KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Jaringan 3G XL Hilang Tiba-Tiba, Ini Penyebabnya dan Solusinya

Sinyal 3G XL Tidak Muncul - Jika kalian sampai di artikel Umahdroid ini dari hasil mesin pencari (Bing, DuckDuckGo, Google, Startpage, dsb), kemungkinan kalian sedang mencari tahu penyebab sinyal HP hilang.


Masalah yang sedang kita bahas adalah soal jaringan, tepatnya kenapa jaringan 3G XL tidak muncul sama sekali yang membuat smartphone / tablet yang belum mendukung 4G / 5G kehilangan setengah nyawanya.


Itu terjadi karena hanya bisa menangkap sinyal G saja, sebuah teknologi persinyalan paling tua yang kecepatannya bahkan lebih lemot dari keong.


Kenapa Sinyal 3G XL Hilang di HP

Hal ini kita ketahui setelah salah seorang anggota liga ronda kita mengeluh seharian tidak bisa terhubung dengan internet yang membuat bapak-bapak komplek ini tidak bisa menggunakan WhatsApp.


Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa mendapat pencerahan mengenai masalah sinyal dari provider XL Axiata yang lenyap tanpa permisi.


Kenapa Sinyal 3G XL Tidak Muncul di HP Android

Ada sebab, ada akibat. Pepatah ini cocok menggambarkan kondisi tersebut. Bukan smartphone kesayangan kalian yang rusak, bukan juga karena jaringan di tempat kalian yang sedang trouble.


Baca juga :


Setelah kita selidiki, ternyata penyebabnya adalah perusahaan yang baru mengakuisisi saham Hipernet ini telah mematikan jaringan 3G (di wilayah kita).


Jaringan XL 3G Dihapus Kominfo

Artinya, semua pengguna kartu XL, AXIS, dan Live.On dari operator telekomunikasi yang mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996 ini sudah tidak akan terhubung ke jaringan 3G (H) atau 3.5 (H+).


Fakta yang kita temukan tersebut otomatis menjawab pertanyaan yang belakangan ini banyak ditanyakan mengenai apakah sinyal 3G XL akan dihapus.


Dengan itu juga, tidak ada cara memperkuat sinyal XL atau mengembalikan sinyal yang sudah dimatikan karena sudah "dari sananya". Sebagai informasi, sebelumnya 3G Indosat juga sudah dihapus.


Dampak Jaringan 3G XL Hilang Untuk Masyarakat

Kebijakan penghapusan jaringan 3G memang sudah lama diminta oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Jadi bukan hanya XL, Indosat / Tri (3) saja, tapi Telkomsel juga, termasuk AS, Simpati, dan Telkomsel By.U.


Sekarang kita ngobrol soal efek yang terjadi di lapangan. Kita tahu, masih cukup banyak orang yang memakai HP yang belum 4G.


Kominfo Hapus Jaringan 3G 2022

Ada juga kondisi dimana orang lebih suka mengatur ponsel kesayangannya ke 3G only karena sinyalnya jauh lebih kuat dan stabil daripada 4G. Di tempat kita misalnya, Indosat hanya dapat maksimal 2 bar.


Keadaan tersebut sudah terjadi selama bertahun-tahun. Mubazir pula laporan, ujung-ujungnya "Coba matikan 2 menit lalu hidupkan lagi ya kak".


Dampak yang paling besar boleh jadi dirasakan pemilik smartphone atau tablet yang masih belum LTE. Fungsionalitasnya jadi seperti perangkat jadul, paling hanya untuk telepon dan SMS saja.


Pilihan Cara Mengatasi Sinyal XL / AXIS 3G Hilang

Sekarang kalian memiliki beberapa hal yang bisa dipilih untuk menanggapi kebijakan pelenyapan 3G di Tanah Air tercinta ini. Opsi pertama dan sementara, kalian bisa memakai kartu yang masih support 3G.


Baca juga :


Opsi kedua adalah dengan ganti (dibaca beli) device baru yang support 4G. Tapi jika bisa, cari yang sudah 5G sekalian.


Koneksi Modem WiFi Telkomsel

Opsi ketiga, gunakan jaringan WiFi. Kalian bisa mengandalkan modem nirkabel portabel atau MiFi. Bisa sih Telkomsel Orbit misalnya, tapi akan cukup merepotkan jika ingin keluar rumah.


Seluruh opsi yang sudah kita tulis di atas mungkin membutuhkan biaya tambahan. Ingin yang praktis dan gratis?. Pasrah :p


Bagaimana menurut kalian?. Bagikan opini kalian lewat kolom komenar di bawah tentang penghapusan 3G di Indonesia. Akhir kata, semoga bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Terimakasih sudah mampir!.

4 komentar

4 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    26 April
    • Kunjungi profil
    Kerugian dialami bagi yang tidak mempunyai smartphone 4G, akibatnya harus membeli hp baru
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      02 Mei
      • Kunjungi profil
      Bener, harus ganti device
    Reply
  • GIS
    GIS
    20 April
    • Kunjungi profil
    Sebagai pengguna jaringan 3G sangat kecewa 3G dihapus
    • GIS
      Tiwo Satriatama
      29 April
      • Kunjungi profil
      Pasti banyak yang senasib, termasuk mimin
    Reply