Review Telkomsel Orbit Star 2 (Huawei B312) Kecil Tapi Muasin - Umahdroid

Ulasan Orbit Star Telkomsel - Butuh rekomendasi modem WiFi 4G, bisa digunakan all operator aka unlock dari pabrik, harga murah / setidaknya masuk akal?. Yosh, kita persembahkan salah satu modem 4G LTE Huawei terbaik.


Perangkat ini bisa jadi alternatif untuk kalian yang ingin pasang WiFi tapi tidak punya telepon rumah, belum ada jaringan fiber optik IndiHome, FirstMedia, MyRepublic, Biznet, dan Internet Service Provider lainnya.


Bisa juga karena kasihan dengan smartphone-nya yang panas jika terus-terusan digunakan tethering ke laptop / PC desktop.


Review Telkomsel Orbit Star 2

Orbit dari Telkomsel memberikan solusi layanan internet rumah memakai perangkat modem WiFi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat pandemi seperti sekarang yang membuat banyak kegiatan offline beralih ke kegiatan online.


Termasuk bekerja, sekolah, kuliah, upacara, wisuda, pelatihan, dan kegiatan lainnya. Semua bisa dilakukan dengan santai dari rumah.


Unboxing Telkomsel Orbit Star 2, Dapat Apa Saja?

Seperti warna perusahaan penjualnya, desain kotak sangat minimalis dengan perpaduan warna gradasi merah dan jingga, ada tulisan Orbit Star 2, model modem, serta spesifikasi singkat perangkat.


Baca juga :


Di dalam paket penjualan, kita mendapat 1 unit home router Orbit Star 2, adaptor, kartu seluler Telkomsel Orbit, dan kitab garansi.


Unboxing Paket Penjualan Orbit Star 2

Selain itu ada selembar kertas petunjuk aktivasi melalui aplikasi MyOrbit yang bisa kalian download secara gratis di Google Play Store untuk tablet / smartphone atau App Store untuk perangkat iOS.


Modem Telkomsel Orbit yang dijual bukan dari satu produsen saja. Khusus unit yang ada di tangan kita, Orbit Star 2 adalah modem Huawei B312.


SPESIFIKASI TELKOMSEL ORBIT STAR 2

Wi-FiWi-Fi: 802.11 b/g/n. 2.4GHz Wi-Fi 2x2 MIMO
WAN / LAN3GPP Release 9 / IEEE 802.3/802.3u
Frequency
  • B1 : 1920~2170 MHz, 1920~2170 MHz

  • B3 : 1710~1880 MHz, 1710~1880 MHz

  • B5 : 824~894 MHz, 824~894 MHz

  • B8 : 880~960 MHz, 880~960 MHz

  • B38 : 2570~2620 MHz, 2570~2620 MHz

  • B40 : 2300~2400 MHz, 2300~2400 MHz

External port
  • One power adapter port

  • One LAN/WAN port (RJ45)

  • One external LTE antenna ports (SMA)

  • One SIM card slot (Nano-SIM)

Antenna
  • Built-in LTE primary antenna

  • Built-in LTE secondary antenna

  • Built-in Wi-Fi 2.4 GHz antenna

LED IndicatorPower, WiFi, Signal strength
ButtonsON/OFF switch, WPS, Reset
Power consumption< 12 W
AC / DC Power
  • AC (input) : 100V-240V 50Hz/60Hz

  • DC (output) : 12V/1A

Temperature
  • Working temperature : 0°C to 40°C

  • Storage temperature : -20°C to +70°C

Dimension125 mm x 125 mm x 25.35 mm
WeightAbout 146g (excluding the adapter)
Humidity0% - 95% (non-condensing)
ManagementWebUI / HiLink / AI Life

Untuk tambahan informasi, Orbit Star Lite adalah HKM-0126, Orbit Star 3 adalah ZTE MF283U, Orbit Pro adalah HKM281, Orbit Pro 2 adalah ZTE MF286R.


Orbit Max sebagai versi paling tinggi merupakan Huawei 4G Router 3 Prime (B818). Khusus seri HKM, sepengetahuan kita itu produknya Shanghai Boost. Tolong dikoreksi jika kita keliru.


Desain Orbit Star 2, Minimalis Tapi Tetap Elegan

Tidak ada perubahan signifikan pada Huawei 4G Router 2s selain ditempelnya sticker Telkomsel Orbit di bagian bawah. Tapi terus terang, saat pertama kali melihatnya, kita langsung suka desainnya.


Bentuknya persegi dengan ukuran 101mm x 126mm x 36mm serta shape membulat alias rounded di keempat sisinya terlihat sangat manis.


Desain Depan Modem Orbit Star 2

Kalian bisa menemukan tombol on / off dan WPS di atas. Bagian depan diisi dengan 5 buah lampu indikator, yakni Power, WiFi, dan 3 bar Signal.


Beralih ke belakang, ada tombol reset, colokan untuk power adaptor, port RJ45 untuk LAN / WAN. Orbit Star 2 juga memiliki 1 buah port antena eksternal yang bisa ditemukan dengan membuka backdoor.


Desain Belakang Modem Orbit Star 2

Itu artinya kita bisa "mengawinkannya" dengan antena indoor untuk menguatkan sinyal WiFi atau outdoor seperti Yagi, Grid, & log periodik (LPDA) untuk menguatkan sinyal 3G / 4G dari BTS. Cocok untuk lokasi yang susah sinyal.


Bagian ini juga memuat informasi merek, model, wifi and password default, WPS PIN, IMEI, nomor seri, blablablabla.


Desain Bawah Modem Orbit Star 2

Tempat SIM Card berukuran nano ada di bawah. Mestinya kalian tidak akan salah pasang karena pasti tidak akan masuk jika dipasang kartu seluler dengan ukuran micro dan mini.


Kakinya dirancang agar dapat berdiri. Dan seperti yang kalian lihat, tidak ada lubang mounting wall supaya modem bisa digantung di tembok.


Oh ya, modem ini tidak memiliki baterai, berbeda dengan MiFi yang biasanya sudah ditanam baterai. Apabila listrik mati, maka mobile router ini juga akan mati ya, jadi jangan kaget saat pemadaman.


Panduan Menggunakan Modem WiFi Telkomsel

Perlu kita sampaikan, modem kita beli bekas. Saat paket datang, kartu bawaanya sudah tidak ada, jadi maaf saja, soal bagaimana cara aktivasi Orbit Star 2, registrasi kartu Telkomsel Orbit tidak akan kita bahas.


Baca juga :


Niat dari awal memang kita tidak ingin memakai provider seluler plat merah karena sangat stabil lemotnya. Jika dipaksa bisa nembus alam lain speed-nya.


Cara Setting Telkomsel Orbit Star 2

Cara pakai modem Orbit sangat mudah. Cukup pasang kartu ke slot yang tersedia, sambungkan kabel power, hubungkan ke sumber listrik. Perangkat akan otomatis menyala dan membagikan koneksi internet.


Tidak perlu pengaturan ini-itu. Yang dibutuhkan jika memakai kartu selain Telkomsel Orbit hanya setting Access Point Name lewat dashboard WebUI.


Kalian perlu login memakai password admin Orbit Star 2. Tutorialnya akan kita buat setelah ini, jadi pastikan like and follow akun sosial media Umahdroid agar tidak ketinggalan update artikel.


Uji Kartu Operator Lain Di Telkomsel Orbit Star 2

Coba perhatikan screenshot di bawah. Sekarang kita sedang menggunakan Indosat Ooredoo IM3. Kita juga sudah mengujinya dengan kartu XL, Simpati, dan By.U. Semua dilibas bersih, kecuali satu, kartu Live.On.


Modem WiFi bundling Telkomsel ini menampilkan no services (tidak ada layanan) yang berarti no signal. Padahal mereka kan "ngendong" jaringan XL Axiata. Aneh!.


Telkomsel Orbit Star 2 Unlock Kartu Lain

Untuk Tri dan Smart belum dites karena kita tidak memiliki SIM-nya. Tapi jika dilihat dari hasil search network manual mestinya sih tidak ada masalah. Sinyal keduanya bisa ditangkap dengan baik oleh modem.


Intinya Orbit Star 2 sudah unlock all operator. Jika ada YouTuber yang membuat cara unlock Orbit Star 2 sebenarnya kurang pas karena isinya cara setting APN.


Telkomsel Orbit Star 2 Huawei B312

Padahal untuk unlock modem yang di lock operator butuh trik & jamu khusus (flash dengan firmware khusus misalnya). Kembali ke topik, jika dibutuhkan pengguna bisa mengatur 4G Only atau Band 40 Only lewat 192.168.8.1.


Hal yang menurut kita cukup disayangkan disini adalah Orbit Star 2 / Huawei B312 ini hanya support jaringan 4G LTE saja.


Ia tidak mendukung 3G seperti Huawei B311 dan B310. Itu berarti TOS2 tidak bisa mengirim / menerima SMS atau melakukan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) seperti yang biasa dilakukan ketika mengecek pulsa.


Pengalaman Selama Menggunakan Router Orbit

Tidak ada pengalaman buruk selama 4 minggu belakangan kita memakai Telkomsel Orbit Star 2. Yah, kecuali provider digital saingan By.U dan MPWR itu saja yang rewel. Padahal katu kartu sudah diregistrasi.


Baca juga :


Pertanyaan paling penting, seberapa cepat modem ini?. Apa Telkomsel Orbit lemot?. Biarkan tangkapan layar speedtest Orbit Star 2 berikut menjawabnya.


Uji Kecepatan Modem Orbit Star 2

Hasil tersebut kita dapatkan saat memakai kartu XL di dalam ruangan dengan jarak BTS +/- 370 meter dan sinyal 4G full bar. Mengingat lokasi gubug Umahdroid ada di pedesaaan, ini sudah cukup bagus.


Kualitas jaringan mobile broadband dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya :

  • Lokasi / coverage

  • Waktu pengujian

  • Jumlah pengguna

  • Teknologi transfer


Gunakan provider seluler yang bagus di tempat kalian. Kartu yang jelek atau koneksinya bermasalah larung saja ke laut.


Meski lebih lambat ketimbang speedtest XL Live.On, tapi dengan Download 47.31 Mbps, Upload 20.56 Mbps, dan Ping 38 ms, sesi browsing, streaming, gaming, online meeting, dan kegiatan dunia maya lainnya masih sangat oke.


Kesimpulan - Telkomsel Orbit Star 2 Layak Dibeli?

Bagaimanapun juga ini kembali ke pengguna. Jika butuh alternatif selain ISP berbasis kabel, modem WiFi murah, siap diajak kerja keras, hidup 24 jam non stop, menurut kita Orbit Star 2 layak dibungkus.


Untuk melengkapi artikel, kalian bisa melihat daftar kelebihan dan kekurangan modem 4G LTE dari Huawei ini lewat daftar di bawah.


#1 Kelebihan

  • Harga ramah kantong

  • Desain modem cakep

  • Memiliki port antena

  • Tangkapan sinyal bagus

  • Performa memuaskan

  • Dibuat oleh Huawei


#2 Kekurangan

  • Tidak support jaringan 3G

  • Tidak bisa dipajang di dinding

  • Tidak dibekali kabel LAN

  • Pancaran WiFi kurang luas


Ada kelemahan atau keunggulan yang belum kita tulis?. Silahkan tinggalkan komentar agar bisa ditambahkan.


Itu saja yang bisa Umahdroid share tentang modem Orbit Star 2 unlock. Semoga bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Oya untuk kelemahan terakhir, kalian bisa coba menggunakan Xiaomi WiFi Extender.

Review Telkomsel Orbit Star 2 (Huawei B312) Kecil Tapi Muasin

Ulasan Orbit Star Telkomsel - Butuh rekomendasi modem WiFi 4G, bisa digunakan all operator aka unlock dari pabrik, harga murah / setidaknya masuk akal?. Yosh, kita persembahkan salah satu modem 4G LTE Huawei terbaik.


Perangkat ini bisa jadi alternatif untuk kalian yang ingin pasang WiFi tapi tidak punya telepon rumah, belum ada jaringan fiber optik IndiHome, FirstMedia, MyRepublic, Biznet, dan Internet Service Provider lainnya.


Bisa juga karena kasihan dengan smartphone-nya yang panas jika terus-terusan digunakan tethering ke laptop / PC desktop.


Review Telkomsel Orbit Star 2

Orbit dari Telkomsel memberikan solusi layanan internet rumah memakai perangkat modem WiFi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat pandemi seperti sekarang yang membuat banyak kegiatan offline beralih ke kegiatan online.


Termasuk bekerja, sekolah, kuliah, upacara, wisuda, pelatihan, dan kegiatan lainnya. Semua bisa dilakukan dengan santai dari rumah.


Unboxing Telkomsel Orbit Star 2, Dapat Apa Saja?

Seperti warna perusahaan penjualnya, desain kotak sangat minimalis dengan perpaduan warna gradasi merah dan jingga, ada tulisan Orbit Star 2, model modem, serta spesifikasi singkat perangkat.


Baca juga :


Di dalam paket penjualan, kita mendapat 1 unit home router Orbit Star 2, adaptor, kartu seluler Telkomsel Orbit, dan kitab garansi.


Unboxing Paket Penjualan Orbit Star 2

Selain itu ada selembar kertas petunjuk aktivasi melalui aplikasi MyOrbit yang bisa kalian download secara gratis di Google Play Store untuk tablet / smartphone atau App Store untuk perangkat iOS.


Modem Telkomsel Orbit yang dijual bukan dari satu produsen saja. Khusus unit yang ada di tangan kita, Orbit Star 2 adalah modem Huawei B312.


SPESIFIKASI TELKOMSEL ORBIT STAR 2

Wi-FiWi-Fi: 802.11 b/g/n. 2.4GHz Wi-Fi 2x2 MIMO
WAN / LAN3GPP Release 9 / IEEE 802.3/802.3u
Frequency
  • B1 : 1920~2170 MHz, 1920~2170 MHz

  • B3 : 1710~1880 MHz, 1710~1880 MHz

  • B5 : 824~894 MHz, 824~894 MHz

  • B8 : 880~960 MHz, 880~960 MHz

  • B38 : 2570~2620 MHz, 2570~2620 MHz

  • B40 : 2300~2400 MHz, 2300~2400 MHz

External port
  • One power adapter port

  • One LAN/WAN port (RJ45)

  • One external LTE antenna ports (SMA)

  • One SIM card slot (Nano-SIM)

Antenna
  • Built-in LTE primary antenna

  • Built-in LTE secondary antenna

  • Built-in Wi-Fi 2.4 GHz antenna

LED IndicatorPower, WiFi, Signal strength
ButtonsON/OFF switch, WPS, Reset
Power consumption< 12 W
AC / DC Power
  • AC (input) : 100V-240V 50Hz/60Hz

  • DC (output) : 12V/1A

Temperature
  • Working temperature : 0°C to 40°C

  • Storage temperature : -20°C to +70°C

Dimension125 mm x 125 mm x 25.35 mm
WeightAbout 146g (excluding the adapter)
Humidity0% - 95% (non-condensing)
ManagementWebUI / HiLink / AI Life

Untuk tambahan informasi, Orbit Star Lite adalah HKM-0126, Orbit Star 3 adalah ZTE MF283U, Orbit Pro adalah HKM281, Orbit Pro 2 adalah ZTE MF286R.


Orbit Max sebagai versi paling tinggi merupakan Huawei 4G Router 3 Prime (B818). Khusus seri HKM, sepengetahuan kita itu produknya Shanghai Boost. Tolong dikoreksi jika kita keliru.


Desain Orbit Star 2, Minimalis Tapi Tetap Elegan

Tidak ada perubahan signifikan pada Huawei 4G Router 2s selain ditempelnya sticker Telkomsel Orbit di bagian bawah. Tapi terus terang, saat pertama kali melihatnya, kita langsung suka desainnya.


Bentuknya persegi dengan ukuran 101mm x 126mm x 36mm serta shape membulat alias rounded di keempat sisinya terlihat sangat manis.


Desain Depan Modem Orbit Star 2

Kalian bisa menemukan tombol on / off dan WPS di atas. Bagian depan diisi dengan 5 buah lampu indikator, yakni Power, WiFi, dan 3 bar Signal.


Beralih ke belakang, ada tombol reset, colokan untuk power adaptor, port RJ45 untuk LAN / WAN. Orbit Star 2 juga memiliki 1 buah port antena eksternal yang bisa ditemukan dengan membuka backdoor.


Desain Belakang Modem Orbit Star 2

Itu artinya kita bisa "mengawinkannya" dengan antena indoor untuk menguatkan sinyal WiFi atau outdoor seperti Yagi, Grid, & log periodik (LPDA) untuk menguatkan sinyal 3G / 4G dari BTS. Cocok untuk lokasi yang susah sinyal.


Bagian ini juga memuat informasi merek, model, wifi and password default, WPS PIN, IMEI, nomor seri, blablablabla.


Desain Bawah Modem Orbit Star 2

Tempat SIM Card berukuran nano ada di bawah. Mestinya kalian tidak akan salah pasang karena pasti tidak akan masuk jika dipasang kartu seluler dengan ukuran micro dan mini.


Kakinya dirancang agar dapat berdiri. Dan seperti yang kalian lihat, tidak ada lubang mounting wall supaya modem bisa digantung di tembok.


Oh ya, modem ini tidak memiliki baterai, berbeda dengan MiFi yang biasanya sudah ditanam baterai. Apabila listrik mati, maka mobile router ini juga akan mati ya, jadi jangan kaget saat pemadaman.


Panduan Menggunakan Modem WiFi Telkomsel

Perlu kita sampaikan, modem kita beli bekas. Saat paket datang, kartu bawaanya sudah tidak ada, jadi maaf saja, soal bagaimana cara aktivasi Orbit Star 2, registrasi kartu Telkomsel Orbit tidak akan kita bahas.


Baca juga :


Niat dari awal memang kita tidak ingin memakai provider seluler plat merah karena sangat stabil lemotnya. Jika dipaksa bisa nembus alam lain speed-nya.


Cara Setting Telkomsel Orbit Star 2

Cara pakai modem Orbit sangat mudah. Cukup pasang kartu ke slot yang tersedia, sambungkan kabel power, hubungkan ke sumber listrik. Perangkat akan otomatis menyala dan membagikan koneksi internet.


Tidak perlu pengaturan ini-itu. Yang dibutuhkan jika memakai kartu selain Telkomsel Orbit hanya setting Access Point Name lewat dashboard WebUI.


Kalian perlu login memakai password admin Orbit Star 2. Tutorialnya akan kita buat setelah ini, jadi pastikan like and follow akun sosial media Umahdroid agar tidak ketinggalan update artikel.


Uji Kartu Operator Lain Di Telkomsel Orbit Star 2

Coba perhatikan screenshot di bawah. Sekarang kita sedang menggunakan Indosat Ooredoo IM3. Kita juga sudah mengujinya dengan kartu XL, Simpati, dan By.U. Semua dilibas bersih, kecuali satu, kartu Live.On.


Modem WiFi bundling Telkomsel ini menampilkan no services (tidak ada layanan) yang berarti no signal. Padahal mereka kan "ngendong" jaringan XL Axiata. Aneh!.


Telkomsel Orbit Star 2 Unlock Kartu Lain

Untuk Tri dan Smart belum dites karena kita tidak memiliki SIM-nya. Tapi jika dilihat dari hasil search network manual mestinya sih tidak ada masalah. Sinyal keduanya bisa ditangkap dengan baik oleh modem.


Intinya Orbit Star 2 sudah unlock all operator. Jika ada YouTuber yang membuat cara unlock Orbit Star 2 sebenarnya kurang pas karena isinya cara setting APN.


