KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Edit Chat Hadir Di Signal, Apa Bedanya Dengan WhatsApp Dan Telegram?

Mengubah Pesan Signal - Fitur yang di-request dan ditunggu-tunggu pengguna Signal akhirnya dirilis juga. Kini user bisa menikmati kemampuan change chat out of the box, tanpa perlu membuka pengaturan aplikasi Signal.


Dengan demikian, kita bisa langsung menggunakannya tanpa setting ini-itu. Satu-satunya hal yang perlu pengguna lakukan agar bisa menikmati fitur baru ini adalah dengan memperbarui aplikasinya.


Kalian bisa melakukannya melalui Google Play Store untuk pengguna perangkat berbasis Android dan App Store untuk pengguna device berbasis iOS.


Edit Message Signal Messenger

Feature flag edit message yang sedang Umahdroid bahas sudah aktif di versi 6.34.5. Pastikan aplikasi Signal yang terpasang di ponsel pintar kesayangan kalian sudah ada di versi itu atau versi lebih tinggi.


Untuk pengguna yang tidak menggunakan Google Service, kalian bisa mengunduh Signal app terbaru lewat website resminya. Link kita sertakan di akhir artikel.


Bagaimana cara menggunakan edit pesan yang sudah dikirim di Signal?. Apa bedanya dengan para kompetitornya?. Tanpa banyak babibu, silahkan simak artikelnya berikut sampai habis.


Cara Edit Pesan Yang Sudah Dikirim Pada Signal

Kita akan gunakan Note to Self aka Catatan Pribadi yang ada di Signal untuk demo. Ini biasa kita pakai untuk menulis atau menyimpan pesan, gambar, video, file untuk diri sendiri seperti Saved Messages di Telegram.


Baca juga :


Untuk mengubah pesan Signal yang sudah sent, tekan dan tahan bubble yang bermasalah, kemudian pilih menu Edit seperti screenshot berikut :


Menu Edit Chat Yang Terkirim

Satu aplikasi chat paling aman yang banyak dipakai oleh CEO perusahaan-perusahaan besar, aktivis, dan jurnalis ini akan otomatis mengaktifkan kotak compose dimana kalian bisa mengetik ulang pesan tersebut.


Jika dirasa sudah benar, tekan tombol centang berwarna biru yang ada di kanan layar untuk menyimpan atau silang berwarna putih untuk membatalkan.


Ketik Ulang Chat Yang Sudah Terkirim

Hantam tombol Kirim pada Jika Anda mengedit pesan, pengeditan hanya bisa terlihat oleh pengguna Signal versi terbaru. Mereka akan dapat melihat bahwa Anda telah mengedit pesan.


Oh ya perlu diketahui, informasi pop-up pesan tersebut hanya tampil saat pertama kita memakai fitur ini saja. Semacam pengenalan fitur baru ke pengguna lah.


Setelah berhasil, pesan yang sudah kalian ubah tadi akan memiliki keterangan Diedit yang letaknya ada tepat di samping waktu pengiriman pesan. Lihat lampiran gambar screenshot di atas untuk lebih jelasnya.


Fitur ini sangat berguna untuk typo master yang sering salah ketik karena kita tidak perlu mengirim ulang pesan hanya untuk koreksi salah kata.


Fitur Edit Chat Signal vs WhatsApp vs Telegram

Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Telegram memiliki kelebihan bisa diubah kapanpun. Di sisi lain, waktu edit dibatasi pada WhatsApp dan Signal Apl Perpesanan Privat.


Ini sangat wajar karena perbedaan desain. Pesan Telegram di simpan di server cloud, sedangkan kedua aplikasi yang kita sebut terakhir ada di client.


Chat Signal App Sukses Diedit

Tapi untuk Signal dan WhatsApp, Signal jelas lebih baik. Di WA, user hanya bisa mengubah chat-nya dalam waktu 15 menit, sedang di Signal, user bisa mengubah chat-nya dalam waktu 24 jam setelah dikirim.


Fitur edit yang diluncurkan oleh pengembang Signal juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Telegram dan WhatsApp sebagai pesaingnya.


Riwayat Pengeditan Chat Signal

Kelebihan yang kita maksud yakni kita bisa melihat riwayat percakapan yang sudah dimodifikasi. Lihat gambar tangkapan layar yang kita sertakan di atas (klik untuk memperbesar) untuk lebih jelasnya.


Daftar perubahan tersebut bisa dengan mudah kita lihat dengan cara menekan teks Diedit yang letaknya ada tepat di sebelah timestamp chat.


Itu saja yang bisa Umahdroid bagikan tentang fitur ubah pesan yang sudah terkirim pada Signal. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar jika ada hal yang kurang dimengerti.


Untuk kalian yang belum memakai dan ingin mencobanya, link untuk download atau install aplikasi Signal ada di bawah. Salam!.


Download Signal APK Terbaru

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    13 Oktober
    • Kunjungi profil
    Edit historynya masih bisa diliat abis hapus pesan. Aneh 😖
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      16 Oktober
      • Kunjungi profil
      Cuma bisa dilihat sendiri. Lawan chat nggak bisa liat. Anyway ini bug. Udah ada yang laporin ke developer dan udah di-fix. Tunggu aja update-nya
    Reply