KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Backup Game Steam ke Hardisk Agar Bisa Dipindah ke PC Lain

Backup Steam Games - Ketika kalian download game Steam ke PC, maka secara otomatis akan memakan ruang hard drive. Padahal ukuran game sekarang bisa puluhan GB. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin komputer atau laptop akan kehabisan memori penyimpanan.

Itulah mengapa disarankan backup game Steam. Ruang kosong nantinya bisa dipakai instalasi game lain. Toh kita tetap bisa restore game Steam agar tidak repot-repot mengunduh ulang jika ingin dimainkan lain waktu.

Kita jadi bisa memindahkannya file backup tadi ke PC lain / harddisk external.

Cara Backup Data Game Steam ke Hardisk

Disini kita memiliki 2 metode untuk membuat cadangan berkas gim yang terdaftar di Library. Jangan kawatir, Umahdroid akan jelaskan keduanya. Langsung saja, mari dimulakan!.

Backup Game Steam Dengan Compression

Pertama, pengguna bisa memakai fitur Backup and Restore Games yang sudah ditanam secara default di client itu sendiri. Langkahnya juga tidak sulit. Pertama, buka aplikasinya, login dengan akun kalian.

Baca juga :

Begitu dashboard terbuka, klik menu yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi yang tampil seperti screenshot berikut :

Backup and Restore Games Steam

Selanjutnya akan tampil dua pilihan What would you like to do?. Pilih menu Backup currently installed programs :

Pilih Backup Currently Installed Programs

Klik tombol Next kemudian pilih judul gim yang ingin "dibekap" dengan memberikan checklist. Hantam tombol Next untuk melanjutkan :

Pilih Game Steam Backup and Restore

Pilih lokasi penyimpanan dimana game Steam keren kalian akan disimpan. Secara bawaan, lokasinya ada di folder instalasi game :

Ubah Browse Backup Steam Location

Tekan tombol Next lalu pilih media backup (CD / DVD). Jika ukuran game terlalu besar, nanti akan dipecah jadi beberapa bagian :

Pilih Media Backup Steam Game CD / DVD

Klik tombol Next lagi. Terakhir, tunggu sampai proses backup up selesai. Waktunya relatif, semakin besar size-nya, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan. Jadi yah, sabar saja.

Backup Game Steam Tanpa Compression

Jika kalian ingin solusi yang lebih cepat untuk backup Steam games, kalian bisa langsung copy installation folder secara manual ke media seperti USB Flashdisk maupun HDD atau SSD eksternal sesuai kebutuhan.

Setelah copy-paste ke tempat yang aman (misal data D), kalian bisa hapus game Steam lewat sidebar, klik kanan pada Title > Manage > Uninstall.

GNU/LINUX
~/.steam/steam/steamapps/common

MAC OSX
~Library/Application Support/Steam/SteamApps/common

MS WINDOWS
C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common

Lokasinya sendiri berbeda-beda tergantung sistem operasi. Rincian tempat penyimpanan game Steam untuk setiap OS bisa dilihat di atas.

Itu saja yang bisa Umahhdroid tulis soal cara memindahkan game Steam ke PC lain dengan melakukan backup and restore. Akhir kata, terimakasih sudah mempir dan membaca. Tetap aman semua...
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan