KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengatasi Tidak Bisa Masuk Windows Setelah Hapus Ubuntu

Windows Gagal Booting - Untuk yang sudah mencoba dualboot Ubuntu dan Windows tapi menyerah dan akhirnya menghapusnya mungkin akan mengalami masalah pada PC desktop atau laptop kesayangannya, Windows tidak bisa masuk desktop.

Saat itu layar akan berwarna hitam dengan pesan atau keterangan error: no such device: Entering rescue mode... grub rescue. Disini pengguna mulai panik karena tidak bisa melakukan apa-apa, kecuali menekan tombol power.

Tenang, jangan kawatir. Hari ini Umahdroid akan bagikan solusinya.

Masalah Hapus Ubuntu Dualboot Windows

Yah, semoga saja ini bisa sedikit (syukur-syukur banyak) bemanfaat untuk kalian yang mengalami masalah tersebut. Tutorial ini bisa dipakai di Windows 7 / Windows 8 / Windows 8.1 / Windows 10.

Grub Rescue Setelah Hapus Partisi Linux

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah meminjam laptop teman untuk membuat bootable media Windows. Medianya bisa berupa USB flashdisk atau CD/DVD. Kalian bisa memakai aplikasi gratis yang banyak bertebaran di internet.

Silahkan baca :

Masuk ke BIOS/UEFI perangkat kalian, lalu ubah boot priority ke bootable media yang kalian gunakan. Di beberapa seri, pengguna bisa langsung memilih boot.

Begitu masuk ke tampilan instalasi Windows, pilih Repair your computer yang ada di pojok kiri bawah. Jangan pilih Install Now :

Repair Windows Gagal Booting

Klik menu Troubleshoot, refresh or reset your PC, or use advance tool seperti tangkapan layar di bawah berikut :

Pilih Menu Troubleshoot Windows

Saat kalian masuk ke tampilan Advanced options, pilih menu Command Prompt untuk membuka jendela perintah berbasis teks :

Pilih Advance Option Repair Windows

Begitu jendela CMD terbuka, langkah pamungkas selanjutnya adalah, ketik dan jalankan dua baris perintah ini :

bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot

Jika ada tulisan The operation completed successfully artinya berhasil. Sekarang tinggal restart kompi kalian.

Tarrraaaaaaaa, Windows sudah booting normal seperti sedia kala. Semoga artikel singkat masalah uninstall Ubuntu / Linux Mint / Elementary OS yang dual-boot dengan Windows ini bisa bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan