KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengatasi Bad Shim Signature Ketika Akan Install Ubuntu, Linux Mint, DLL

Ubuntu Tidak Bisa Booting - Halo selamat malam para pengguna distibusi Linux di manapun kalian berada, terutama yang baru mencicipi atau mungkin ingin belajar mengoperasikan sistem operasi selain Windows.


Jika di dunia pendidikan ada istilah posisi menentukan prestasi, di dunia teknologi, khususnya pada free open source operating system, ada yang namanya perangkat menentukan face nasib.


Pengguna awam yang ingin install Debian, Ubuntu, Linux Mint, atau distro Linux populer lainnya biasanya tinggal download > buat bootable flash drive > boot.


Fix Bad Shim Signature Linux

Biasanya lancar-lancar saja, tanpa masalah yang berarti. Tapi seperti yang kita katakan sebelumnya, perbedaaan perangkat atau konfigurasi bisa menciptakan hasil yang berbeda pula.


Salah satunya adalah pesan error yang dalam Bahasa Indonesia berarti tanda tangan shim yang buruk perlu memuat kernel terlebih dahulu.


Fix Bad Shim Signature Load The Kernel First

Pesan kesalahan menyebalkan ini muncul ketika pengguna mencoba booting dari bootable media seperti flashdisk pada PC Desktop atau Laptop terlepas dari apapun merek yang kalian gunakan.


Baca juga :


Dell, Lenovo, ASUS, HP, Acer, MSI, you name it lah. Solusi error: bad shim signature you need to load kernel first press any key to continue sebenarnya sangat mudah.


Disable Secure Boot BIOS / UEFI

Jika komputer kalian masih dalam kondisi hidup, silahkan matikan dulu. Setelah itu tekan tombol Power lalu masuk ke BIOS / UEFI settings. Caranya bisa beda-beda ya tiap brand.


Untuk informasi saja, beberapa waktu yang lalu kita sudah pernah share panduannya untuk ASUS dan Lenovo. Silahkan cari saja artikelnya.


Kita asumsikan kalian sudah berhasil masuk ke pengaturan BIOS / UEFI. Cari mode Secure Boot (biasanya ada di menu Security) > begitu ketemu, silahkan ubah ke Disable atau matikan > kemudian Save and Exit.


Sekarang coba boot dari USB lagi. Masalah seharusnya sudah solved. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik dengan cara menghapus /dev/sda clean Ubuntu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan