KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Elementary OS 6 Dirilis Berbasis Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa

Elementary OS Terbaru - Tim pengembang dari Elementary OS memulai tahun 2020 dengan retrospektif hal yang berhasil mereka capai di 2019. Bersama'an dengan itu, serangkaian tujuan ditetapkan tahun ini untuk menyempurnakan distro Linux mirip Mac OS tersebut.

Lewat blog resminya, Cassidy James Blaede membagikan sejumlah rencana eOS 6 yang akan didasarkan pada Ubuntu 20.04 LTS yang development cycle-nya sudah dimulai Canonical tidak lama setelah 19.10 melenggang.

Distro dengan ciri khas warna orange tersebut akan di-support selama 5 tahun kedepan.

Tampilan Welcome to Elementary OS Terbaru

"Kami berencana untuk merilis Elementary OS 6 dengan basis Ubuntu 20.04 LTS akan keluar tahun ini. Kami telah memulai beberapa pekerjaan untuk migrasi dan membangun pustaka yang lebih baru", tulisnya.

Resolusi Elementary OS 2020

Developer berencana berpartisipasi dalam GNOME Users And Developers European Conference (GUADEC) dan Linux App Summit (LAS) tahun ini. Di luar itu, mereka ingin mengatur setidaknya satu buah sprint / hackfest pribadi.

Baca juga :

Improvisasi paket Flatpak, sandboxing, Portals, dukungan mode gelap dan aksen warna yang dapat disetel user jadi hal yang akan dibawa nantinya.

Demonya bisa dilihat melalui video YouTube berikut :


Selain itu ada peningkatan gesture untuk one-to-one touch gestures seperti pada On-boarding, pengaturan skema warna pada Terminal dan Code, serta membuat Elementary OS siap untuk Wayland dispay server protocol.

Meski demikian, protokol tampilan peladen tersebut dipastikan tidak akan digunakan secara default pada suksesor Hera.

Kapan Elementary OS 6 Dirilis?

Salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh pengguna baru adalah jadwal rilis Elementary OS 6. Jika kalian mengikuti perkembangan distro ini, tentu kalian sudah tidak asing dengan kata "When It Ready".

Yap, tidak ada tanggal pastinya. Praktis, kita hanya bisa menunggu sampai benar-benar siap.

UPDATE!!! Artikel baru tentang perubahan pada Odin sudah kita tulis. Silahkan baca selengkapnya di fitur baru Elementary OS 6.

Itu saja informasi soal Elementary OS 6 Odin. Jika ada yang ditanyakan silahkan tuliskan lewat komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan berkah untuk pembaca dan penulis. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfa'at.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan