KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Ugreen HDD Enclosure, Hardisk Internal Laptop Menjadi External

Harddisk Internal Dijadikan Eksternal- Yosh, untuk kalian yang memiliki HDD internal laptop yang barangkali nganggur, lebih baik dijadikan HDD external. Daripada tidak terpakai, misal karena sudah upgrade HDD ke SSD.


Lumayan kan bisa menambah media penyimpanan untuk menampung foto, gambar, film, master installer software, video, atau berkas-berkas digital lain yang bisa dibawa kemana-mana.


Yah, itung-itung sekalian digunakan untuk backup data pribadilah.


Cara Mengubah HDD Internal Jadi Eksternal

Disini kita akan bagikan bagaimana cara menjadikan hardisk internal menjadi eksternal. Semoga saja bisa sedikit (syukur-syukur banyak) bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan.


Mengapa HHD Internal Dijadikan External

Jika kalian mau, kalian bisa mengunjungi toko komputer terdekat di kota kalian untuk membeli harddisk external. Tinggal pilih saja mau merek atau seri apa (Western Digital dan Seagate adalah brand yang paling umum).


Baca juga :


Tapi jika kita memiliki media penyimpanan yang tidak terpakai, kenapa tidak dimanfa'atkan?.


Review Ugreen HDD Enclosure 2.5 SATA

Selain bisa menghemat uang, kalian juga secara tidak langsung berpartisipasi dalam mengurangi sampah elektronik. Pada dasarnya, satu-satunya hal yang kita butuhkan disini yakni kabel SATA to USB.


Jika ingin lebih praktis, kalian bisa pilih hard drive enclosure. Kebetulan disini kita memakai case HDD external dari Ugreen yang kita dapat dari flash sale.


Ugreen SATA External Hard Drive Enclosure

Sebelum kita mulai bongkar-pasangnya, mari kita mulai dari unboxing kotak untuk melihat apa saja yang kita dapatkan dalam paket penjualan casing USB 3.0 to 2.5-inch.


Baca juga :


Seperti yang kalian lihat pada gambar di bawah, di dalam kotak, kita hanya mendapatkan casing, cable, serta manual book saja.


Unboxing Ugreen HDD Enclosure 2.5 SATA

Oh ya untuk informasi tambahan, produk ini sebenarnya ada 3 macam versi yang bisa kalian pilih. Ketiganya yakni :

  • Model USB 3.0 standard

  • Model USB 3.0 fixed cable

  • Model USB 3.1 Type C


Versi pertama merupakan versi yang kita beli, sedangkan fixed cable adalah versi dimana kabel menyatu dengan casing HDD, jadi tidak bisa dilepas alias paten dari pabrik.


Jika memang butuh (misalkan untuk MacBook atau laptop premium yang biasanya minim port), kalian bisa pilih versi USB 3.1 Type C.


Mengubah Hardisk Laptop Menjadi Hardisk Eksternal

Cara menggunakannya sangat simpel. Tinggal masukan saja hard drive kalian ke casing seperti gambar di atas lalu colok ke komputer atau smartphone via kabel OTG untuk mengetes hasilnya.


HDD External Terdeteksi di Komputer

Taraaaa, komponen komputer yang diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956 ini sudah dapat digunakan.


Untuk melengkapi artikel, berikut kita sertakan tabel spesifikasi perangkatnya.


UGREEN HDD ENCLOSURE
SKU30848
Compatibility2.5" SSD & HDD
Connecting PortUSB 3.0
Transfer Rate5Gbps
Capacity Supported6TB (Max)
Cable Legth 50cm
MaterialABS
EAN/UPC6957303838486

Karena banyaknya casing hardisk external yang ada di pasaran saat ini, jadi sesuaikan saja dengan selera, kebutuhan, dan budget.


Mungkin itu saja yang bisa Umahdroid bagikan tentang panduan mengubah hardisk laptop menjadi eksternal menggunakan casing hardisk external.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan