KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Menghapus Dev Sda Clean Saat Booting Ubuntu, Linux Mint, Dll

Pesan Booting Linux - Install Ubuntu sudah. Install aplikasi yang dibutuhkan sudah. Konfig ini-itu agar sesuai dengan kebutuhan sudah. Tapi setiap menyalakan PC / Laptop kok muncul pesan saat booting sistem operasi.


Sesuai dengan judul artikel di atas, yang sedang kita bahas disini adalah munculnya pesan /dev/sdaX: clean disertai dengan angka berkas dan blok sebelum masuk ke tampilan login screen Ubuntu (misalnya).


Kemunculannya cukup membuat mata pengguna, terutama pendatang yang baru migrasi dari Windows atau belajar memakai distribusi Linux cukup risih.


Dev Sda Clean Booting Ubuntu Linux

Untuk alasan itulah hari ini Umahdroid ingin bagikan sebuah workaround untuk menghilangkan clean /dev/sda1, /dev/sda2, /dev/sda3, atau sda lain sesuai drive yang digunakan untuk Linux.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Oke, langsung saja, jom kita mulakan gan gan gan!.


Mengatasi DEV/SDAX: Clean Saat Startup Linux

Tidak ada yang salah dengan pesan informasi ini sebenarnya. Ini bukanlah sebuah peringatan error yang perlu diwaspadai oleh pengguna dan bisa membuat masalah pada software maupun hardware.


Baca juga :


Jadi dibiarkanpun tidak masalah. Tapi jika memang kalian tetap ingin "mengusirnya", silahkan buka Terminal, lalu jalankan sudo nano /etc/default/grub


Edit Grub Configuration Linux

Masukan password kalian dan saat konfigurasinya terbuka, selanjutnya tinggal tambahkan fsck.mode=skip setelah baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=" sehingga hasilnya akan seperti gambar screenshot di atas.


Jika sudah, sekarang tekan tombol Ctrl+O terus Enter pada keyboard untuk menyimpan. Untuk keluar dari text editor, tekan Ctrl+X.


Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memperbarui GRUB. Caranya mudah, cukup jalankan sudo update-grub


Sekarang restart PC Desktop / Laptop kalian untuk melihat hasilnya. Pesan /dev/sda1: clean, xx/xx files, xx/xx blocks harusnya sudah hilang saat dinyalakan. Selanjutnya, kalian mungkin tertarik membaca cara ekstrak ZIP dengan Terminal.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan