KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Adu Kartu Digital Terbaik : By.U vs Live.On Lebih Kencang Mana?

Telkomsel By U vs XL Live On - Ngobrol soal provider digital, maka By U dan Live On merupakan 2 buah produk yang mungkin paling familiar. Oya, tulisan ini merupakan request dari pembaca pada artikel review kartu XL Live.On.


Sebenarnya masih ada Indosat Ooredoo dengan MPWR, tapi entah mengapa rasanya SIM ini kurang populer. Switch dari Smart tidak perlu dibahas karena sudah ambyar karena kebijakan paket inetnya yang mahal.


Ketika dikritik oleh masyarakat bukannya berbenah malah selalu dijawab "Mahal itu relatif kak" (hasil baca-baca review di Google Play Store).


Internet By U vs Live On Kencang Mana

Tapi ya sudahlah, biarkan mereka menikmati kuburan yang mereka gali sendiri. Sesuai judul, hari ini Umahdroid akan fokus ke perang antara 2 perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.


Kita berharap artikel ini bisa memberikan sedikit (syukur-syukur banyak) referensi mengenai perbandingan by.U dan Live.On.


Selayang Pandang Kartu Seluler Digital

Telkomsel jadi layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia yang sepertinya "memecut" provider lain untuk menciptakan pesaing provider dengan ciri khas warna biru langit yang diposisikan untuk menyasar generasi Z ini.


Baca juga :


Meski sama-sama kartu prabayar, tapi ada perbedaan mencolok antara kartu digital dengan kartu prabayar biasa.


Aplikasi Kartu Perdana Digital

Seluruh layanan, mulai dari proses pembelian, registrasi SIM Card, top-up / perpanjang kuota internet, sampai dengan metode pembayaran, semua dilakukan via aplikasi yang tersedia gratis di Google Play dan App Store.


Desain sistem seperti ini memiliki beberapa kelebihan. Pelanggan memiliki banyak opsi pembayaran. Jika butuh paket, bisa langsung check out lalu bayar.


Untuk Live.On, Ia tidak mengenal sistem pulsa aka 100% kuota data & topping saja, sehingga pelanggan tidak perlu kawatir pulsa dirampok layanan konten SMS premium no faedah, full mudharat.


Berapa Kecepatan Internet Kartu By.U?

Telkomsel By.U mendapat giliran pertama yang kita uji kecepatan internetnya. Aplikasi yang digunakan disini adalah WiFiman yang terpasang pada smartphone Android Realme 6 Pro, bukan Speedtest by Ookla.


Kemudian untuk test server kita atur ke Ubiquity, Singapura. Berikut gambar tangkapan layar yang kita peroleh dari hasil tes kecepatan internet.


Kecepatan Internet Telkomsel By.U

Seperti yang kalian lihat pada screenshot di atas, dengan sinyal 4G tiga bar, jarak BTS sekitar 1.6 kilometer, kita mendapatkan kecepatan 11.7 Mbps untuk download dan 1.3 Mbps untuk upload.


Oh ya untuk informasi tambahan saja, lokasi pengujian di pedesaan dan dilakukan di dalam ruangan alias indoor.


Berapa Kecepatan Internet XL Live.On?

Setelah bayu mendapat jatah, sekarang saatnya menyerahkan panggung kepada klepon. Aplikasi yang digunakan masih sama, hanya device-nya saja yang berbeda. Sekarang kita memakai Samsung Galaxy A8 Star.


Tes peladen juga kita setel ke Ubiquity, Singapura. Langsung saja, berikut screenshot speedtest yang Umahdroid dapatkan.


Kecepatan Internet XL Live.On

Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, dengan sinyal 4G+ full bar, jarak BTS sekitar 370 meter, kita mendapatkan kecepatan 44.6 Mbps untuk download dan 5.5 Mbps untuk upload.


Tempat pengujian sama seperti sebelumnya. Hasil seperti ini membuat sesi ngenet cukup nyaman, termasuk browsing, gaming, atau download file lewat torrent.


Kesimpulan Perbedaan By.U & Live.On

Dari hasil uji yang kita lakukan sudah bisa dilihat dengan jelas bahwa soal di tempat kita, kecepatan unduh dan unggah Live.On jauh mengugguli By.U. Tentu, hasil bisa berbeda antara lokasi satu dengan lokasi lainnya.


Waktu, jumlah pengguna, coverage area, serta cuaca sangat menentukan prestasi dalam dunia internet broadband.


Bagaiman pengalaman kalian?. Jangan sungkan untuk membagikan suka-duka atau kelebihan dan kekurangan kalian selama menggunakan kartu By.U atau Live.On lewat kolom komentar.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan