebelum kita mulai, silahkan PC Desktop / Laptop / HP / Tablet kalian ke WiFi modem Orbit. Begitu konek, lanjutkan dengan langkah berikut.


#1 Login ke WebUI Modem Orbit

Jalankan Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau browser lainnya. Ketik (copas juga boleh) IP 192.168.8.1 pada address bar, terus tekan enter untuk membuka panel.


IP Login Orbit Telkomsel

Masukan "admin" (tanpa tanda petik) pada kolom username dan password seperti gambar tangkapan layar di atas, kemudian klik Sign In untuk masuk.


Jika salah, kalian mungkin perlu mendapatkan nama pengguna dan kata sandi dulu. Tutorialnya sudah pernah kita bagikan beberapa waktu lalu. Silahkan merapat saja ke posting cara mengetahui password Orbit.


#2 Memulai Pengaturan Jaringan

Kita asumsikan kalian sudah berhasil masuk ke panel admin. Langkah selanjutnya, klik menu Internet yang ada di bagian atas, kemudian pilih menu APN Management yang ada pada sidebar.


Setting APN Modem Orbit Telkomsel

Tidak perlu berlama-lama, pilih saja New APN Profile. Begitu muncul tampilan seperti screenshot di atas, sekarang isi dengan data ini :


APN Profile Name : internet
APN Name : internet
User Name : (kosongkan)
Password : (kosongkan)
IP Type : IPV4/V6
Authtype : NONE

Klik tombol OK untuk menyimpan config yang sudah kalian isi. Jika muncul pesan Add APN Profile successfully! berarti sudah berhasil. Sekarang tiba waktunya untuk mengaktifkan konfigurasi tersebut.


Hantam menu dropdown yang ada tepat di bawah tabel tersebut, lalu atur ke internet. Jika opsinya tidak ada / belum muncul, coba refresh halamannya.


Konfigurasi ini bisa digunakan untuk segala jenis kartu operator seluler Indonesia, mulai dari Simpati, AS, By.U, XL, Indosat Ooredoo (termasuk IM3/Mentari), Tri, Smartfren, sampai dengan kartu digital XL Live.On.

6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Rahman
    Rahman
    27 November
    • Kunjungi profil
    Kenapa setelah ganti kartu sinyal nya masih berwarna merah mas, dan di menu Dashboardnya Network Status PNPIN required sewaktu kartu Live On saya masukkan dan tambahkan APN profil sesual tulisan di atas. Mohon dibalas. Trims
    • Rahman
      Tiwo Satriatama
      30 November
      • Kunjungi profil
      Sudah coba pakai kartu lain belum mas?. XL atau Axis misalnya. Bisa nggak?
    • Rahman
      Rahman
      30 November
      • Kunjungi profil
      sudah mas, tetap tidak bisa, indikator lampu data selulernya masih merah, kira2 knp ya, apa lock sim kah?
    • Rahman
      Tiwo Satriatama
      01 Desember
      • Kunjungi profil
      Modemnya sudah coba direset?. Kalo dulu Saya pernah ngalamin di Star 2 nggak bisa pakai Live.on, tapi kartu lain bisa semua
    • Rahman
      Rahman
      02 Desember
      • Kunjungi profil
      Sudah mas, di reset brkali2 baik dri tombol reset atau dri web ui nya kembalikan k pngaturan pabrik msh spt itu. Kira2 ada solusi ga mas biar bisa dpakai krtu Live On? Klo star 2 nya apa dibiarkan ga bisa krtu live on mas?

      Padahal ada pnya tmn yg star lite jg itu bisa krtu live on
    • Rahman
      Tiwo Satriatama
      02 Desember
      • Kunjungi profil
      Kemarin baca-baca (lupa dimana) ada user Star Lite pakai kartu lain sinyalnya baru muncul setelah 30 menitan.

      Engga. Waktu itu hubungi CS Live.On. Seminggu protes dan harus jawab belasan pertanyaan. Abis itu langsung lancar sampe sekarang.
    Reply