KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengatasi Ubuntu Freeze / Hang Saat dan Setelah Instalasi

Solusi Ubuntu Hang - Yoo, apa kabar?. Semoga baik-baik saja seperti yang diharapkan semua orang. Hari ini kita akan bagikan cara mengatasi masalah freeze pada Ubuntu, Linux Mint, Elementary, Pop! OS, atau distrisbusi Linux keren lainnya.

Artikel ini kita tulis karena banyak teman-teman yang ingin pindah dari Windows ke Linux tapi mengalami masalah tidak menyenangkan ini. Ujung-ujungnya batal migrasi terus kembali ke sistem operasi milik Microsoft.

Dari pengalaman pribadi, masalah Ubuntu not responding terjadi secara random.

Solusi Ubuntu Linuux Sering Hang Sendiri

Kadang saat di loading screen saat akan kita instal ke harddisk, di login screen, kadang sudah masuk langsung freeze, kadang juga ketika kita sudah memakainya beberapa menit.

Mengatasi Ubuntu Freeze NVIDIA

Penyebab Ubuntu sering hang pertama terjadi pada komputer desktop atau laptop yang menggunakan kartu grafis NVIDIA. Masalahnya ada pada Nouveau, yakni driver free open source yang memang disematkan secara default.

Baca juga :

Bahkan saat menajalankan Live USB (booting menggunakan flashdisk saat akan install sistem operasi), Ubuntu stuck di loading screen atau boot screen.

Tampilan Grub Ubuntu Saat Berjalan di Live USB

Untuk mengatasi masalah pertama cukup mudah. Ketika muncul grub seperti gambar di atas, tekan tombol E pada keyboard lalu tambahkan nomodeset setelah quiet splash. Jadi hasilnya akan seperti ini :

Mengatasi Ubuntu Stuck on Boot Screen Install

Itu kan Live USB, kalo sudah di install gimana?. Pada dasarnya sama saja. Kalian hanya perlu melakukan blacklist Nouveau di Ubuntu.

Setelah itu tinggal install proprietary Nvidia driver menggunakan cara yang kita sediakan lewat link di bagian baca juga di atas. Begitu semua terpenuhi, seharusnya Ubuntu freeze randomly sudah tidak ada lagi.

Mengatasi Ubuntu Hang AMD Ryzen

Kubu hijau sudah, sekarang kita beralih ke kubu merah. Kalian yang menggunakan Ryzen 5 3600 (mungkin terjadi pada generasi yang sama) juga besar kemungkinan mengalami masalah Ubuntu tidak stabil karena sering hang tanpa sebab.

Cara Memperbaiki Ubuntu Hang pada AMD Ryzen

Kalian tidak sendiri, banyak pengguna Ubuntu 18.04 LTS, 20.04 LTS, dan keturunannya yang mengalami hal serupa.

Baca juga :

Solusinya tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Kita perlu menambahkan beberapa code pada grub. Silahkan buka Terminal (Ctrl+Alt+T), lalu jalankan perintah di bawah berikut :

sudo nano /etc/default/grub

Begitu editor terbuka, tambahkan pci=assign-busses apicmaintimer idle=poll reboot=cold,hard pada baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT, sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini :

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash pci=assign-busses apicmaintimer idle=poll reboot=cold,hard"

Jika sudah, silahkan restart PC kalian. Sekarang sistem operasi gratis bebas merdeka buatan Canonical sudah tidak akan ngambek lagi. Komputer kini telah siap untuk diajak kerja kerad.

Cara Aman Restart Ubuntu Hang

Untuk tips tambahan saja, jika Ubuntu pada perangkat kalian freeze, stuck, hang, mouse tidak bisa digerakan, jangan langsung tekan tombol power, cabut adapter, atau colokan supaya mati secara paksa, karena bisa merusak.

Baca juga :

Di operating system berbasis Linux, kita memiliki trik untuk restart dengan aman memakai Magic SysRq.

Restart Ubuntu yang Hang dengan Aman

Tombol tersebut tumpuk dengan print-screen. Jadi jika tidak ada, kalian bisa memakai PrtSc. Nah bagaimana caranya?. Mudah, tinggal tekan dan tahan Alt + SysRq / PrtSc (jangan dilepas), lalu ketik tombol REISUB satu-persatu.

KETERANGAN KARAKTER
RMenempatkan keyboard ke raw mode
EMengirimkan sinyal penghentian semua proses
IMengirim sinyal mematikan (paksa) semua proses
SMembersihkan data dari cache ke disk
URemount semua sistem file read-only
BMemulai ulang komputer

Oke itu saja yang bisa kita tulis. Jika ada yang kurang silahkan tulis komentar kalian di bawah supaya bisa ditambahkan. Barangkali ada user lain yang membutuhkannya. Sekian tentang solusi Ubuntu hang.
2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • yose
    yose
    12 Juni
    • Kunjungi profil
    terimakasih info nya
    • yose
      Tiwo Satriatama
      13 Juni
      • Kunjungi profil
      Sama-sama kak
    Reply