KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Aplikasi Messenger Paling Aman Signal Uji Coba Fitur Username Untuk Publik

Signal Username Feature - Beberapa hari yang lalu lewat blog resminya, pengembang membagikan permintaan fitur apa saja yang sudah ditambahkan di tahun ini. Salah satunya adalah ubah pesan yang sudah dikirim di Signal.


Kemampuan mengubah chat tersebut sudah kita bagikan sebelumnya. Mengenai perbedaannya dengan WhatsApp dan Telegram bisa dilihat dengan cara klik link pada akhir paragraf pertama di atas.


Jim O’Leary, staf Signal membuat posting baru di community.signalusers.org yang isinya meminta pengguna membantu mereka untuk menguji fitur username.


Feature Username Baru Signal

Dari catatan kita, bersama dengan fitur sembunyikan nomor, nama pengguna merupakan salah satu fitur yang paling banyak di-request oleh pengguna aplikasi dengan logo berwarna biru ini.


Setelah sekian lama, fitur public username agar pengguna bisa chat tanpa memberikan nomor ke orang yang lain akhirnya bisa dites untuk umum.


Lebih dari itu, aplikasi yang digunakan oleh Johnny G Plate dan komplotannya untuk korupsi BTS 4G yang merugikan negara 8.3 triliun ini juga sedang mengembangkan fitur privasi lainnya.


Fitur Username Pada Signal Private Messenger

Pengguna nantinya bisa membuat atau mengatur username melalui Pengaturan > Profil. Dengan kata lain, setelannya ada di halaman yang sama dengan halaman untuk mengisi nama depan dan nama belakang.


Baca juga :


Jika kalian perhatikan, pengguna akan otomatis memiliki angka dibelakang username yang dipilih. Dua digit angka ini disebut dengan discriminator.


Set Username Signal Android

Adanya random number tadi dimaksudkan untuk menambah lapisan privasi. Kaum yang suka iseng, orang yang tidak kita sukai, atau aktor yang tidak bertanggung jawab akan kesulitan menebak username kita.


Setelah berhasil dibuat, pengguna juga bisa membagikan kode batang atau tautan yang nantinya digunakan pengguna Signal lain untuk memulai percakapan.


QR Code Username Signal Android

Ketika kita tap pada menu QR Code or link, aplikasi yang memakai Signal Protocol dan digunakan bahkan oleh para pesaingnya ini, termasuk WhatsApp ini akan membuka halaman QR Code.


Di bagian atas ada 2 menu. Menu Code yang merupakan kode QR milik kita sedangkan menu Scan digunakan untuk memindai QR pengguna lain.


Tombol Share yang ada di sini dipakai agar orang lain bisa menghubungi kita via link. Fungsinya sama seperti t.me/umahdroid pada Telegram. Di halaman sama, kita bisa mengkostumisasi warna sesuai selera.


Jika tertarik mencobanya, kalia bisa download dan install Signal staging environment yang sudah disediakan oleh pengembang. Link kita taruh di akhir artikel.


Hide Phone Number Signal Private Messenger

Pengambang Signal Aplikasi Perpesanan Privat tentu tidak berhenti pada username saja. Mereka juga sedang menggodok fitur lain untuk melindungi privasi pengguna yang juga tidak kalah penting.


Baca juga :


Privacy feature penting yang kita maksud terdiri dari 2 poin. Keduanya yakni Who can see my number dan Who can find me by number.


Profile Username Signal Android

Seperti gambar tangkapan layar di atas, pengguna tidak akan menemukan apa-apa jika membuka halaman Profil. Tenang, tidak perlu risau karena pengaturannya memang tidak diletakkan pada menu ini.


Untuk menu Siapa yang bisa melihat nomor saya dan Siapa yang dapat menemukan saya dengan nomor ada di Pengaturan > Privasi > Nomor telepon.


Hide Phone Number Signal Android

Di sini kalian bisa mengubah setelannya menjadi Everyone yang berarti semua orang dan Nobody yang artinya tidak satupun. Tinggal sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan saja.


Terlepas dari reputasi Signal yang jadi gold standard di dunia messaging, mereka tetap butuh waktu menyelesaikannya agar tetap sesuai misi mereka.


Presiden Signal, Meredith Whittaker yang selalu menyerukan free speech, anti mass surveillance, dan gencatan senjata segera pada perang Hamas vs Israel ini mengatakan akan merilis fitur ini pada awal 2024.


Semoga tepat waktu. Meski sekalipun mundur masih sangat bisa dimaklumi karena tim Signal kecil, hanya 50. Ya kalian tidak salah baca, 50 orang saja.


Download Signal APK Username Test

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan