KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengganti Hardisk Laptop dengan SSD 100% Tanpa Ribet

Cara upgrade SSD laptop - Salah satu metode yang paling ampuh untuk mempercepat kinerja PC desktop atau komputer jinjing alias notebook adalah ganti hardisk dengan SSD. Nah disini kita sudah beli saingan WD Blue 3D NAND.

Merk SSD terbaik tersebut kita angkut dari salah satu official store Tokopedia. Kalian bisa klik link unboxing di atas untuk melihat isi paket penjualan yang ditawarkan oleh vendor asal Korea Selatan ini.

Sesuai dengan janji pada artikel tersebut, hari ini kita akan bahas cara memasang SSD di laptop.

Mengganti HDD ke SSD Laptop dengan Mudah

Tutorial ini bisa diterapkan di laptop lama maupun baru yang memiliki port SATA. Jadi tidak terbatas pada merek tertentu, misal Asus, Acer, Dell, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Toshiba, dll.

Periksa Upgradability pada Laptop

Ini adalah hal yang wajib diperhatikan jika kalian belum membeli, atau setidaknya agar tidak salah beli. Solid State Drive memiliki beberapa tipe antarmuka, ada Serial ATA (SATA), PCI Express (PCIe), serta Serial Attached SCSI (SAS).

Baca juga :

Sedangkan soal bentuk, media penyimpanan ini dibagi menjadi ukuran 2.5 inci, 3.5 inci, ATP M.2 NVMe, ATP M.2 SATA, mSATA, dan SlimSATA.


Untuk Samsung 860 EVO yang ada di tangan kita adalah jenis SATA III dengan form factor 2.5-inci, jadi dimensinya kurang lebih 3.94 x 2.76 x 0.27, sama persis seperti ukuran HDD laptop.

Oh ya, jangan lupa cek juga ketebalan. Karena drive 2.5-inci juga bisa memiliki ketebalan berbeda. Jadi silahkan konsultasikan ke penjual.

Tahap Persiapan Mengganti SSD Laptop

Selain mendapatkan tipe dengan form factor dan interface yang tepat, kita juga perlu menyiapkan beberapa hal lain. Pertama, jelas obeng. Kebetulan disini kita menggunakan obeng set Xiaomi Mijia Wiha.

Xiaomi Mijia Wiha Pegangan Obeng

Jika diperlukan, sebaiknya backup atau pindahkan data ke tempat yang aman. Untuk laptop tertentu, kalian juga mungkin butuh alat pembuka.

Yah, jika memang tidak punya bisa memakai benda di sekitar kita seperti kartu bekas semacam ATM, credit card (kartu setan), KTP, pick gitar yang tidak terlalu tebal, dan sebagainya.

Pencongkel tidak perlukan apabila perangkat kalian tidak memiliki backdoor seperti Acer Predator, Lenovo G40 series, dan sebagainya.

Langkah Mengganti HDD ke SSD Laptop

Oh ya, alasan upgrade storage ini karena hardisk laptop rusak. Singkatnya, kita tidak perlu repot cloning hardisk ke SSD, atau yang paling sering ditanyakan adalah mengganti SSD laptop tanpa instal ulang.

Baca juga :

Sebelum mulai, ada baiknya berdoa sesuai kepercayaan masing-masing dulu, karena doa dapat mempermudah segala urusan.

#1 Membuka Casing Laptop

Pertama silahkan buka bodi belakang laptop menggunakan obeng. Nah untuk laptop yang kita ada pintu belakang, jadi tinggal buka beberapa sekrup aja.

Membuka Casing Laptop Untuk Upgrade SSD

Harap hati-hati jika milik kalian model "ceplikan", jangan sampai kunciannya patah. Untuk laptop dengan tipe sekrup saja tentu akan lebih mudah.

#2 Melepas Hardisk Laptop

Oh ya untuk berjaga-jaga, matikan arus listrik dengan melepas baterai tanam (jika diperlukan) sebelum kalian mengeluarkan harddisk laptop.

Upgrade SSD Buka Hardisk Laptop

Soal cara melepas HDD ini beda-beda. Ada yang lepas sekrup lalu digeser, ada yang model cabut kabel, ada pula yang harus buka kunciannya dulu.

#3 Pisahkan dari Bracket

Jika laptop kalian termasuk tipe nomor dua, maka kemungkinan kalian perlu melepas mount / bracket / chassis / shield harddisk seperti gambar di bawah.

Melepas Bracket Hardisk Laptop Saat Upgrade SSD

Pisahkan juga SATA connector dari HDD. Caranya?. Tinggal cabut seperti biasa. Pelan-pelan, jangan kasar, nanti rusak nangis kalian :D

#4 Pasang SSD ke Bracket

Langkah selanjutnya, pasang Solid State Drive Samsung tersebut ke mount / bracket / chassis / shield yang sudah dipisahkan pada langkah sebelumnya.

Cara Memasang SSD di Laptop Lama

Tancapkan ulang juga konektor SATA. Langkahnya sama, tinggal sekrup-sekrup, puter-puter, jadi tidak perlu dijelaskan lebih detail ya.

#5 Pasang SSD ke Laptop

Selanjutnya tinggal pasang ke lagi notebook. Kunci ulang dengan sekrup harddisk serta tancapkan kembali kabel SATA ke tempatnya.

Pasang Konektor SATA SSD Laptop

Jangan lupa hubungkan kembali baterai seperti sebelumnya. Oh ya, sebaiknya backcover jangan ditutup dulu untuk memastikan langkah terakhir.

#6 Mengecek Hasil Instalasi

Sekarang saatnya mengecek apakah SATA SSD tadi terbaca oleh sistem atau tidak. Langsung saja, hidupkan lappy kalian lalu masuk ke BIOS.

Cara Setting SSD di BIOS Sukses Terbaca

Taraaaaaaa, terdeteksi deh. Sekarang tinggal tutup seperti semula lalu install operating system sesuai kebutuhan kalian.

Bagaimana mudah kan cara mengganti harddisk dengan SSD?. Jika ada yang ingin ditanyakan boleh disampaikan lewat kolom komentar di bawah. Terimakasih, sampai jumpa di artikel teknologi menarik lainnya.
14 komentar

14 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Dani
    Dani
    19 April
    • Kunjungi profil
    Kenapa di laptop lenovo s20-30 pakai ssd rx 7 gagal booting dan ga bisa masuk windows. Padahal udah seting sana sini tetap saja tidak bisa masuk. Padahal ssd ssudah terdeteksi
    • Dani
      Tiwo Satriatama
      19 April
      • Kunjungi profil
      SSDnya ada OS nya nggak?. Jangan-jangan masih ketinggalan di harddisk
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    19 Januari
    • Kunjungi profil
    Untuk acet 4540 mo gnti hdd ke ssd sekira y bisa z kah trus utuk kapasitas gb y brp... Mksh
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      24 Januari
      • Kunjungi profil
      Bisa-bisa aja. Kapasitasnya sesuaikan dengan kebutuhan dan budget
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    20 Oktober
    • Kunjungi profil
    Spek sekentank apapun, yang penting ssd wkwk
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      27 Oktober
      • Kunjungi profil
      Wkwkwk, betul
    Reply
  • adhot
    adhot
    17 April
    • Kunjungi profil
    Cara periksa upgradebility pada laptop/netbook gmn om,maaf masih baru?? terimakasih atas infonya
    • adhot
      Tiwo Satriatama
      18 April
      • Kunjungi profil
      Kalau engga mau bongkar casing, coba cari manual book di website resminya. Nanti ketahuan dari situ
    Reply
  • FRSL
    FRSL
    10 Agustus
    • Kunjungi profil
    Terimakasih penjelasannya mudah dipahami awam seperti saya
    • FRSL
      Tiwo Satriatama
      11 Agustus
      • Kunjungi profil
      Sama-sama. Senang bisa berbagi
    Reply
  • Umar
    Umar
    01 Agustus
    • Kunjungi profil
    Pake hdd caddy gk gan...
    • Umar
      Tiwo Satriatama
      02 Agustus
      • Kunjungi profil
      Engga. Bukan engga mau, tapi emang laptopnya engga ada DVD Drive-nya
    Reply
  • Unkown
    Unkown
    26 Juli
    • Kunjungi profil
    Halo, apakah kalau kita baru beli ssd baru, perlu diformat mbr/gpt dulu baru di format ext4 lagi untuk linux, atau langsung format ext4 aja bro..
    • Unkown
      Tiwo Satriatama
      26 Juli
      • Kunjungi profil
      Single-boot?. Engga perlu, langsung gas aja
    Reply