Telkomsel Orbit Star 2 Huawei B312

Padahal untuk unlock modem yang di lock operator butuh trik & jamu khusus (flash dengan firmware khusus misalnya). Kembali ke topik, jika dibutuhkan pengguna bisa mengatur 4G Only atau Band 40 Only lewat 192.168.8.1.


Hal yang menurut kita cukup disayangkan disini adalah Orbit Star 2 / Huawei B312 ini hanya support jaringan 4G LTE saja.


Ia tidak mendukung 3G seperti Huawei B311 dan B310. Itu berarti TOS2 tidak bisa mengirim / menerima SMS atau melakukan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) seperti yang biasa dilakukan ketika mengecek pulsa.


Pengalaman Selama Menggunakan Router Orbit

Tidak ada pengalaman buruk selama 4 minggu belakangan kita memakai Telkomsel Orbit Star 2. Yah, kecuali provider digital saingan By.U dan MPWR itu saja yang rewel. Padahal katu kartu sudah diregistrasi.


Baca juga :


Pertanyaan paling penting, seberapa cepat modem ini?. Apa Telkomsel Orbit lemot?. Biarkan tangkapan layar speedtest Orbit Star 2 berikut menjawabnya.


Uji Kecepatan Modem Orbit Star 2

Hasil tersebut kita dapatkan saat memakai kartu XL di dalam ruangan dengan jarak BTS +/- 370 meter dan sinyal 4G full bar. Mengingat lokasi gubug Umahdroid ada di pedesaaan, ini sudah cukup bagus.


Kualitas jaringan mobile broadband dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya :

  • Lokasi / coverage

  • Waktu pengujian

  • Jumlah pengguna

  • Teknologi transfer


Gunakan provider seluler yang bagus di tempat kalian. Kartu yang jelek atau koneksinya bermasalah larung saja ke laut.


Meski lebih lambat ketimbang speedtest XL Live.On, tapi dengan Download 47.31 Mbps, Upload 20.56 Mbps, dan Ping 38 ms, sesi browsing, streaming, gaming, online meeting, dan kegiatan dunia maya lainnya masih sangat oke.


Kesimpulan - Telkomsel Orbit Star 2 Layak Dibeli?

Bagaimanapun juga ini kembali ke pengguna. Jika butuh alternatif selain ISP berbasis kabel, modem WiFi murah, siap diajak kerja keras, hidup 24 jam non stop, menurut kita Orbit Star 2 layak dibungkus.


Untuk melengkapi artikel, kalian bisa melihat daftar kelebihan dan kekurangan modem 4G LTE dari Huawei ini lewat daftar di bawah.


#1 Kelebihan

  • Harga ramah kantong

  • Desain modem cakep

  • Memiliki port antena

  • Tangkapan sinyal bagus

  • Performa memuaskan

  • Dibuat oleh Huawei


#2 Kekurangan

  • Tidak support jaringan 3G

  • Tidak bisa dipajang di dinding

  • Tidak dibekali kabel LAN

  • Pancaran WiFi kurang luas


Ada kelemahan atau keunggulan yang belum kita tulis?. Silahkan tinggalkan komentar agar bisa ditambahkan.


Itu saja yang bisa Umahdroid share tentang modem Orbit Star 2 unlock. Semoga bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Oya untuk kelemahan terakhir, kalian bisa coba menggunakan Xiaomi WiFi Extender.

12 komentar

  1. mau nanya, apakah bisa di tambah kabel LAN

    BalasHapus
  2. Nomor bawaan orbit bisa dipindah ke hp dan paketannya masih bisa dipakai di hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa. Kartunya udah dilock sama IMEI modem Orbit biar nggak bisa dipake di device lain

      Hapus
    2. Tapi ada yg jual nomor orbit tanpa modem bang 🤔

      Hapus
    3. Emang. Tapi biasanya seller akan kasih IMEI Orbit juga

      Hapus
  3. Maaf bang mau tanya jangakuan wifinya berapa jaraknya

    BalasHapus
  4. Ada satu lagi min Orbit Star A1 pake Advan A10

    BalasHapus

DAPATKAN UPDATE ARTIKEL GRATIS