KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Solusi Native Host Connector Is Not Detected di Firefox Ubuntu

Firefox GNOME Extensions - Halo pengguna distribusi Linux Indonesia. Jika kalian sampai di blog ini dari hasil googling, duckduckgoing, maka kemungkinan kalian sedang mengalami masalah browser pada Ubuntu.


Sesuai judul di atas, hari ini Umahdroid ingin membagikan sebuah tutorial untuk mengatasi pesan error Although GNOME Shell integration extension is running, native host connector is not detected.


Kejadian ini muncul setelah memasang browser extension yang tersedia di website-nya dan paket chrome-gnome-extensions dari repository Ubuntu.


Install GNOME Extensions Ubuntu Gagal

Isu ini banyak dikeluhkan oleh para pengguna salah distro Linux keturunan Debian paling populer yang dikembangkan oleh Canonical, terutama pada versi Ubuntu 21.10 dan 22.04 LTS.


21.10 Impish Indri sendiri dirilis tahun lalu pada Oktober, sedangkan 22.04 LTS Jammy Jellyfish meluncur pada 2022 pada April.


Mengatasi Tidak Bisa Install GNOME Extensions

Kita tidak dapat lagi menginstal ekstensi melalui Firefox karena mulai dari Impish, Ubuntu menanggalkan paket deb dan beralih ke Firefox Snap secara default sesuai kesepakatan Mozilla dan Canonical.


Baca juga :


Selain performanya yang relatif lebih lambat, Snap web browser tidak dapat berkomunikasi dengan chrome gnome shell connector.


Ini adalah limitasi dari Snap package. Jadi kalian juga akan menjumpai masalah serupa pada Chromium (Snap mulai 20.04 LTS Focal Fossa) atau aplikasi peramban Snap lainnya.



Sampai masalah ini diatasi, kita bisa memasang ekstensi GNOME secara manual. Tentu metode ini tidak cocok untuk semua orang.


Untungnya Canonical memberikan penggunanya opsi lain untuk install extensions di Ubuntu. Tanpa banyak babibu, silahkan simak video yang sudah kita upload ke kanal YouTube Tiwo Satriatama di atas.


Dengan solusi tersebut, kita bisa browser, search, install, remove / uninstall, enable, disable ekstensi GNOME dengan modal klik mouse. Gampang!.


Mengatasi problem meskipun ekstensi integrasi Shell GNOME sedang berjalan, konektor host asli tidak terdeteksi pada Mozilla Firefox juga bisa dilakukan dengan cara lain, seperti install Google Chrome di Linux.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan