KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Elementary OS 6: Perubahan dan Fitur Keren Suksesor 5.1 Hera

Elementary OS 6 Indonesia - Seperti yang mugkin sudah kalian ketahui, distribusi Linux berbasis Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa pengganti sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS ini memang masih dalam tahap pengembangan.


Dibandingkan dengan versi sebelumnya, seperti Loki, Juno, dan Hera, proses development distro yang sering disebut banyak orang sebagai salah satu distro Linux paling keren ini memang cukup lama.


Sampai sekarang belum ada tanda-tanda kapan Elementary OS 6 akan rilis.


Review Elementary OS Indonesia

Semoga artikel ini bisa memberi gambaran bagaimana tampilan atau fitur baru yang akan dibawa, terutama untuk fans Elementary OS. Selain tampilan tema yang kini terlihat lebih segar, berikut perubahan mayor lainnya.


Debut Installer Baru Elementary

Hal pertama yang akan kalian dapati ketika mencoba Elementary OS 6 Odin ada pada installer-nya. Developer akhirnya menggunakan installer baru yang sudah digodok selama 2 tahun.



Mereka menanggalkan Ubiquity yang telah lama dipakai oleh versi-versi sebelumnya, termasuk 5.1 Hera yang mana berbasis Ubuntu 18.04 LTS.


Pemasang ini merupakan hasil kerja sama dengan System76, yakni perusahaan komputer yang khusus memproduksi notebook, desktop, serta server Linux. Mereka juga pihak dibalik lahirnya Pop! OS.


Dark Mode dan Color Accent

Hal pertama yang kita yakin akan disukai banyak pengguna adalah mode gelap yang kini hadir secara default. Kita tidak perlu install third-party theme untuk menikmatinya. Pengaturannya tersedia di menu System Settings > Desktop > Appearance.


Baca juga :


Pengguna diberi pilihan untuk menjadwalkan kapan dark mode ini aktif, misal Sunset to Sunrise atau mengaturnya secara Manual.



Masih pada menu yang sama, pengguna bisa dengan bebas mengkostumisasi Accent sesuai selera yang efeknya akan mengubah warna toggle, button, checklist, dan komponen lainnya.


Kita juga diberikan opsi untuk mengatur Window animations, Panel transluency, Text size, serta Dyslexia-friendly text sesuai kebutuhan.


Dukungan Multi-touch Gestures

Selain mode malam yang banyak disukai, pengguna yang doyan dengan fitur gesture juga akan dimanjakan, karena Odin dibekali dengan kemampuan gerakan multi-sentuh seperti touchpad gestures pada Mac OS dan Windows 10.


Fitur Multi Gesture Elementary OS Terbaru

Saat artikel ini ditulis, ada 3 gesture yang tersedia. Ketiganya adalah Multitasking view, Switch Workspace, serta Maximize Window.


Dalam pengujian yang kita lakukan, Maximize Window masih buggy, kadang merespon-kadang tidak. Tapi itu sangat wajar karena status Elementary OS 6 masih dalam tahap early access.


Caps Lock dan Num Lock Indicator

Salah ketik besar-kecilnya huruf karena tidak adanya lampu indikator pada keyboard bisa dengan mudah diselesaikan dengan memasang extension pada lingkungan desktop GNOME. Bagaimana dengan Elementary OS?.


Baca juga :


Setelah mendapatkan banyak permintaan dari pengguna, developer akhirnya memberikan fitur ini.



Pengaturan ini dapat kalian akses via System Settings > Keyboards. Opsinya ada di bagian Show in Panel. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video Elementary OS 6 Preview yang sudah kita upload ke kanal YouTube di atas.


Jadi saat tombol tersebut aktif, panel akan memunculkan ikon panah atas untuk Caps Lock dan angka 1 untuk Num Lock.


System dan Firmware Updates

Kalian sudah tidak akan menemukan lagi menu About pada Setting, karena mereka memindahkan menu tersebut ke tabbed layout pada System. Menu ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni Operating System, Hardware, dan Firmware.


Tab Operating System memuat logo OS menggunakan warna aksen pengguna dan release wallpaper.


Menu Baru Elementary OS 6 pada Settings

Tab Hardware berisi informasi perangkat keras yang memungkinkan OEM memakai logo, model, atau link ke website mereka sendiri. Tim pengembang juga meningkatkan deteksi hardware tertentu, terutama prosesor GPU dan ARM.


Tab Firmware menjadi tab yang paling menarik, karena memungkinkan kita untuk memperbarui firmware via Linux Vendor Firmware Service (LVFS) dan fwupd.


Default Font Elementary OS 6

Setelah melihat beberapa tangkapan layar dan gambar gerak di atas, mungkin kalian tidak sadar jika ada perubahan pada system font. Pengembang sudah tidak lagi memakai Open Sans.


Baca juga :


Mereka memilih Inter sebagai gantinya. Gaya huruf ini sangat mirip dengan Helvetica dan San Francisco yang dipakai pada produk-produk Apple.



Hal tersebut kita ketahui setelah menginstal Pantheon Tweaks, yakni sistem setting panel seperti halnya Elementary Tweaks. Bedanya, tool ini dirancang untuk Odin (dan mungkin rilis selanjutnya) saja.


Perangkat lunak ini dapat kalian gunakan untuk mengubah icon, theme, layout window control, termasuk memunculkan tombol minimize, dan masih banyak lagi.


Rounded Corners Pada Window

Sama seperti perubahan di atas, mungkin kalian tidak sadar jika pada distro yang memakai Pantheon sebagai desktop environment andalannya ini kini memiliki sudut membulat di bagian bawah jendela aplikasi.


Tampilan Rounded Corner Elementary OS 6

Bukan perubahan besar memang, tapi kita menyukainya karena membuat window terlihat lebih elegan.


Sudutnyapun terasa pas, tidak seperti Deepin 20 dan Mac OS Big Sur yang menurut kita terlalu rounded. Tentu, ini hanya masalah preferensi saja, kalian bebas / boleh / berhak setuju dan tidak setuju dengan ini.


Document Viewer dan Tasks App

Elementary OS terbaru akan dibekali dengan aplikasi tambahan, yakni Tasks dan Document viewer. Ini merupakan plus point karena kita tidak perlu repot untuk memasangnya secara mandiri.


Baca juga :


Tampilannya serupa dengan Planner yang pernah di-share oleh Co-founder & CXO, James Blaede lewat blog resmi Elementary OS.



Jika kalian cukup familiar dengan aplikasi buatan Alain tersebut, mestinya kalian tidak akan menemukan kesulitan saat memakai Tasks untuk manajemen tugas di distribusi Linux yang menggunakan nama dewa-dewi Yunani sebagai codename-nya ini.


Kemudian untuk Document Viewer sendiri sangat standar. Tidak ada hal menarik yang bisa kita ulas, jadi mari kita lanjutkan saja.


Wallpaper Elementary OS 6 Odin

Sudah menjadi "adat" setiap operating system untuk membawa wallpaper baru setiap versi baru dirilis. Hal yang sama berlaku pada distribusi Linux. Odin dibekali dengan sejumlah wallpaper keren.


Default Wallpaper Elementary OS 6 Odin

Ada beberapa gambar latar baru yang bisa dipilih untuk mempercantik tampilan desktop. Meski demikian, beberapa wallpaper jadul masih dipertahankan.


Berikut 14 daftar nama gambar latarnya :

  • Ashim DSilva

  • Canazei Granite Ridges

  • Jonas Nilsson Lee

  • Julia Craice

  • Leigh Kendell581

  • Martin Adams

  • Morskie Oko

  • Mr. Lee

  • Nattu Adnan

  • Photo by SpaceX

  • Snow-Capped Mountain

  • Sunset by the Pier

  • Tj Holowaychuk

  • Viktor Forgacs


Untuk saat ini mungkin itu saja yang bisa Umahdroid bagikan. Jika ada pertanya'an tentang Elementary OS 6 Odin, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih, semoga berkah!.


Download Elementary OS 6 Wallpaper

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan