KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

16 Game Paling Legend Mainan Anak Tahun 90an, Pernah Coba?

Game Jadul Paling Populer - Anak yang lahir tahun 90an boleh jadi merupakan generasi paling beruntung karena menikmati dua zaman, yakni zaman permainan tradisional dan zaman permainan modern.


Sebagai kaum ekonomi lemah, kami masih sangat mengingat betapa nikmatnya bermain congklak, egrang, engklek, tulup bambu dengan peluru kertas basah, dam-daman, gundu, atau boi-boian.


Memasuki tahun 2000an, memainkan game modern semakin mudah dan murah berkat hadirnya PS. Bukan PlayStation, tapi PolyStation.


Game Super Nintendo Jadul

Desainnya kotak, biasanya punya 3 tombol (power, reset, dan eject), kasetnya persegi panjang vertikal, warnanya putih atau abu-abu untuk Nintendo, serta sering ditiup sebelum dipasang.


Untuk mengenangnya, hari ini Umahdroid akan bagikan judul-judul game paling populer di masa itu. Apa saja?. Mari mulai!.


Duck Hunt

Permainan ini bisa dibilang permainan pertama kita. Duck Hunt adalah video game penembak yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Nintendo Entertainment System (NES) dan Nintendo Vs.


Baca juga :


Game ini pertama kali dirilis pada April 1984, di Jepang untuk konsol Family Computer (Famicom) dan di Amerika Utara sebagai game arcade.



Setelah dua tahun mengudara, Ia baru dirilis di Eropa. Duck Hunt memakai senapan yang diberi nama NES Zapper dan televisi CRT atau banyak dikenal sebagai TV tabung sebagai media tembak.


Super Mario Bros

Rasanya tidak mungkin tidak ada yang kenal dengan game ini. Seperti sebelumnya, Super Mario Bros adalah permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo.



Pemain ditugaskan mengontrol Mario, atau saudaranya Luigi dalam mode multiplayer, saat mereka melakukan perjalanan ke Kerajaan Jamur untuk menyelamatkan Putri Toadstool dari Bowser (King Koopa).


ExiteBike

Jangan digas terus nanti kepanasan terus mogok. Excitebike adalah franchise video game balap motorcross yang dibuat oleh Nintendo. Ia memulai debutnya sebagai game untuk Famicom di Jepang pada tahun 1984.



Pada 1985, judul ini menemani peluncuran untuk Nintendo Entertainment System. Versi browser Excitebike ini telah diarsipkan sebagai karya seni museum dan diberi rating 4,57/5 di OldGameShelf.com.


Contra

Daftar selanjutnya ada Contra, sebuah game run-and-gun yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami yang awalnya dikembangkan sebagai permainan arcade yang dioperasikan dengan koin pada tahun 1986.



Versi NES baru muncul tahun 1988 bersama dengan port untuk berbagai format komputer rumahan seperti MSX2. Contra sangat sukses secara komersial di seluruh dunia dan jadi game paling laris.


Tank 1990 (Battle City)

Tank 1990 (Battle City) sangat populer di masa keemasan Nintendo Entertainment System. Sampai saat ini, Ia masih diminati oleh pecinta video game 8-bit, pixel art, tank game, arcade game, brick game, mini arcade in Tank 1990.



Misi pemain sederhana, kontrol tank kalian, kemudian hancurkan tank musuh di setiap level yang memasuki playfield dari atas layar sekaligus mempertahankan hidup dan melindungi pangkan elang dari musuh.


Circus Charlie

Dalam bahasa Jepang, Circus Charlie berarti Sakasu Chari, merupakan sebuah game aksi yang awalnya diterbitkan di arcade oleh Konami pada tahun 1984. Player berperan sebagai badut sirkus bernama Charlie dalam 6 minigame bertema sirkus.



CC dirilis untuk MSX pada tahun yang sama, diikuti oleh port Famicom pada 1986 oleh Soft Pro, dan Commodore 64 setahun setelahnya. Ia akhirnya dikompilasi bersama game klasik Konami lainnya.


Hyper Olympic

Hyper Olympic adalah game sport jadul bertema olimpiade yang dikembangkan oleh Konami untuk arcades pada tahun 1983. Di negeri Amerika Serikat, judul ini diluncurkan pada 1984 dengan nama Track & Field.



Cabang olah raganya sendiri terdiri dari 100 meter dash, Long jump, Javelin throw, 110 meter hurdles, Hammer throw, and High jump dengan waktu atau level kualifikasi yang harus dicapai untuk maju ke event berikutnya.


Dr Mario

Tidak setiap orang bisa menjadi tenaga kesehatan. Tapi dengan hadirnya Dr Mario, setiap orang bisa menjadi dokter untuk membasmi virus. Dr Mario adalah game puzzle yang diproduksi oleh Gunpei Yokoi dan dirancang oleh Takahiro Harada.



Nintendo mengembangkan dan menerbitkan game ini untuk Nintendo Entertainment System dan konsol Game Boy. Misinya sederhana, basmi virus yang berkembang dalam wadah sebanyak yang bisa player lakukan.


Ballon Fight

Judul berikutnya adalah sebuah permainan yang dikembangkan (lagi-lagi) oleh Nintendo. Sistem dari Ballon Fight mirip dengan Joust dari Williams Electronics yang sudah eksis sejak 1985.


Baca juga :


Pemain akan bermain sebagai petarung tanpa nama dengan dua buah balon yang dikaitkan ke helmnya.



Jaga baik-baik balon tersebut karena jika salah satu balon kalian pecah, karakter yang dimainkan akan kesulitan terbang. Balon yang tersisa merupakan "nyawa" kalian satu-satunya.


Bomberman

Awalnya, Hudson Soft mengembangkan Bomberman untuk personal computer NEC PC-8801, NEC PC-6001 mkII, Fujitsu FM-7, Sharp MZ-700, Sharp MZ-2000, Sharp X1 and MSX di Jepang.



Bomberman baru dirilis untuk NES dua tahun setelah perilisan, yakni pada 1985. Karakter pada NES / Famicom release adalah robot yang harus mencari jalan untuk menyelesaikan misi sekaligus menghindar dari musuh.


Kungfu

Te-tuw-te-tuw. Efek suara ini yang akan kalian dapatkan saat menendang. Kung Fu merupakan port dari Kung-Fu Master yang dikembangkan oleh Irem sebagai arcades pada tahun 1984.



Pemain akan mengontrol Thomas sebagai master kung-fu untuk menyelamatkan kekasihnya yang diculik dengan bertarung hingga dia mencapai lantai 6, di mana dia harus melawan Mr. X sendiri untuk membebaskan Silvia.


Donkey Kong

Donkey Kong merupakan seri video game yang dibuat oleh Shigeru Miyamoto. Dalam permainan, Mario harus naik ke lokasi konstruksi sambil menghindari tong dan bola api untuk menyelamatkan pacarnya Pauline.



Keberhasilan game aslinya melahirkan beberapa port, dan sekuelnya, Donkey Kong Jr. yang juga dikembangkan oleh Shigeru. Dalam game ini, Donkey Kong Jr berusaha menyelamatkan ayahnya, Donkey Kong, yang dipenjara.


Legend of Kage

The Legend of Kage adalah game terbaik dengan sistem side-scrolling hack-and-slash action yang dikembangkan dan dirilis oleh Taito. Pemain akan mengambil peran sebagai Kage, seorang ninja muda.



Misinya menyelamatkan putri Shogun, Kiri, dari panglima perang jahat Yoshi dan sesama samurai jahat Yuki. Kage harus berjuang melalui hutan, dinding benteng, dan kastil untuk memenangkan permainan.


Ice Climber

Selanjutnya ada Ice Climber, sebuah platform-game yang dikembangkan oleh Nintendo. Dalam Ice Climber, karakter Popo dan Nana harus berjuang memulihkan sayuran curian dari condor.



Player 1 mengontrol Popo, seorang anak laki-laki yang mengenakan jaket Eskimo biru, sedangkan player 2 mengontrol Nana, seorang gadis yang mengenakan jaket merah muda.


Adventure Island

Master Higgins adalah seorang pemuda yang berkelana ke Adventure Island di Pasifik Selatan setelah mendengar bahwa Dokter Penyihir Jahat menculik Putri Tina. Untuk menyelamatkannya, Higgins harus selamat dalam 32 tahap.



Banyak hal unik terjadi di dalam game, seperti adanya skate-board, peri (tanpa mimi), dan dinasaurus. Adventure Island merupakan adaptasi dari game arcade Wonder Boy, yang dikembangkan oleh Escape.


Double Dragon

Billy Lee dan saudara kembarnya Jimmy berjuang masuk ke wilayah geng Black Warriors untuk menyelamatkan pacar Billy, Marian. Mereka memiliki repertoar teknik seni bela diri yang dieksekusi dengan joystick dan 3 tombol aksi.



Tendangan, lompat, dan pukulan bisa dilakukan secara individual atau kombinasi. Saat bermain dengan pemain lain, seseorang dapat menangkap lawan dari belakang, lalu membiarkan yang lain menyerang.


Bagaimana, seperti kembali ke masa lalu?. Sampai sekarang kita masih kadang memainkan game-game ini untuk nostalgia.


Itu saja yang bisa kita sampaikan tentang game Nintendo jadul yang sering dimainkan anak generasi sembilan puluh sampai dua ribuan. Untuk memainkannya lagi, kalian bisa memakai Lemuroid.

7 komentar

7 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    17 Februari
    • Kunjungi profil
    Kunio-kun's Nekketsu Soccer League
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      18 Februari
      • Kunjungi profil
      Wah iya. Kayaknya ini game sepakbola paling bar-bar. Wkwk
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    16 Februari
    • Kunjungi profil
    Gokil sih dulu gue juga punya model kaya gini. Dikira bisa dimasukin kaset PS1, ternyata pas dibuka itu buat kaset nintendo. Emezinggggg wkwkwkwkwk
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      16 Februari
      • Kunjungi profil
      Sedih. Wkwkwk
    • Unknown
      Unknown
      17 Februari
      • Kunjungi profil
      Keprank bonyok bos
    Reply
  • Redi
    Redi
    14 Februari
    • Kunjungi profil
    Te-tuw-te-tuw
    Ngakak 😂
    • Redi
      Tiwo Satriatama
      15 Februari
      • Kunjungi profil
      Tetuw tetuw beg
      Tetuw beg tetuw
    Reply