KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tutorial Install dan Setting DNS Cloudflare 1.1.1.1 WARP di Linux

DNS Cloudflare Linux - Di smartphone, kita bisa langsung buka Google Play atau App Store, cari 1.1.1.1: Faster & Safer Internet, lalu hantam tombol install. Lalu, bagaimana jika pengguna ingin memasang Cloudflare WARP di Linux?.


Jangan kawatir, selain untuk ponsel pintar Android dan iOS, layanan yang bisa kalian gunakan untuk membuka situs yang diblokir operator internet ini juga tersedia untuk sistem operasi desktop.


Kalian bisa memasangnya di notebook yang menjalankan Microsoft Windows dan GNU/Linux, atau macOS pada Macbook.


Setting Cloudflare WARP Linux

Tapi sesuai judul, hari ini Umahdroid akan fokus ke operating system berbasis "pinguin" saja. WARP Desktop Client secara official tersedia untuk apt based seperti Debian dan Ubuntu dalam bentuk CLI / NO GUI.


Ia juga tersedia untuk rpm based distro seperti CentOS dan Red Hat Enterprise Linux. Tanpa banyak babibu lagi, mari langsung saja kita mulai gan!.


Panduan Install Cloudflare 1.1.1.1 WARP di Linux

Seperti kebanyakan tutorial Linux yang banyak beredar di internet, langkah pertama yang kalian perlu lakukan adalah membuka Terminal lewat launcher atau dengan menekan tombol pintasan Ctrl+Alt+T / Win+T.


Baca juga :


Setelah jendela terbuka, langkah selanjutnya tinggal instalasi paketnya. Jalankan command berikut satu-persatu.


# Install GPG
curl https://pkg.cloudflareclient.com/pubkey.gpg | sudo gpg --yes --dearmor --output /usr/share/keyrings/cloudflare-warp-archive-keyring.gpg

# Add Repository
echo 'deb [arch=amd64 signed-by=/usr/share/keyrings/cloudflare-warp-archive-keyring.gpg] https://pkg.cloudflareclient.com/ release main' | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/cloudflare-client.list

# Update APT cache
sudo apt update

# Install WARP Package
sudo apt install cloudflare-warp

Jangan lupa ganti release pada perintah kedua dengan nama rilis distro, misal focal untuk 20.04 LTS, xenial untuk 16.04 LTS, bullseye untuk Debian 11, buster untuk Debian 10, dan stretch untuk Debian 9.


Untuk saat ini memang hanya Ubuntu Xenial dan Focal saja. Untuk versi lain, kalian bisa download paket .deb lewat link di akhir artikel.


Menggunakan Cloudflare 1.1.1.1 WARP di Linux

Kita asumsikan kalian sudah berhasil memasang paketnya. Sampai disini kalian sudah bisa langsung menggunakan layanan milik salah satu penyedia jaringan content delivery network (CDN) terbaik di sistem operasi berbasis Linux.


Untuk menghubungkan, jalankan beberapa contoh perintah di bawah berikut untuk mengoperasikan service daemon-nya :


# REGISTRASI
warp-cli register

# MENGHUBUNGKAN
warp-cli connect

# CEK STATUS
warp-cli status

# MEMUTUSKAN
warp-cli disconnect

Opsi lain seperti warp-stats, settings, set-proxy-port, disable-dns-log, enable-always-on, add-trusted-ssid, account, devices, set-mode, sampai dengan reset-settings, bisa dilihat dengan menambahkan argumen --help.


Setelah nyambung, kalian bisa mengecek konektivitasnya dengan mengakses halaman 1.1.1.1/help menggunakan software web browser.


Itu saja yang bisa kita tulis tentang cara menggunakan WARP di Linux. Selamat menikmati internet lebih cepat dan stabil. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke Umahdroid.


Download WARP Desktop Client

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan