KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Unity 8 Desktop Berganti Nama Jadi Lomiri, Berikut 3 Alasannya

Unity 8 Desktop - Untuk kalian yang mengikuti perkembangan dunia open source tentu sudah tidak asing dengan desktop environment yang sempat menjadi default DE bawaan Ubuntu. UBports mengambil alih pengembangan Unity 8 setelah Canonical menyerah dan menghentikan proyek konvergen tersebut.

Perusahaan swasta dalam bidang perangkat lunak komputer yang didirikan oleh Mark Shuttleworth dan Jane Silber itu lebih memilih kembali memakai GNOME ketimbang berinvestasi pada Unity Desktop.

Oh ya, sebelumnya memang ada Yunit, tapi akhirnya mati juga.

Unity 8 Desktop Berganti Nama Jadi Lomiri

Singkat cerita, beberapa tahun berjalan, UBports akhirnya resmi mengubah branding dari Unity 8 menjadi Lomiri. Ada beberapa alasan kuat mengapa UBports mengubahnya. Langsung saja, mari kita bedah.

Sering Membingungkan Orang

Pertama, mereka tidak ingin orang bingung karena nama Unity. Sebagaimana yang mungkin sudah kalian ketahui, Unity merupakan salah satu game engine paling populer. Kita sendiri pernah beberapa kali menjumpai pengguna nyasar.

Baca juga :

Gabung grup development, lalu mengajukan "bagaimana cara mengimport model 3D, apakah spek laptop Saya bisa dipasang Unity, dsb".

Itu terjadi berulang kali, bahkan ketika nama grup Telegram telah diubah menjadi Unity8 Development - NOT GAME ENGINE!!. Jadi alasan penggantian brand ini sangat masuk akal menurut kita.

Pemaketan Debian dan Fedora

Alasan kedua perubahan ini berkaitan dengan upaya baru UBports untuk mengemas Unity8 untuk distribusi Linux selain Ubuntu. Banyak dependensi Unity8 memakai nama Ubuntu, misalnya ubuntu-ui-toolkit, qtubuntu.

Latest UBpors Blog Development News

Debian packagers memperingatkan, paket yang mengandung nama Ubuntu mungkin tidak dapat diterima di distro buatan Ian Murdock tersebut.

Meski demikian, mereka tetap menekankan perubahan nama menjadi low-mee-ree tidak di-trigger oleh tindakan apapun dari Canonical, komunitas GNU/Linux, legal, atau sebab lainnya.

Meningkatkan Komunikasi Verbal

Faktor terakhir, UBports juga mengatakan jika perubahan nama dapat meningkatkan komunikasi verbal. Orang sudah tidak perlu khawatir lagi ketika menyebut Unity (Ubuntu) dan Unity (Game Engine).

Contoh komponen yang terkena imbas :
  • unity8 shell > lomiri
  • ubuntu-ui-toolkit > lomiri-ui-toolkit
  • ubuntu-download-manager > lomiri-download-manager
  • Ubuntu.Components > Lomiri.Components

Satu yang dipastikan tetap dipertahankan adalah Ubuntu Touch.

Itu saja berita Linux yang bisa kita bagikan. Semoga Unity8 desktop stable segera dirilis dan dinikmati pengguna di Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa yang tidak lama lagi melenggang. Terimakasih sudah membaca.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan