KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Menonaktifkan Nouveau Driver di Ubuntu dan Linux Mint

Disable Nouveau Ubuntu - Pada beberapa kasus, driver open source bawaan Nouveau membuat sistem tidak stabil, jadi hari ini kita buat tutorial disable Nouveau driver. Ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi Ubuntu sering freeze.

Nouveau adalah driver sumber terbuka dan bebas untuk kartu grafis NVIDIA dan keluarga Tegra dari SoC yang ditulis oleh engineer perangkat lunak independen dengan sedikit bantuan dari NVIDIA.

Nama Nouveau sendiri diambil dari bahasa Perancis yang artinya new atau dalam bahasa Indonesia berarti baru.

Disable Nouveau Linux

Versi 1.0 dirilis 18 Juni 2012, sedangkan Nouveau stable terbaru adalah versi 1.0.16 yang dirilis pada 28 January 2019. Proyeknya dikelola oleh X.Org Foundation, di-hosting oleh freedesktop.org, dan disebar sebagai bagian dari 3D Mesa.

Kenapa Perlu Disable Nouveau?

Selain karena alasan yang kita tulis pada alinea pertama di atas, ada beberapa alasan lain yang membuat pengguna distribusi Linux perlu menonaktifkan Nouveau di perangkat yang mereka gunakan.

Berikut beberapa diantaranya :
  • Performa driver open source umumnya dibawah proprietary
  • Banyak game Linux tidak kompatibel dengan driver open source
  • Syarat utama memasang NVIDIA proprietary driver
  • Ubuntu sering hang / kurang stabil (pengalaman pribadi)
  • Gagal booting ata masuk ke desktop

Khusus untuk alasan ketiga, pengguna tidak bisa menginstal driver .run NVIDIA di Linux jika Nouveau masih dalam keadaan aktif. Saat dijalankan installer akan memberikan keterangan :

The Nouveau kernel driver is currently in use by your system. This driver is incompatible with the NVIDIA driver, and must be disabled before proceeding. Please consult the NVIDIA driver README and your Linux distribution's documentation for details on how to correctly disable the Nouveau kernel driver.

Seperti yang kalian lihat diatas, sebenarnya ini sudah dijelaskan oleh NVIDIA. Tapi yah mungkin karena sudah menjadi kebiasaan, user lebih suka mencari solusi setelah masalah muncul.

Solusi Gagal Install Driver NVIDIA di Ubuntu

Untuk menonaktifkan Nouveau agar bisa berpindah ke NVIDIA sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu menjalankan beberapa baris perintah dan menambahkan sedikit konfigurasi saja. Oke, mari kita mulakan!.


Silahkan nyalakan laptop / PC kalian, lalu login ke Ubuntu seperti biasa. Jika memang sering freeze setelah masuk desktop, kalian bisa menekan tombol Ctrl+Alt+F1 untuk masuk mode teks.

Kemuudian ikuti langkah demi langkah berikut :
  • Buka Terminal via peluncur aplikasi atau tekan Ctrl+Alt+T
  • Jalankan perintah ini untuk membuat file config :

sudo nano /etc/modprobe.d/blacklist-nouveau.conf

  • Masukan password ketika diminta lalu tambahkan 2 baris ini :

blacklist nouveau
options nouveau modeset=0

  • Tekan Ctrl+O lalu enter untuk save dan Ctrl+X untuk exit
  • Selanjutnya perbarui boot environment untuk kernel dengan :

sudo update-initramfs -u

  • Jika sudah silahkan reboot Ubuntu / Linux Mint kalian
  • Proses telah selesai, selamat menikmati

Bagaimana, tidak sulit bukan?.

Itulah panduan menonaktifkan Nouveau driver di Ubuntu dan turunannya. Ikuti channel Telegram Umahdroid untuk mendapatkan pembaruan tutorial Linux menarik lainnya. Terimakasih, semoga bermanfaat!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan